Upacara Tradisional Labuhan Pantai Ngliyep di Malang

Halo juragan… Ada sedikit info tentang kepercayaan mitologi nusantara. Di pantai ngliyep setiap bulan maulud pasti diadakan upacara labuhan untuk memberikan persembahan kepada penguasa gaib laut selatan, Kanjeng Ratu kidul atau Nyai Roro Kidul. Pantai ini berada di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo yang terletak sekitar 80 km di selatan kota Malang dan merupakan wilayah kabupaten Malang, Jawa Timur.Upacara ini bertujuan untuk menjaga keselamatan para nelayan dari ganasnya ombak pantai selatan serta memohon berkah dengan cara mempersembahkan upeti kepada penguasa gaib sesuai dengan kepercayaan masyarakat setempat. Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang silam, meskipun dulunya tidak sebesar sekarang ini.

donomulyo.malangkab.go.id

Pada saat puncak acara yang disebut labuh atau larung, aneka sesaji berupa makanan lezat serta berbagai hidangan sakral lainnya diceburkan ke laut. Biasanya labuh ini dilaksanakan pada pertengahan bulan maulud.

Namun selama bulan maulud, pantai ini sudah dipenuhi ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Mereka mulai berdatangan ketika memasuki bulan maulud sampai akhir bulan maulud. Berbagai pertunjukan ditemukan dimana-mana disepanjang pantai selama sebulan siang dan malam. Beberapa sumber mengatakan upacara tradisional ini dibiayai oleh pemkab Malang dan juga para nelayan.

Pantai Ngliyep merupakan salah satu obyek wisata di kabupaten Malang bagian selatan, selain Pantai Balekambang yang berada di sebelah timur. Pada hari-hari biasa pantai Ngliyep yang indah namun menyimpan sejuta misteri ini selalu ada saja pengunjung yang datang. Pantai ini menjadi aset pariwisata kabupaten Malang.

Demikian sekilas info dari juragan cipir, semoga bermanfaat bagi tuan dan nyonya juragan. Terima kasih.

Berikutnya>> Kepercayaan Jawa Tentang Adanya Mbah Danyang

Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.