Trafik Blog Tinggi Tapi Earning Adsense Rendah? Ini Penyebab Dan Solusinya

Halo juragan… Judul di atas pasti sudah tertanam di sanubari anda jika anda adalah publisher adsense yang memiliki blog adsense bertrafik tinggi namun pendapatan setiap harinya rendah. Hmmm… memang sangatlah menggemaskan punya blog seperti itu, tapi mau bagaimana lagi karena seperti itulah kemampuan blog anda dalam mencari uang via adsense. Setidaknya hal itu juga saya alami.

Akankah nasib kita terus seperti itu selamanya? Ya, bisa jadi, jika anda tidak segera mencoba menggunakan cara lain. Akan tetapi jika anda bersedia terus meningkatkan trafik anda, maka penghasilan anda juga akan naik pastinya, hanya saja tidak seimbang dengan trafik yang kita miliki. Trafik blog sangat tinggi namun penghasilan terlalu rendah.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan di atas.

1. BPK terlalu rendah

Tidak bisa dipungkiri bahwa blog bahasa indonesia hanya menghasilkan $ 0,5 – $ 0,20 perklik. Dan yang paling sering adalah $0,5 – $ 0,10 saja perklik. Jika anda perhari mendapatkan 50 klik, maka earning yang kita dapat hanyalah sekitar $2,5 – $ 5 saja.

Upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan BPK untuk blog bahasa indonesia adalah memfilter iklan yang membayar murah, atau membuat blog niche yang ber-HPK tinggi dengan melakukan riset keyword sebelumnya.

Namun jika blog bahasa inggris, bisa jadi anda akan menghasilkan $ 25 – $ 50 setiap harinya untuk 50 klik. Intinya, blog bahasa indonesia memang seret untuk memperoleh pendapatan yang layak, kecuali tafik blog kita setidaknya 10 ribu visitor unik perhari. wooww! Tentunya anda harus memiliki setidaknya 5 ribu konten full orisinil.

2. CTR terlalu rendah

CTR (click through rate) adalah hitungan untuk mengetahui jumlah klik yang wajar sesuai standar google. Jika CTR blog anda terlalu rendah, maka itu berarti jumlah klik yang terjadi pada iklan di blog kita sangatlah rendah atau sedikit.

Untuk meningkatkan CTR ini upaya yang bisa kita lakukan adalah menempatkan iklan adsense di tempat-tempat paling strategis di blog kita, memformat iklan dan warna serta menggunakan unit iklan yang berkinerja terbaik.

* Setidaknya 2 hal diatas adalah penyebab yang paling mencolok sehingga blog kita berpenghasilan rendah meskipun trafik blog kita cukup tinggi.

Bagaimana solusinya?

1. Lakukan riset keyword di akun google adwords, temukan niche ber-HPK tinggi dengan persaingan serendah mungkin. Caranya bisa anda cari di google.

1. Cobalah membuat blog bahasa inggris dengan domain TLD dan selfhosting. Jangan lupa, gunakan keyword temuan anda sebagai “nama domain”, atau setidaknya gunakan keyword temuan tadi sebagai “longtail” alias diletakkan di belakang judul blog agar iklan lebih tertarget.

3. Tulislah artikel orisinil setiap hari secara berkesinambungan sesuai dengan niche yang anda temukan di riset keywords tadi. Jika anda punya uang lebih, silakan beli artikel saja di jasa artikel online.

4. Jika mulai ada trafik yang datang dari search engine, pasanglah 3 unit iklan adsense yang berkinerja paling tinggi dan lakukan penempatan serta pemformatan iklan sebaik mungkin.

Itu saja! Niscaya nasib anda akan berubah. Setidaknya dulu saya pernah mencoba cara ini di dua situs bahasa inggris saya yang akhirnya dihack oleh orang tak dikenal. Kini, insyaAllah saya akan memulainya lagi jika tabungan saya sudah terkumpul.

^^ Jangan lupa baca juga Mengapa Blog Adsense Tidak Boleh Ikutan Paid Review?

Bagikan:
40 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.