vps murah

Home / Google Doodles / Sejarah

Minggu, 8 Desember 2013 - 18:33 WIB

Ulang Tahun Grace Hopper ke-107 di Google Doodle

Halo juragan…
Google Doodle hari ini, 9 Desember 2013, memperingati hari ulang tahun Grace Murray Hopper ke-107 dengan menampilkan logo Google Doodle bergambar Grace Hopper di halaman pencariannya.

Siapa Grace Hopper?

Biografi

Grace Murray Hopper (9 Desember 1906 – 1 Januari 1992) adalah seorang ilmuwan komputer Amerika dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebagai seorang pelopor di lapangan, dia adalah salah satu programmer pertama dari “Harvard Mark I computer”, dan mengembangkan compiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer.

Grace Hopper, Januari 1984

Dia mengkonseptualisasikan ide bahasa pemrograman mesin independen, yang menyebabkan perkembangan COBOL, yaitu salah satu bahasa pemrograman modern yang pertama di dunia. Dia dikreditkan dengan mempopulerkan istilah “debugging” untuk memperbaiki gangguan komputer (terinspirasi oleh ngengat yang sebenarnya dihapus dari komputer).

Karena luasnya prestasi dan peringkat angkatan laut, dia kadang-kadang disebut sebagai “Amazing Grace” atau seorang Grace yang menakjubkan. Angkatan Laut AS, USS Hopper (DDG – 70) adalah nama untuk dirinya, seperti Cray XE6 “Hopper” superkomputer di NERSC dan juga ruang belajar di Chalmers University of Technology.

READ  Cara Mengoptimalkan Blog Dengan Google Doodle

Awal kehidupan dan pendidikan

Hopper terlahir sebagai Rahmat Brewster Murray di New York City. Dia adalah anak tertua dari 3 anak di keluarga. Dia ingin tahu sebagai anak, suatu sifat seumur hidup, pada usia tujuh tahun ia memutuskan untuk menentukan bagaimana jam alarm bekerja, dan pernah membongkar tujuh jam alarm sebelum ibunya menyadari apa yang dia lakukan.

Untuk pendidikan persiapan sekolah, dia menghadiri Hartridge School di Plainfield, New Jersey.

Ditolak untuk masuk awal di Vassar College pada usia 16 tahun karena skor tes-nya dalam bahasa Latin yang terlalu rendah, ia mengakui pada tahun berikutnya. Dia lulus Phi Beta Kappa dari Vassar pada tahun 1928 dengan gelar sarjana matematika dan fisika, dan meraih gelar Master-nya di Universitas Yale pada tahun 1930.

READ  Selma Lagerlöf, Tokoh Penulis Wanita Asal Swedia

Pada tahun 1934, ia meraih gelar Ph.D. matematika dari Yale di bawah arahan Øystein Ore. Disertasinya, kriteria irreducibility jenis baru, diterbitkan pada tahun yang sama, yaitu 1934. Hopper mulai mengajar matematika di Vassar pada tahun 1931 dan dipromosikan menjadi profesor asosiasi pada tahun 1941.

Dia menikah dengan seorang profesor di New York University, yaitu profesor Vincent Foster Hopper dari tahun 1930 sampai perceraian mereka pada tahun 1945. Setelah itu, Hopper tidak menikah lagi hingga akhir hayatnya.

Share :

Baca Juga

Google Doodles

Selamat Hari Guru Nasional November 2014

Blogger

Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Google Doodle

Google Doodles

Hari Guru Nasional Ke-69 Tahun 2014 di Google Doodle

Sejarah

Sejarah Terbentuknya Agama Islam di Indonesia

Google Doodles

Kapan Ulang Tahun Google? Hari Ini Ulang Tahun Google ke-17

Google Doodles

Maria Gaetana Agnesi Ulang tahun ke-296 di Google Doodles

Google Doodles

Dorothy Hodgkin Hari Ulang Tahun ke-104 di Google Doodles

Misteri

Chibichiri Cave – Okinawa, Tempat Paling Berhantu di Jepang