Website Untuk Pemula, Blog Gratis Atau Blog Berbayar?

Website untuk pemula – Banyak teman-teman blogger pemula yang bingung dan bertanya-tanya website apakah yang paling cocok untuk pemula, website gratis dari blogger ataukah website berbayar dari wordpress self hosting. Menurut saya, hal itu terserah kesukaan kita masing-masing, mau pilih yang gratis atau yang berbayar.

Namun saya akan memberikan penjelasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan kedua jenis website tersebut agar bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan jika anda adalah seorang pemula yang ingin memulai sebuah karya di internet.

website-untuk-pemula

Apa website untuk pemula yang paling cocok?

1. Website gratis di blogger

Website gratis dari blogger ini sangat cocok bagi seorang pemula untuk belajar ngeblog. Pada saat masih belajar ngeblog, kita perlu mengenal istillah-istilah perbloggingan ketika belajar menulis artikel. Kemudian kita juga perlu belajar tentang cara mengelola desain blog, memahami pelajaran SEO (optimasi mesin pencari), dan lain-lain.

Dengan menggunakan blog gratis maka anda bisa belajar dengan tenang leluasa tanpa merasa dikejar-kejar pikiran membayar biaya hosting dan domain setiap tahunnya. Dan jika suatu saat nanti anda ingin berpindah ke website berbayar alias self hosting, maka anda bisa memigrasi blog anda kapan saja.

Tapi kekurangannya adalah postingan-postingan yang anda buat di blogger dulu tidak bisa sesempurna postingan yang anda buat di wordpress self hosting, terutama dalam hal SEO. Selain itu, tampilan gambar yang anda buat di blogger juga akan menjadi sedikit berubah setelah anda pindah ke wordpress, misalnya gambar yang anda pasang di bagian samping artikel akan berpindah ke tengah. Selain itu, akan terjadi beberapa broken link yang nantinya harus anda perbaiki satu persatu jika ketahuan. Simak juga Tips/Cara Membangun Website Gratis Bertrafik Tinggi Luar Biasa.

2. Website berbayar (wordpress self hosting)

Website berbayar juga cocok untuk pemula, namun anda harus mau menanggung biaya membayar domain dan hosting selama masa-masa belajar ngeblog. Jika anda belajarnya setengah-setengah maka anda akan rugi bayar hosting dan domain.

Namun keuntungannya adalah, anda nantinya akan mahir dalam mengelola sebuah website berkelas profesional, yaitu wordpress self hosting. Jika anda punya rencana mencari uang dari internet secara optimal, syarat utama adalah anda harus mahir mengelola blog wordpress self hosting.

Jadi jika anda memulai belajar ngeblog dari awal menggunakan wordpress self hosting, maka nantinya anda tidak akan mengalami dua kali belajar, yaitu belajar di blogger dan belajar di wordpress. Tapi nantinya anda tidak mengerti tentang teknik-teknik ngeblog di blogger jadinya, dan banyak para pakar bisnis online yang tidak tahu cara mengelola blog di blogger. Karena mereka sejak awal sudah berorientasi pada uang, dan untuk mencari uang online yang paling tepat adalah menggunakan blog wordpress self hosting.

Bagi seorang blogger non-pemula atau blogger yang sudah berpengalaman ngeblog, membuat website yang paling baik adalah langsung dimulai dari wordpress self hosting, karena website kita nantinya akan sempurna sejak awal, terutama dalam hal SEO maupun tentang cara-cara membangun berbagai macam website bisnis online.

Semoga artikel tentang website untuk pemula ini bisa menjadikan bahan pertimbangan bagi teman-teman pemula yang masih bingung/ragu untuk menentukan pilihan website apakah yang paling cocok untuk digunakan belajar ngeblog. Jangan lupa simak juga 2 Blog Gratis Yang Pernah Menjadi Juara Trafik di Internet.

Bagikan:
16 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.