Trafik Blog Turun Naik Seperti Pasar

Halo juragan… Berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger, trafik pengunjung atau visitor blog kita sangat berpengaruh terhadap musiman yang terjadi di masyarakat. Rupanya trafik blog/website tidak berbeda sama sekali dengan trafik kunjungan yang terjadi di pasar-pasar atau pusat-pusat perbelanjaan di dunia nyata.

Pada bulan-bulan tertentu dimana manusia banyak menyelenggarakan acara hajatan, maka pasar akan ramai dikunjungi orang. Pada bulan-bulan biasa, trafik pengunjung pasar normal seperti biasanya. Pada saat-saat akhir bulan pengunjung pasar sepi.

Dan pada saat menginjak bulan puasa ramadhan hingga pertengahan, pasar juga sepi. Setelah menjelang hari raya idul fitri pasar mulai ramai. Hari raya natal dan tahun baru juga berdampak pada trafik kunjungan di pasar. Pada bulan-bulan biasa trafik akan kembali normal seperti biasa.

Ilustrasi: Cewek cantik berbelanja di pasar

Ternyata trafik blog memiliki nasib yang sama dan sepenanggungan dengan nasib pasar. Mulai dari sa’at/jam, hari, minggu dan bulan, trafik blog memiliki perbedaan jumlah pengunjung. Pada hari-hari tertentu, minggu-minggu tertentu, dan bulan-bulan tertentu, blog juga mengalami perubahan trafik dan bahkan terkadang berubah sangat tiba-tiba. Pada jam-jam tertentu trafik blog ramai dan beberapa jam kemudian tiba-tiba trafik blog sepi. Entah pada kemana itu orang.

READ  Perbedaan Jenis Visitor Dalam Pengoptimalan Adsense

Sampai-sampai saya pernah bingung dan berpikir ada kesalahan apa di blog saya sehingga trafik menurun dan semakin menurun dari hari ke hari. Namun setelah saya check di blog satunya ternyata memiliki nasib yang sama. Semuanya turun trafik.

Tapi terkadang ada suatu keanehan. Beberapa blog yang tidak pernah saya utak-atik selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun memiliki trafik yang bertahan. Tidak naik dan tidak turun. Ada apa gerangan?

Ternyata perbedaannya adalah di niche blog. Blog yang memiliki trafik bertahan kuat adalah blog yang berisi artikel umum dan tidak memiliki batas kadaluwarsa. Sedangkan blog yang berisi artikel spesifik seperti tips trik perblogingan memiliki trafik yang labil, kadang naik dan kadang turun secara tiba-tiba.

READ  Web Hosting Murah, Apa Yang Membuatnya Murah?

Kesimpulan: Pengunjung blog berasal dari masyarakat. Jika masyarakat sibuk maka trafik blog sepi. Maka untuk menyikapi keadaan musiman di kalangan masyarakat yang berdampak terhadap turun naiknya trafik blog, maka solusi terbaik adalah tetap melakukan update artikel segar secara rutin setiap hari dan tidak usah utak-atik seo. Jika musim sepi telah berakhir maka trafik blog akan kembali normal, dan kita akan menuai hasilnya dengan perolehan trafik melimpah yang mampu mengganti trafik yang sepi kemarin.

Begitulah. Jangan lupa baca juga Ingin Trafik Blog Naik? Cobalah Anda Gunakan Gaya Ini.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

16 komentar

  1. Gambar Gravatar Dianeka Widiantara berkata:

    Hadir….!<br />Begitulah juragan….<br />Salam…

  2. ahaha,,, <br />makasih hadirnya mas juragan. <br />salam juga…

  3. Bermanfaat sekali nih artikelnya. Thanks !

  4. Thanks juga kunjunganya,,,, n salam sahabat^^

  5. Thanks ! maju terus, dan bikin artikel yang lebih bermanfaat lagi.

  6. makasih juga kunjungannya masbray,,, oke ntar aku bikinin artikel lg yg lebih sip,,, hehe 🙂

  7. Jadi begitu ya,pantes blog sy kok naik tiba&quot;,turun jg gak bilang&quot;,terima kasih infonya.

    1. kalo mau turun bilang dulu enak ya mas, ntar kita jawab &quot;jangan turun&quot; gitu, hehehe :P<br />makasih juga kunjungannya 😉

  8. betul mbak ..kadang kok aneh tiba2 traffic naik, dan kadang turun drastis, apalagi malam minggu dan hari libur kemungkinan banyak yang offline, contoh sederhana saja..kita sering tanya mbah google saat ada yang perlu ditanyakan pada saat ada PR sekolah, atau lagi membuat makalah, dll

    1. benar sekali yg mas Oyo terangkan, memang banyak sekali faktor yg menjadi penyebab trafik blog turun naik :)<br />salam sukses 😉

  9. salam kenal mbak Indri, saya jg kebetulan sdg dipusingkan dg masalah kegini.ternyata memang begitu kenyataanya yaa.

  10. Kalau fakfor KW musiman mungkin tidak masalah, tetapi yang jadi masalah besar adalah ketika trafik blog menurun karena hukuman dari mbah google.

  11. Gambar Gravatar Achmad Cahya Aditya berkata:

    Benar juga gan, akhir tahun blog sepi, pada sibuk ngurusin tahun baruan kali ya.. haha..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *