Typo Online Untuk Mengoreksi Kesalahan Ketik Tulisan Anda

Halo sahabat setia blog juragan cipir, kali ini saya ingin berbagi tentang tools online gratis (Typo Online) yang bisa anda gunakan untuk memeriksa apabila terjadi “kesalahan pengetikan” atau kesalahan eja pada artikel anda di blog maupun tulisan anda di Microsoft Office Word maupun Dokumen Pdf. Pada Typo Online ini juga bisa memeriksa “kata” yang tidak sesuai dengan EYD. Sehingga anda bisa memperbaiki ejaan berdasarkan EYD maupun Kamus Besar Bahasa Indonesia

Perlu kita tahu bahwa kesalahan eja pada suatu artikel atau naskah akan menurunkan kualitas dari karya tersebut, yang pada akhirnya juga akan menurunkan nilai profesionalisme si penulis. Selain itu, pembaca terkadang menjadi bingung jika ada kesalahan eja yang terkadang menimbulkan perbedaan arti pada isi bacaan. Simak juga Tips Jitu Membuat Konten Yang Menarik Pengunjung Website.

typo-online

Dimana anda bisa menemukan Typo Online?

Anda bisa mengunjunginya di situs Typo Online.

Untuk menggunakan Typo Online ini ada 3 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Mengupload file dokumen anda

Anda bisa mengupload file dokumen yang ada di komputer anda, misal microsoft office word atau file pdf, untuk memeriksa kesalahan eja pada artikel anda.

Typo-online1

Setelah file dokumen anda upload maka anda akan melihat Typo (kesalahan eja) pada artikel anda. Maka anda bisa memperbaiki semua kesalahan eja yang ada pada artikel anda, dan setelah itu silakan klik Simpan.

Typo-online1.2
Klik gambar untuk memperbesar

Setelah anda simpan, silakan anda download file dokumen anda tersebut. Kini artikel anda sudah tidak Typo lagi.

Atau anda juga bisa langsung mengcopy hasilnya lalu dipastekan lagi di lempar kerja anda tanpa harus menyimpannya di Typo Online. Mudah bukan?

Cara pertama ini cocok bagi anda yang sedang menyelesaikan materi sekolah, materi kuliah, skripsi, tugas kantor, atau apapun yang memerlukan perbaikan dalam ejaan.

2. Menggunakan Copy Paste

Anda bisa mengcopy artikel di microsoft office word atau di blog anda lalu dipastekan di Typo online. Maka semua kesalahan ketik pada artikel anda akan tampil pada kolom di sampingnya.

Typo-online2
Klik gambar untu memperbesar

Jadi anda tinggal memperbaiki kesalahan-kesalahan ketik yang ada, lalu silakan di copy hasilnya dan kemudian pastekan lagi ke lembar kerja anda di komputer atau blog. Beres deh.

Cara kedua ini cocok bagi anda yang ingin cara cepat, misalnya bagi seorang blogger yang hendak memeriksa calon postingan dari kesalahan ketik maupun kesalahan ejaan. Setelah artikel anda pastekan di Typo Online, anda hanya cukup dengan mengcopy hasil dari pemeriksaan Typo Online tersebut, lalu mempastekannya lagi ke entry artikel anda di blog. Mudah sekali.

3. Memasukkan link atau URL postingan

Anda cukup memasukkan URL postingan blog anda yang ingin anda periksa dari kesalahan ketik atau kesalahan eja, lalu silakan anda klik Check.

Typo-online3
Klik gambar untuk memperbesar

Maka URL halaman postingan blog anda tersebut akan masuk ke Typo Online, dan selanjutnya silakan klik link tersebut.

Maka postingan anda akan tampil dalam iframe di Typo Online dan jika ada kesalahan ketik maupun kesalahan eja pada artikel anda maka akan ditandai dengan warna merah. Setelah itu segeralah anda mengedit kesalahan ketik tersebut pada entry postingan di blog anda.

Cara ini tentunya sangat cocok bagi seorang blogger atau pemilik website yang ingin mempertahankan kualitas artikel yang ada di website yang mereka kelola. Kesalahan ketik atau kesalahan eja akan mengurangi nilai seo di mesin pencari, dan karenanya setiap artikel harus selalu diperiksa untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik maupun kesalahan eja.

Mendaftar sebagai member

Sebenarnya anda bisa menggunakan Typo Online ini tanpa harus mendaftar. Namun untuk bisa menikmati fitur-fitur bermanfaat lainnya yang disediakan oleh Typo Online, maka anda harus mendaftar sebagai member.

Anda harus signup lebih dulu, kemudian login ke akun member anda untuk menikmati fitur perlindungan source file, atau anda mengabaikannya dan memperbolehkan situs Typo Online ngeshare file anda di situs typoonline.com. Selain itu, dengan mendaftar maka anda bisa melihat riwayat pemeriksaan file anda sehingga anda bisa mendownloadnya atau memeriksanya kapan saja.

Semoga bermanfaat. jangan lupa simak juga 5 Macam Gaya Blogger Indonesia Yang Paling Populer Dalam Menulis Artikel.

Bagikan:
11 Comments
  1. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.