Web Hosting Murah, Apa Yang Membuatnya Murah?

Web Hosting Murah adalah web hosting yang kita beli dengan harga murah di jasa web hosting dan domain  atau biasa disebut server web hosting dan domain. Misalnya: kita membeli hosting jenis shared hosting (bukan VPS hosting) dari sebuah server web hosting seharga Rp. 72.000 pertahun, maka itu disebut web hosting murah karena tidak sampai 100 ribu. Biasanya seperti itu pemikiran para pemula.

Tapi sebenarnya gelar “web hosting murah” itu tidak hanya dinilai dari besarnya uang secara nominal, tetapi kita juga harus melihatnya dari banyak faktor lain seperti besar kecilnya space yang kita beli/sewa, kualitas web hosting, serta pelayanan dari si penyedia jasa hosting tersebut. Karena pelayanan juga menentukan harga dan dibedakan dalam kelas-kelas web hosting.

Simak juga Cara Beli Domain Dan Hosting Indonesia Murah Terpercaya.

web-hosting-murah1

Hal-hal yang membuat harga web hosting murah :

1. Kapasitas disk atau space hosting (ruang penyimpanan data)

Pertama adalah besar kecilnya space yang kita beli. Tentu saja! Semakin besar space/ruang hosting yang kita beli maka akan semakin mahal harganya. Semakin banyak jumlah konten yang kita miliki maka akan semakin besar space hosting yang kita perlukan, sehingga kita perlu biaya lagi untuk membeli hosting murah tersebut.

2. Lokasi datacenter web hosting

Datacenter adalah lokasi server web hosting yang digunakan menyimpan data-data website di internet yang berada di setiap negara, misalnya Hosting Lokal atau Hosting Indonesia, Hosting USA, Hosting Singapura, dan sebagainya. Masing-masing datacenter ini memiliki kualitas web hosting yang berbeda-beda sehingga menentukan harga dari web hosting tersebut.

Untuk jenis shared hosting, web hosting murah adalah Hosting Indonesia dan cocok untuk pangsa pasar Indonesia. Hosting Indonesia harganya murah karena routing atau jaraknya pendek, namun kelebihannya tidak terpengaruh oleh ISP (internet servive provider) yang digunakan pengunjung di negara asing.

Sedangkan web hosting yang paling mahal adalah Hosting USA dan cocok untuk pangsa pasar seluruh dunia karena pusat server internet di seluruh dunia ada di Amerika Serikat. Selain itu, hosting USA tidak mudah down untuk website kelas besar serta memiliki ketahanan lebih dari serangan hacker dan ddos sehingga membuat harganya relatif mahal.

Simak juga Berbicara Tentang Memilih Web Hosting yang ditulis oleh seorang pakar Internet Marketer bapak Endang Kusmana.

3. Batas kemampuan transfer data (Bandwith)

Bandwith merupakan pembatasan transfer data untuk jangka tertentu, misalnya per-minggu atau per-bulan. Bandwith ini juga mempengaruhi harga jual beli hosting. Semakin sering sebuah website melakukan transfer data di internet (biasanya website besar) maka semakin besar jatah bandwith yang ia habiskan sehingga ada tagihan tambahan nantinya.

Beberapa server shared hosting menawarkan bandwith unlimited yang memungkinkan pelanggan bisa mentransfer data tanpa batas setiap bulan, dan tentunya akan membuat harga web hosting tidak murah lagi.

4. Pelayanan server web hosting (kelas hosting)

Pelayanan web hosting adalah layanan yang diberikan oleh jasa server web hosting kepada pelanggan atau biasa disebut team support, dimana para pelanggan bisa mengirim tiket untuk meminta bantuan. Pelayanan ini juga menentukan harga dari web hosting menjadi murah atau lebih mahal.

web-hosting-murah

Biasanya jasa server web hosting papan atas membedakan kualitas pelayanan dengan memasukkannya ke dalam kelas hosting. Misalnya: untuk web hosting kelas bisnis pelayanannya selama  24 jam dengan respon cepat, sedangkan untuk web hosting kelas premium menyediakan pelayanan 24 jam namun responnya tidak terlalu cepat atau biasa-biasa saja, dan kemudian ada lagi untuk web hosting kelas gratis dengan pelayanan lambat hingga berhari-hari pertanyaan pelanggan baru dijawab.

Simak juga Tahukah Anda Web Hosting Gratis Terbaik Tanpa Iklan?

Web hosting murah

Untuk menawarkan kepada pelanggan, para penyedia jasa server web hosting meramu fitur-fitur web hosting dalam bentuk paket hosting. Dengan membeli sebuah paket hosting biasanya pelanggan mendapatkan hadiah beberapa fitur gratis seperti dns management, email forwarding, website builder, perlindungan ID, dan lain-lain, serta sebuah domain TLD gratis untuk satu tahun. Dan masing-masing paket hosting akan dilabeli dengan web hosting murah.

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.