TUGAS REMEDIAL SISWA? Saya Suruh Mereka Buat Artikel Berkualitas Sesuai Niche Blog Saya !

Hallo sobat juragan cipir? Semoga temen-temen gak lupa ya sama saya? 😀 . Hari ini saya punya pengalaman baru bagaimana cara untuk mengisi konten artikel blog dengan bantuan para siswa-siswi di sekolah (khusus yang berprofesi guru/dosen). Karena saat ini saya sedang berprofesi sebagai guru (profesi sampingan di atas profesi utama), dan baru saja di sekolah tempat saya bekerja baru selesai mengadakan mid semester, maka nilai biologi SISWA-SISWI SMA yang saya ajar ada yang tidak lulus, sehingga terpaksa saya harus meremedial nilai siswa-siswa saya tersebut hingga lulus.

guru-murid

Kebanyakan guru lain di sekolah tempat saya bekerja banyak yang memberi tugas remedial kepada siswa hanya merangkum, membuat produk makanan tertentu, suruh siswa bawa petisan mangga :D, dll, heheh maka taukah Anda apa yang saya lakukan untuk meremedial nilai siswa-siswi saya tersebut hingga mereka benar-benar lulus? yah, saya coba memberi tugas remedial dengan cara masing-masing siswa wajib membuat artikel berkualitas (original) dengan panjang kata-kata di atas 1.000 kata atau lebih. Dan mereka sangat senang untuk membuat artikel tugas remedial yang kebetulan saya sesuaikan dengan niche blog saya (guruilmuan.blogspot.co.id) tentang pertanian, yang juga tentu ada hubungannya dengan mata pelajaran biologi yang saya ajar. Maka dari itu saya kasih tugas siswa saya tersebut dengan membuat artikel tentang tatacara budidaya tanaman dan berternak hewan apapun yang ada di sekitar tempat tinggal mereka (mereka bebas berekspresi). Tugasnya wajib diketik dengan tangan sendiri menggunakan komputer/laptop (tanpa plagiat), serta mereka saya suruh untuk mengambil/memotret photo atau melalui wawancara untuk melengkapi dokumentasi tugas tersebut.

Tugas ini selain memenuhi nilai ketuntas minimal (KKM) dan mempromosikan blog saya 😀 , juga sekaligus bertujuan untuk melatih siswa yang saya ajar agar mereka lebih senang menulis, melatih kemampuan jurnalistik, serta mengenalkan mereka lebih dalam tentang dunia blogging karena maklumlah kebanyakan dari anak SMA ternyata banyak yang belum paham tentang blog.

Hal yang paling lucu ketika saya tulis di papan white board dan kasih URL blog saya (guruilmuan.blogspot.co.id) di depan siswa-siswi saya tersebut mereka ada yang bertanya: “Pak, kok domainnyablogspot.com gak .com?”. Dengan sedikit risih, saya coba jawab pertanyaan salah satu siswa yang bertanya tersebut: “Iya nih masih blogspot.com yang gratisan”, ada yang mau coba jadi seorang blogger”. Lalu mereka serentak “pengen banget belajar blog”.

Karena keantusiasan mereka, maka mereka ada yang sampai sharing sering berkebun tanaman hias dengan keluarganya, maka saya ajak mereka untuk mencoba memotret kebun mereka dan buat artikel sesuai topik yang mereka pilih.

Hmmm, sudah ada 2 kelas yang saya kasih tugas untuk membuat artikel tersebut (kelas XI SMA, kelas XII SMA), kelas X belum saya informasikan. Masing-masing kelas berisi jumlah siswa 40 – 42 siswa, jadi karena semua siswa hampir remedial (memperbaiki tugas), maka diperkirakan saya akan mendapatkan artikel dari tugas mereka tersebut setidaknya 70 – 80 artikel dalam sekali remedial (ini cukup untuk stok artikel cadangan disamping saya harus menulis juga, supaya pengunjung makin merangkak naik ke puluhan K). Dan rencanya artikel dari mereka akan saya posting di website guruilmuan.blogspot.co.id (tapi akan saya edit dan periksa terlebih dahulu (verifikasi)) sebab pembekalan sebelumnya sudah saya kasih kepada mereka. Dengan begitu, maka lama kelamaan blog saya akan menjadi penuh dengan artikel yang dibantu melalui tulisan-tulisan siswa.

Oh iya, penugasan untuk membuat artikel seperti yang saya bagi di atas tolong jangan ditiru bagi guru yang mengajar jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar, atau SMP, sebab kemampuan mereka belum terlalu banyak dilibatkan untuk membuat artikel berkelas tinggi. Kecuali jika mereka sudah anak SMA/SMK/MA/sederajat, saya yakin mereka sudah sanggup secara fisik dan emosional untuk membuat artikel sesuai tuntutan dari guru mata pelajaran yang bersangkutan.

***Hari ini, 26/10/2015, ketika masuk ruang kelas, banyak siswa yang antusias dan meminta respon terkait tugas budidaya yang mereka kerjakan, macam-macam dan sangat kreative mereka, ada yang sudah laporan dan saya melihat tugas mereka, sangat keren mereka membuat artikel original (ribuan kata lebih, suatu saat akan saya posting di webblog saya, teman-teman dapat melihat dan membaca langsung). Sebagai contoh, ada yang membuata artikel tentang “berternak semut rangrang”,dan lainnya karena memang orang tua mereka ada yang memiliki hobi seperti saya, yakni memelihara hewan peliharaan. Dengan begitu, saya akan coba menambah menu navigasi pada blog saya yakni: Hewan Peliharaan dan Tanaman Hias :D. hehe.

Sempat juga terpikir di dalam pikiran saya ingin mempunyai blog lebih besar lagi seperti punyanya mbak Indri (juragancipir.com), dan bisa mempunyai forum untuk tanya jawab dan bisa submite artikel langsung ke website, sehingga siapapun bisa mengisi konten di dalam website saya.

Demikian pengalaman dan cara saya di atas. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi teman-teman guru semua yang kebetulan juga adalah seorang guru 😀 #gurublogger #ayomenulis

Jangan lupa baca juga: KIAT MEMPERBAIKI KUALITAS KONTEN PADA SEBUAH BLOG/WEBSITE UNTUK MENJADI BESAR

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.