Tutorial Membuat Efek Teks Kotak Piramida di Photoshop

Siapa yang tidak mengetahui piramida? jujur, saya harus ketawa jika masih ada yang belum tahu.  kalau belum tahu ( sambil ketawa licik ) maka saya akan menjelaskan dibawah. soalnya efek teks yang akan kita buat di photoshop ini bentuk akan akan seperti piramida.

Apa sih piramid itu ?

Piramida adalah bangunan yang digunakan sejak zaman dahulu kala oleh bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya, digunakan sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah, maklum orang dulu. hehe

Dengan filosofi diatas, saya pun memiliki ide untuk berbagi ilmu photoshop di juragancipir, dengan mencari jalan untuk bisa menghasilkan efek teks yang akan terlihat seperti bentuk piramida. al hasil saya pun mendapatkannya dan langsung menulis tutorial dalam proses pembuatannya mengunakan aplikasi photoshop.

Berikut hasil dari tutorial membuat efek teks kotak piramida di photoshop

juragan-cipir-asyik
efek teks photoshop

Cara pembuatan efek teks ini tergolong mudah, jadi jangan lemas ketika melihat bentuknya yang seperti 3 dimensi – lalu beranggapan bahwa prosesnya membutuhkan banyak step. kita cuma butuh 8 step itupun 2 step yang ada adalah membuka photoshop dan melihat hasil tutorial 😀 – jadi semua 6 step bersih.

Agar tidak memakan waktu, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini :

Tutorial membuat efek teks kotak piramida di photoshop

  1. Buka photoshop sobat. jangan lama – lama dongs, ( b’canda ).
    Buat lembar kerja baru ( CTRL N ). berikan ukuran 1200×800 pixels …biarkan wana backgroundnya putih.
  2. Sekarang aktifkan Text tool ( T ). Gunakan huruf Terminal – huruf ini sudah ada dalam bawaan windows. berikan besar 120 pt.
    Tulislah satu huruf saja, contohnya A. tekan CTRL Enter untuk keluar dari fungsi menulis.
    teks photoshop
  3. Sekarang pergi ke layer dan klik kanan pada layer teks – pilih Rasterize layer ( supaya teks bisa di edit bentuknya )
    Pilih Brush tool gunakan warna hitam saja supaya sama dengan warna huruf kita. pastikan Opacity 100%, pakai jenis brush bundar.
    Nah brush lah pada teks untuk menambah bentuknya seunik yang sobat mau.

    efek teks photoshop
    efek teks photoshop
  4. Bisa juga menggunakan Erase tool dengan pengaturan yang sama pada brush. untuk menghapus bagian dari bentuk huruf agar terlihat lebih unik.

    photoshop
    photoshop
  5. Kalau sudah, sekarang pergi ke layer teks lagi dan klik kanan – pilih Blending options.
    Pilih Bevel & Emboss dan ikuti pengaturan dibawah. ( nanti kalau sudah selesai tutorial ini, sobat bisa mengutak – atik pengaturannya ).

    efek teks photoshop
    efek teks photoshop
  6. Gunakan juga Satin

    efek teks photoshop
    efek teks photoshop
  7. Terakhir Drop shadows untuk efek bayangannya. supaya terlihat seperti objek 3D. klik OK dan lihat hasilnya.

    efek teksphotoshop
    efek teks photoshop
  8. Sekarang huruf pertama sudah jadi.

    efek teks photosshop
    efek teks photosshop

Untuk membuat efek huruf yang lainnya silahkan gunakan metode yang sudah kita pakai diatas. kalau mau cepat, nggak usah ubah bentuknya. langsung tulis huruf lalu berikan saja efek yang sudah jadi, dengan mengcopy stylenya. Caranya :
– Pergi di layer teks yang sudah kita beri efek diatas. Klik kanan dan pilih Copy layer style. kemudian pastekan ke layer yang ingin di samakan efeknya.

Jika sobat merasa tertantang untuk membuat efek teks yang lebih mengagumkan dan mungkin bisa membanggakan orag tua kali ya 😀 ( bercanda ). silahkan lihat koleksi yang lainnya tentang Tutorial efek teks photoshop.

Semoga apa yang saya berikan bisa membuka pikiran sobat. bahwa photoshop hanyalah fasilitas 5 persen, selebihnya kreativitas kita adalah 95 %. saya yakin, kalau mau belajar, efek teks gajah duduk pun bisa sobat buat. waw

Saya Safri m hasak cakmar, ST  mengucapkan selamat menjalankan pembelajaran photoshop. – Assalamualaikum. Pelajari juga Cara Membuat Logo Blogger Dengan Photoshop.

Bagikan:
10 Comments
  1. phie

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.