Trafik Blog Naik Drastis Gejala Blog Terkena Deindex

Halo juragan… Waspadai jika blog anda mengalami kenaikan trafik secara tiba-tiba. Misalnya, tiba-tiba trafik blog anda meningkat drastis hanya dalam kurun waktu sebulan, padahal sebelumnya biasa-biasa saja. Peningkatan trafik tidak wajar itu bisa berakibat blog kita terkena deindex google sebulan kemudian. Trafik akan turun drastis dan bahkan hanya tersisa 10%-20% saja.

Hal ini pernah saya alami. Ketika saya mengganti template responsive valid html5 tiba-tiba trafik blog naik. Trafik blog saya awalnya hanya 400 visitor unik perhari, kemudian naik drastis menjadi 1.400 visitor unik perhari selama sebulan lebih. Namun akhirnya turun drastis menjadi 200 visitor unik perhari. Untuk informasi selengkapnya teman-teman bisa membaca di Trafik Blog Turun Tiba-tiba? Begini Cara Mengatasinya.

Penyebab blog trafik naik drastis dan turun drastis

1. Awalnya saya menggunakan template lama (non responsive) dan trafik macet alias jalan ditempat. Tidak naik dan tidak turun meskipun saya update artikel full orisinil setiap hari. Trafik blog saya macet dan hanya berkisar 400 visitor unik perhari dan 500 pageview perhari. Pageview sangat rendah sehingga bounce rate naik.

2. Lalu saya menggantinya dengan template responsive valid html5. Hasilnya, trafik blog meningkat secara mendadak hampir 1.000 visitor unik perhari ddan 5.000 pageview perhari. Sebuah perkembangan trafik dan pageview yang luar biasa. Hal ini berjalan sekitar 3 minggu. Pendapatan dari iklan google adsense meningkat tajam dan bisa PO dalam sebulan.

3. Tiga minggu kemudian saya mengganti template lagi dengan template responsive valid html5 juga. Hasilnya, trafik naik luar biasa. Pengunjung unik mencapai 1.400 VU perhari dengan 10.000 pageview perhari. Sebuah peningkatan trafik yang gila. Sebanyak 98% visitor datang dari google dan 2% datang dari followers serta google+.

Penghasilan adsense meningkat tajam. Saya langsung membayangkan betapa senangnya jika setiap bulan saya mendapat gaji sekitar 3 juta dari google hanya dengan bekerja 3 jam di dalam kamar. Hasil adsense bulan itu langsung saya gunakan untuk membeli hosting bisnis dengan bandwitch unlimited untuk jangka 3 tahun, dan sisanya saya gunakan membeli sebuah Ipad. Kemudian saya berencana penghasilan bulan berikutnya akan saya gunakan untuk membeli lisensi vbuletin seharga 3,5 juta untuk membangun website forum.

* Namun sayang! Trafik mencapai 1,4 k dan pageview 10 ribu perhari hanya berlangsung dalam sebulan saja. Besoknya trafik blog saya terjun bebas seperti orang terjatuh dari tebing tinggi yang curam dan terjal. Mau bangun lagi rasanya setengah mati dan berjalan rasanya seperti tertatih-tatih. Iklan adsense langsung saya lepas karena saya langsung putus asa. Apa sebabnya?

( i ) Trafik blog yang turun mendadak akan sulit untuk naik lagi, kecuali kita harus bersabar menunggu waktu dan rajin update seperti ketika kita membuat blog baru. Anggap saja blog kita saat ini artikelnya sedang kosong dan perlu diisi lagi dengan konten orisinil dan berkualitas seperti dulu. Saya tidak tahu kapan trafik blog saya akan kembali 1,4 k dan 10 ribu pageview perhari. Mungkin bulan depan atau tahun depan. Itupun jika saya terus rajin update seperti dulu.

Sekarang pertanyaannya adalah:

Mengapa trafik blog yang naik drastis bisa terkena deindex?

Karena google tidak menyukai hal apapun yang dianggap tidak wajar atau berlebihan. Trafik blog naik secara drastis dalam waktu singkat mungkin akan terdeteksi sebagai spam.

Siapa yang membuat trafik blog saya naik drastis dan turun drastis?

Tentunya google. Karena saya hanya bisa update artikel saja, sedangkan algoritma pencarian 100% ditangan google.

Harapan saya semoga google mengembalikan trafik blog saya dengan cepat, karena saya tidak pernah melakukan tindakan spam apapun. Dan sekarang sudah ada tanda-tanda trafik blog ini mulai naik lagi. Artikel yang tadinya disingkirkan dari hasil penelusuran kini sudah mulai tampil lagi di halaman pertama google. Alhamdulillah.

Sekian dulu saya berbagi kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Blog Terkena Deindex Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Gigi.

Bagikan:
110 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.