Trafik Blog Tiba-tiba Turun, Ada Apa Gerangan?

Halo juragan… Hari ini saya ingin curhat karena beberapa hari terakhir ini tiba-tiba blog Juragan Cipir ini trafiknya turun tajam dan angka alexa membengkak nakal. Padahal saya tiap hari update normal dengan artikel orisinil full fresh. Dan saya tidak melakukan perubahan apa-apa pada template blog maupun robots.txt dan sebagainya.

Selain di statistik blogger, penurunan trafik juga terlihat di analisis Histats. Frekuensi trafik visitor jatuh dan tidak seperti biasanya. Sebelumnya arus pengunjung terus menerus datang silih berganti tanpa ada jeda istirahat, namun sejak beberapa hari ini tersendat-sendat dan terkadang macet alias jalan ditempat.

Sebelumnya saya telah terkejut dengan adanya pembengkakan angka alexa rank yang secara tiba-tiba yang saya tulis kemarin di Penyebab Angka Alexa Rank Turun Naik. Dan rupanya banyak juga teman-teman blogger lainnya yang mengalami angka alexanya menggendut. Padahal mereka update rutin dan tidak melakukan perubahan apapun pada website.

Ada apa gerangan?

Seperti biasa jika ada keanehan pada blog yang terkait trafik, pasti saya langsung meluncur ke websitenya Mr. Danny Sulivan di Search Engine Land, dimana beliau adalah pengamat search engine terpercaya nomor satu di dunia. Siapa tahu google mengadakan update algoritma-nya yang berdampak pada trafik blog.

Namun disana saya tidak menemukan adanya update baru algoritma google, kecuali hanya mendapatkan berita-berita seputar pembasmian website spam yang dilakukan oleh Team Spam Pencarian Google yang di komandani oleh Mr. matt Cutts.

* Akan tetapi saya jadi teringat ketika pertama kali algoritma hummingbird diluncurkan. Pada bulan agustus 2013, google meluncurkan algoritma hummingbird secara diam-diam. Sebulan kemudian, akhir september, google baru mengumumkannya secara resmi bahwa telah mengganti algoritma lama dengan algoritma baru yang dinamai hummingbird.

Menurut Danny Sulivan, algoritma hummingbird ini mengganti 80% komponen algoritma google yang lama. Artinya, boleh dikatakan bahwa google telah mengganti 80% algoritma lama dengan algoritma baru. Sehingga teknik optimasi SEO cara lama sudah tidak berfungsi lagi, kecuali hanya sebagian saja atau 20% saja.

Karena google telah mengganti 80% algoritmanya, maka dampaknya menimpa milyaran website di seluruh internet. Banyak website yang berjatuhan dan tersingkir dari halaman pertama google, dan banyak pula website yang beruntung mendapatkan halaman pertama, yaitu website yang tidak menggunakan SEO.

* Nah, saya sempat berpikir jangan-jangan google melakukan update sebagian algoritmanya secara diam-diam seperti dulu ketika peluncuran pertama hummingbird, lalu bulan depan google baru mengumumkannya.

Jika saya meninjau penurunan trafik yang signifikan pada blog “Juragan Cipir” ini, saya merasakan sepertinya akan ada perubahan tertentu dari algoritma google saat ini. Benarkah itu? Kita tunggu saja perkembangan mesin pencari hingga bulan depan.

Semoga informasi ini bisa membuat kita bisa bersiap-siap menghadapi kemungkinan adanya perubahan algoritma google dengan teknik SEO yang ramah lingkungan. Jangan lupa simak juga informasi lain yang mungkin membantu anda agar bisa bersiap-siap dengan memahami tentang Tips Menulis Mengatasi Algoritma Google Hummingbird.

Bagikan:
29 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.