Travelling Seorang Diri ? Siapa Takut !! Ini Tipsnya…

Bisa dikatakan semua orang menyukai liburan, baik itu liburan dalam negeri maupun di luar negeri. Tapi, ketika ditanya apakah mereka memilih liburan beramai-ramai atau liburan seorang diri? Rata-rata akan menjawab lebih senang berliburan beramai-ramai, entah itu bersama keluarga, teman-teman atau bahkan bersama pasangan.

Bagi sebagian orang berlibur seorang diri alias solo traveling bisa jadi sesuatu yang menakutkan. Berbagai alasan diungkapkan akan keengganan tersebut, mulai dari perasaan sepi tidak ada lawan bicara,  takut tersesat, bahkan ketakutan akan dirampok!

traveling-sendiri

Padahal perjalanan seorang diri ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan perjalanan yang dilakukan secara beramai-ramai, salah satunya adalah KEBEBASAN!

Bagi Anda yang ingin atau berencana melakukan traveling seorang diri, berikut beberapa tips agar perjalanan solo travelling Anda menjadi menyenangkan dan tetap aman:

1. Cari Informasi

Sebelum memutuskan berangkat ke suatu tempat, ada baiknya Anda mencari informasi perihal daerah yang akan Anda kunjungi. Mulai dari tempat wisata didaerah tersebut, kendaraannya, rute perjanannya, adat istiadat di daerah yang akan Anda kunjungi, penginapannya, bahasa yang digunakan tempat yang Anda kunjungi (terutama bagi Anda yang melakukan travelling ke luar negeri), bahkan sampai ongkos selama perjalannya.

2. Waspada

Ketika sampai ditempat tujuan,usahakan untuk tetap tenang. Walaupun Anda baru pertama kali mengunjungi daerah tersebut. Jangan sekali-kali terlihat bingung dan canggung agar tidak mudah ditipu oleh penjahat. Berkenalan dengan penduduk yang mendiami daerah tujuan travelling itu baik, tapi ingat jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal.

3. Tetap berkomunikasi

Walaupun Anda bepergian seorang diri, tapi bukan berarti Anda memutuskan komunikasi dengan keluarga dan teman Anda. Tetap jalankan komunikasi dengan mereka agar keluarga maupun teman Anda tahu kondisi terkini Anda.

4. Lawan Kesepian

Salah satu kerugian melakukan perjalanan seorang diri adalah tiadanya teman lawan bicara selam perjalanan. Salah satu cara agar Anda tidak kesepian adalah dengan mengunjungi beberapa hal baru, seperti: menikmati makan malam di restoran/warung lokal, tempat pertunjukkan atau atraksi, atau bisa juga tempat hiburan yang populer di daerah tersebut.

Simak juga:

Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.