Waspada Blogger Copas Berlangganan Siap Comot Artikel Anda

Halo sahabat blogger… Apa kabar kalian semua semoga kalian baik-baik saja hari ini dan semoga menikmati blogging anda. Beberapa hari saya tidak update artikel sendiri karena kesibukan dunia offline dan oleh karena itu saya mengandalkan beberapa penulis tetap di blog ini, selain dibantu oleh kontributor setia blog juragan cipir lainnya.

Rupanya artikel-artikel produksi juragan cipir ini sudah ditunggu-tunggu oleh seorang copaser alias “tukang copas”. Si copaser ini selalu mengcopas artikel terbaru terbitan blog juragan cipir untuk dipublish ulang di blog miliknya. Tidak ada satupun artikel yang terlewatkan sejak beberapa minggu terakhir. Artikel terbaru yang baru saja saya publish 5 menit langsung dicopas.

blog-copas

Dan bukan hanya itu saja. Artikel-artikel di blog lain juga juga bernasib sama, diembatnya. Jadi seluruh isi blog milik blogger malas ini adalah artikel dari hasil merebut artikel orang lain. Atau dengan kata lain beliau ini ingin sukses dengan cara merebut aset orang lain secara membabi buta. Saya katakan membai buta karena mengcopas secara utuh dan dilakukan secara terus menerus tanpa bosan 😀

Apakah mengcopas artikel itu boleh?

Jawabannya adalah: Boleh, siapa yang nglarang. Pak RT juga gak nglarang.

Mengcopas itu wajar, namun  tergantung otak masing-masing copaser apakah mereka akan memakai aturan atau tidak. Sebenarnya, mengcopas artikel orang lain itu setidaknya harus diedit lagi agar tidak terjadi duplikat konten di google.  Atau mencantumkan sumber sesuai dengan URL halaman artikel yang dicopas dengan link aktif jika ingin mencicipi artikel buatan orang lain tanpa menggunakan isi kepala untuk mengedit artiket. Namun tidak boleh dilakukan secara terus menerus sebagai langganan, karena jika dilakukan secara terus menerus berarti sama dengan merampok atau merebut aset orang lain.

Tapi si tukang copas yang menamakan diri sebagai Pandy Giaraka ini menjadikan blog juragan cipir serta beberapa blog korban lainnya sebagai langganan copas. Capek deh deh saya sama yang kayak ginian 😀

Mau saya sebut sebagai seorang blogger tetapi dia belum memenuhi syarat untuk disebut blogger. Karena seorang blogger pasti berotak cerdas dan pandai menulis artikel. Bukan hanya nungguin dibuatkan artikel oleh blog lain.

Saya menganggapnya sebagai sahabat namun dianya tidak menganggap saya sebagai sahabat, karena tindakannya menunjukkan tidak bersahabat. Enaknya disebut apa ya? Atau mungkin lebih cocok disebut seperti apa yang disampaikan oleh Mas Syafii Nasution pada artikel sebelumnya: Copas Artikel Orang Sama Dengan Mencuri Kotak Amal. (artikel ini tidak dicopas karena mungkin si copaser tersebut tidak mau ngatain diri sendiri seperti apa yg ada di isi bacaan hehe 😀 )

Apakah kita tidak mampu berpikir?

Yang saya herankan dari si pengcopas satu ini adalah mengapa tidak mau menggunakan apa yang ada di kepala itu untuk mengedit ulang artikel copasannya agar bisa semakin cerdas dan nantinya bisa menjadi blogger sukses yang bermartabat serta menerima penghasilan yang barokah, amin. Bukankah kita akan lebih mudah untuk sukses jika menggunakan cara-cara yang baik daripada menggunakan cara-cara yang tidak pantas. Atau mungkin saja dia mengira akan bisa sukses dengan cara seperti ini.

Saya melihat banyak dari para sahabat-sahabat blogger juragan cipir ini, mulai dari pemula hingga master, mereka menulis artikel sendiri sebisanya, dan saya sangat salut dan menghargainya. Mereka adalah blogger cerdas yang menghargai karya orang lain. Dan tentunya mereka lebih berpeluang sukses dengan jalan lurus, bukannya sukses dengan cara ehemm… 😀

Kemarin Ibu Yaniar, penulis tetap blog juragan cipir, kembali mempublish artikel baru dengan judul Khasiat Luar Biasa Buah Manggis Buat Ibu hamil, ehh langsung dicopas hanya dalam hitungan menit setelah dipublish. Artikel sebelumnya dengan judul Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan juga mengalami nasib yang sama.

blog-copas-2

Sedangkan artikel berjudul Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Untuk Punya Blog Sukses karya penulis tetap Mas Syafii Nasution juga disikatnya lebih dulu. Dan masih banyak lagi artikel-artikel lainnya yang sudah diboyong ke rumah si copaster yang selalu setia menunggu update terbaru blog juragan cipir ini hiks..

Apakah saya benci dengan pengcopas?

Tidak! Saya sama sekali tidak benci, bahkan saya sangat sayang dengan semua blogger Indonesia tanpa terkecuali. Kita blogger Indonesia harus bisa bersahabat dan bersatu untuk maju agar tidak kalah dengan blogger luar negeri. Banyak blogger Indonesia berkumpul di blog juragan cipir ini untuk menjalin persahabatan dan bertanya jawab dalam meraih sukses melalui blogging.

Namun kita jangan menyembelih teman sendiri sesama blogger Indonesia dengan cara mengcopas artikel mereka seenaknya. Jika ingin copas, silakan copas artikel milik website perusahaan besar. Mereka memiliki aset milyaran di websitenya. Sedangkan blogger kecil seperti kita ini hanya mengandalkan kerja keras dengan cara bermandi keringat dan memeras otak untuk menciptakan segelintir artikel. Jika teman-teman mengcopas artikel mereka, apakah teman-teman tega memakan tetes keringat teman anda sendiri?

Tapi itu terserah pribadi masing-masing. Di dunia ini ada orang baik dan ada juga orang jahat, ada polisi dan ada juga maling. Dan saya berharap agar kita semua jangan sampai menjadi malingnya.

Asal-usul artikel di blog juragan cipir

Blog juragan cipir ini berisi artikel campuran yang ditulis oleh para kontributor setia dan beberapa penulis tetap, serta saya sendiri selaku founder juga telah menulis ribuan artikel sejak awal. Para kontributor setia menulis artikel tanpa mendapatkan bayaran dari blog juragan cipir sepeserpun, kecuali mereka hanya berbagi secara sukarela.

Sedangkan beberapa penulis tetap di blog ini adalah para penulis profesional dan berpengalaman yang datang dari online writer, yang tentunya pihak pengelola website ini harus menyiapkan anggaran biaya untuk setiap artikel yang dipublish demi kelangsungan penyajian artikel-artikel terbaru bagi pembaca setia setiap hari.

Setiap artikel yang dikirim di blog juragan cipir ini disaring secara ketat oleh admin serta menggunakan sistem content filtering untuk memastikan artikel tersebut mematuhi TOS serta tidak berasal dari copy paste artikel milik blogger lain. Artikel harus murni karya sendiri atau tidak ada duplikat konten sama sekali di mesin pencari.

Jika ada artikel kiriman yang terdeteksi mengcopas dari blog lain, maka tidak akan sampai dipublikasikan di blog juragan cipir dan akan langsung saya hapus saat itu juga. Setiap hari ada puluhan artikel kiriman yang saya lempar ke folder sampah karena tidak sesuai dengan TOS blog juragan cipir, yaitu artikel copy paste dari blog lain.

Blog juragan cipir adalah tempat bertanya, tempat berkumpul, tempat berdiskusi bagi teman-teman blogger di seluruh Indonesia. Sehingga blog juragan cipir akan menolak dengan tegas setiap kali ada kiriman artikel copy paste milik blogger lain, karena semua blogger Indonesia adalah sahabat juragan cipir yang harus saling membantu dan melindungi, bukannya saling menginjak. Betapa hina blog juragan cipir ini jika sampai tega mengcopas artikel milik sahabat blogger Indonesia, yang mana mereka telah menulis artikel siang malam dengan susah payah serta bermandi keringat dan memeras otak.

Penutup

Artikel ini bukan bertujuan menjelek-jelekkan seseorang atau saya takut artikelnya dicopas, tetapi hanya bertujuan mengulas antara perbuatan yang pantas dan yang tidak pantas yang perlu diketahui oleh para blogger. Jika kita ingin menjadi blogger sukses dan bermartabat, maka marilah kita memulainya dari awal dengan cara-cara yang baik. Jika anda tidak ingin blog anda diganggu orang suatu saat nanti, maka anda jangan pernah mengganggu blog orang.

Tak lupa saya berdoa semoga sukses buat teman-teman semua, tetaplah rajin menulis artikel dan banggalah dengan artikel anda sejelek apapun namun karya sendiri, sehingga kita bisa menjadi seorang blogger sukses dan bermartabat, amin. Jangan lupa simak juga Apakah Pernah Merasa Blog Anda Dipandang Sebelah Mata?

Bagikan:
59 Comments
      • Misterius
  1. Sonhaji
  2. Risman Aji Darmawan
  3. Syafii Nasution
  4. Supriyantocs
  5. Bintang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.