Web Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online Dan Publisher Adsense

Halo juragan… Web Hosting atau Hosting adalah ruang (space) untuk penyimpanan data website di internet. Semua jenis data apa saja yang ada di seluruh website di dunia ini tersimpan di hosting, termasuk website yang anda kelola saat ini. Setiap hosting memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, tergantung dari kekuatan server atau provider dan kelas masing-masing hosting.

Server web hosting dibedakan menjadi beberapa bagian yang mencakup negara, dan yang paling terkenal adalah server lokal (Indonesia) dan server USA (Amerika Serikat). Masing-masing server memiliki kelebihan yang berbeda sehingga harganya juga berbeda pula.

Sedangkan dari segi kualitas, hosting dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu hosting gratis, hosting premium dan hosting bisnis. Ketiga kelas hosting ini juga memiliki kelebihan yang berbeda, dan karena itu harganya juga berbeda pula.

Kelas-kelas hosting

1. Hosting gratis 

Hosting gratis bisa anda dapatkan secara gratis dengan cara membuat blog gratis di blogger, wordpress.com, hostinger, dan masih banyak lagi layanan hosting gratis yang bisa anda gunakan di internet secara cuma-cuma.

2. Hosting premium

Hosting premium atau biasa disebut SelfHosting adalah hosting milik anda sendiri. Hosting ini bisa anda dapatkan dengan cara membeli (sewa) hosting di penyedia jasa webhosting yang banyak tersebar di internet.

Biasanya mereka disebut Web Hosting Service atau Jasa Domain Hosting, karena selain menyediakan jasa webhosting mereka juga menyediakan pendaftaran nama domain bagi klien yang ingin membeli nama domain.

3. Hosting bisnis

Hosting bisnis ini juga biasa disebut SelfHosting atau hosting milik sendiri. Hosting bisnis bisa anda dapatkan seperti hosting premium di atas, yaitu dengan cara membeli di Jasa Domain Hosting atau WebHosting Service yang banyak tersebar di internet.

Hosting premium maupun hosting bisnis ini dilayani oleh server yang berbeda, yaitu server lokal dan server luar negeri. Untuk hasil yang terbaik, menurut pengalaman saya adalah server USA. Namun sebagai bangsa Indonesia alangkah baiknya jika kita cinta produk Indonesia dengan memilih server lokal. Namun semua itu terserah anda, karena menyangkut nasib bisnis online anda sendiri.

Kelebihan-kelebihan hosting

1. Hosting gratis

Anda tidak perlu membayar sewa hosting ke siapapun dan gratis selamanya. Namun, anda harus bersiap-siap menghadapi sport jantung jika sewaktu-waktu website anda dihapus oleh pemilik hosting yang anda gunakan.

Hosting gratis ibarat anda naik helikopter. Terbangnya tidak bisa terlalu tinggi dan lajunya tidak bisa kencang atau tidak bisa cepat. Jika terkena goyangan angin sedikit saja maka penumpang di dalamnya bisa muntah atau pingsan. Namun jika anda pandai mengemudikannya, maka helikopter juga akan terbang dengan tenang tanpa gangguan apapun meskipun suka terlambat datang di tempat tujuan.

* Berikut ini spesifikasi dan fitur yang mungkin anda dapatkan untuk hosting gratis:

Disk Space terbatas
Bandwidth terbatas
Database MySQL terbatas
Akun Email terbatas
Website Builder/Platform Blog
Script Autoinstaller, gadget, dll.

( i ) Hosting gratis ini cocok untuk anda gunakan sebagai blog buku harian atau website non-komersial. Anda bisa menulis cerita sepuasnnya tanpa beban membayar sewa hosting, karena gratis. Namun biasanya pemilik hosting menitipkan iklan di blog anda, kecuali blogger dan hostinger.

2. Hosting premium

Anda harus merogoh kocek untuk menggunakan hosting ini, namun website anda akan memiliki keterlihatan yang baik di mata mesin pencari. Ketika ada pengguna megnetikkan keyword di google search, maka mesin pencari akan menelusuri semua file-file yang tersimpan di hosting. Pada saat itu hosting anda akan berada di barisan depan dan terlihat lebih awal oleh mesin pencari daripada hosting-hosting gratis yang berada di barisan belakang. Maka tentu saja file anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Hosting premium ibarat anda naik pesawat boeing dengan mesin jet. Bisa terbang lebih tinggi dan memiliki kecepatan laju yang supercepat serta tidak goyah terkena tabrakan badai. Anda bisa nonton TV sambil tertidur di dalam pesawat. Ketika anda bangun tahu-tahu telah tiba di tempat tujuan.

* Berikut ini spesifikasi dan fitur yang kurang lebih anda dapatkan untuk hosting premium:

Disk Space Unlimited!
Bandwidth Unlimited!
Database MySQL Unlimited
Akun E-mail Unlimited
Website Builder
Script Autoinstaller
Gratis Pendaftaran Domain!
Akses Penuh SSH

( i ) Hosting premium ini cocok untuk penggunaan komersial seperti website perusahaan, website toko online, website publisher adsense, dan segala macam bisnis online atau internet marketing.

3. Hosting bisnis

Anda harus merogoh saku lebih dalam lagi jika ingin menggunakan hosting mewah ini, tetapi website anda akan lebih diutamakan sehingga menjadi nomor satu di mesin pencari. Hosting bisnis memiliki fitur terlengkap dan mendapatkan prioritas lebih diutamakan. Dan ini merupakan hosting dengan kualitas terbaik dari hosting gratis maupun hosting premium.

Hosting bisnis ibarat anda naik pesawat Concorde super cepat dengan mesin jet berkecepatan di atas suara dan anda berada dibangku kelas bisnis. Anda akan mendapatkan jamuan lebih lengkap dan lebih baik daripada kelas-kelas lainnya. Naik pesawat ini anda tidak akan bisa tertidur, karena sebelum anda tertidur sudah tiba di tempat tujuan. Dengan kemampuan mempersingkat waktu, maka tentunya bisnis anda akan berkembang cepat, time is money.

* Berikut ini spesifikasi dan fitur yang kurang lebih anda dapatkan untuk hosting premium:

Disk Space Unlimited!
Bandwidth Unlimited!
Database MySQL Unlimited
Akun E-mail Unlimited
Website Builder
Script Autoinstaller
Gratis Pendaftaran Domain!
Akses Penuh SSH
IP Dedicated
Sertifikat SSL

( i ) Hosting bisnis memiliki kegunaan yang sama seperti hosting premium dan cocok untuk penggunaan komersial seperti website perusahaan, website toko online, website publisher adsense, dan segala macam bisnis online atau internet marketing.

Namun, hosting bisnis memiliki fitur terlengkap serta prioritas lebih diutamakan. Jika anda seorang internet marketer yang memiliki pertumbuhan bisnis yang pesat, hosting bisnis adalah pilihan yang tepat.

Hosting apa yang paling cocok untuk bisnis anda?

Anda menggunakan hosting premium dengan server USA sudah cukup bagus untuk memacu pertumbuhan bisnis anda di internet, dan saya sendiri juga menggunakan itu. Namun, untuk hasil yang terbaik adalah hosting bisnis dengan server USA.

Dan hosting bisnis ini sangat cocok untuk internet marketer yang saat ini telah memiliki perkembangan bisnis yang pesat, misalnya: toko online berskala besar, publisher adsense papan atas, maupun segala macam website komersial lainnya yang ingin memacu pertumbuhan bisnis mereka.

Hosting bisnis dengan server USA memiliki kualitas terbaik (top-one) dengan fasilitas terlengkap serta didukung oleh server yang handal, sehingga dijamin website anda memiliki peringkat yang kuat di SERP google dan anda akan mendapatkan layanan diutamakan. Dan layanan yang diperhatikan merupakan hal yang sangat penting sekali bagi keamanan serta keselamatan bisnis anda di internet.

Dimana saya bisa mendapatkan hosting terbaik?

Ini mungkin pertanyaan yang ingin anda ajukan. Anda bisa mendapatkan hosting dengan menghubungi Jasa Web Hosting atau Web Hosting Service yang banyak ditemukan di internet atau iklan-iklan yang ditayangkan di internet. Namun jika anda meminta rekomendasi saya, maka saya merekomendasikan anda menggunakan hosting di hostingger.

Pertama-tama anda harus membuat akun hostinger disini: IdHostinger

Lalu anda bisa menggunakan hosting gratis sebagai permulaan agar anda paham lebih dulu. Selanjutnya jika sewaktu-waktu anda ingin upgrade ke hosting premium atau bisnis, maka anda sudah memahami cara-cara yang harus anda lakukan. Dan yang tak kalah penting lagi, dengan memiliki akun di hostinger saja anda bisa mendapatkan pembaruan-pembaruan atau promo-promo menarik  yang anda perlukan.

^^ Semoga sukses. Jangan lupa baca juga Cara Menulis Artikel Yang Memikat Pembaca Blog Anda.

Bagikan:
21 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.