Update Artikel dan SEO

Halo Juragan semua, saya hanyalah satu diantara sekian banyak blogger pemula yang masih bingung dan kebingungan memikirkan tentang SEO. Tapi apa mau dikata, karena mau tidak mau, suka tidak suka SEO memiliki pengaruh terhadap perkembangan trafik blog.

Search Engine Optimization alias SEO, tiga huruf yang akhir-akhir ini kerap saya jumpai di beberapa forum, blog maupun komunitas yang saya kunjungi. Dan tanpa saya sadari hal itu telah membuat saya terus memikirkannya meskipun hingga saat ini masih belum begitu mengerti.

Beberapa (blog, forum dll) menjadikannya topik postingan mereka, dengan bahasa yang berbeda-beda dan penjelasan yang terkadang membingungkan. Apalagi untuk mereka (termasuk saya, hehehe…) yang sangat awam dengan bahasa-bahasa pemrogaman, javasript dan “teman-temannya”.

Beberapa yang lain menjadikannya bahan perdebatan yang cukup sengit bahkan tak jarang dibumbui dengan sedikit emosi, dicampur sedikit ironi, diaduk dengan kata-kata yang memprovokasi. Yang lainnya cukup menyimak karena tak mengerti, seperti halnya saya yang hanya membaca kalimat-demi kalimat siapa tahu ada ilmu yang bisa saya dapati.

Jujur saya belum mengerti bagaimana menerapkan SEO yang benar, meskipun banyak blog yang mengulas dan dengan bahasa yang tak jauh berbeda. Dari penjelasan tentang SEO itu sendiri, menggungakan SEO yang sederhana, SEO On page, Out Page, Tommy Page dan lain sebagainya.

Saya tidak bisa memungkiri bahwa semua blog membutuhkannya, agar lebih mudah ditemukan mesin pencari, muncul di halaman depan hingga lebih cepat dikenal pembaca dan seterusnya. Tapi saya tak ingin terjebak dalam pemikiran tentang SEO yang justru akan memperlambat produktifitas.

Sebagaimana halnya tentang backlink, akan lebih baik jika semuanya berjalan secara alami (natural). Jadi saya lebih memilih untuk terus memikirkan tentang pembuatan konten. Bagaimana caranya agar bisa update terus, sementara SEO dipelajari sambil “berjalan” karena saya yakin, jika salah mempraktekannya akan memberikan dampak yang sebaliknya (buruk) bagi blog.

Bagaimana dengan juragan yang sama-sama masih pemula dan belum begitu memahami tentang SEO seperti saya?

Bukan saya melarang anda belajar SEO, malah sebaliknya… PELAJARILAH!!! karena itu juga penting. Tapi lebih penting lagi untuk terus membuat postingan, pergunakan teknik SEO yang anda mengerti pada postingan tersebut. Perlahan tapi pasti, anda akan bisa menerapkannya dengan labih baik nantinya.

Saya hanya tak ingin kekurang pahaman kita akan teknik SEO, membuat kita tak bisa produktif karena takut artikel kita sepi pengunjung dan lainnya. Begitu menerapkannya malah menjadi arikel yang susah dipahami karena salah menerapkannya.

“TULISLAH YANG MAU KAU TULIS, ITU AKAN LEBIH BAIK DARI SEKEDAR BERMAIN TEORI TANPA KELANJUTAN”

Meskipun saya bukan blogger yang bisa untuk selalu mempublish artikel setiap harinya, saya sangat menyarankan untuk selalu membuat artikel-artikel yang berkualitas, dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca.

Buatlah artikel untuk manusia bukan mesin pencari, karena jika pambaca menyukainya maka simbah pun suka. Hingga saatnya kita mengerti dan bisa membuat artikel yang disukai pembaca serta mudah dikenali mesin pencari.

Baca juga:

Bagikan:
14 Comments
  1. phie

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.