Update Theme WordPress Bisa Turunkan Trafik Blog

Update theme wordpress sangat berpengaruh terhadap trafik blog, bahkan hampir sama seperti kita mengganti template baru. Apa pengaruhnya? Yaitu, trafik blog akan mengalami penurunan. Tinggi rendahnya prosentase penurunan trafik tersebut tergantung dari seberapa banyak si pembuat theme memperbarui script di dalam theme-nya. Biasanya trafik akan kembali pulih seperti sediakala setelah satu bulan kemudian.

Blog JC ini baru saja mengalami penurunan trafik signifikan setelah saya memperbarui theme blog JC sebulan lalu, setelah sebelumnya ketinggalan versi sebanyak sekitar 3-4 versi. Saya melihat script di dalam theme editor mengalami pembaruan 100% paska update theme, meskipun tampilan blog tidak berubah sama sekali.

Mungkin pihak pembuat theme hanya bermaksud ingin memperbarui fitur-fitur di dalam theme agar kompatibel dengan wordpress terbaru, itu saja. Bukan bermaksud ingin merubah tampilan theme. Namun meskipun tampilan theme atau tampilan blog tidak mengalami perubahan sama sekali, ternyata trafik blog mengalami penurunan signifikan selama sebulan. Tapi alhamdulillah, hari ini sudah mulai berangsur-angsur pulih seperti sediakala.

Mengapa trafik mengalami penurunan paska update theme? Seperti yang pernah saya baca di salah satu halaman google, bahwa jika kita merubah apapun pada website kita terutama pada kode-kode sumber laman (html template atau script theme) maka mesin pencari akan memerlukan waktu untuk kembali mengenali website kita. Dan pada kenyataannya mesin pencari memerlukan waktu sebulan untuk kembali mengenali blog kita. Namun seperti yang saya sampaikan di atas, lama tidaknya mesin pencari mengenali blog kita tergantung dari seberapa banyak perubahan yang terjadi pada kode sumber laman.

Pada update theme wordpress, biasanya perubahan dilakukan secara menyeluruh oleh si pembuat theme. Jadi hampir sama seperti kita megganti theme baru. Oleh karena itu sebelum mengupdate theme blog kita, maka terlebih dulu kita harus menyimpan script-script yang pernah kita sisipkan di sumber laman tersebut di notepad agar tidak hilang paska pembaruan theme. Setelah proses update selesai maka kita segera mengembalikannya lagi script-script tersebut ke tempat semula. Sedikit banyak pastinya ada perubahan pada sumber laman yang baru tersebut. Dan perubahan-perubahan kode sumber laman tersebut-lah yang membuat trafik blog turun, karena mesin pencari harus mengenali blog kita lagi selama sebulan.

Ini hanya sekedar informasi saja buat teman-teman yang belum tahu, terutama bagi para blogger pemula. Bagi para blogger senior saya tidak berani ngomong banyak hehe 😀 Jangan lupa baca juga Betapa Bangganya Memiliki Blog di Internet.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.