Trafik Blog Anda Turun Tiba-tiba? Begini Cara Mengatasinya

Halo juragan… Trafik blog turun tiba-tiba? Siapa takut?! Mulai kemarin hingga hari ini saya menulis artikel ini, trafik blog ini turun drastis. Sekitar 90% trafik blog ini yang mayoritas datang dari google search hilang total. Namun saya tidak khawatir sama sekali, apa lagi takut. Karena ini adalah hal biasa dan saya sering mengalaminya.Seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya tentang Penyebab Trafik Blog Sulit Naik, bahwa hal itu wajar. Setiap hari jutaan artikel baru diposting di internet, sementara jumlah halaman pertama google hanya tersedia untuk 10 postingan saja. Maka sudah jelas bahwa artikel kita akan bertarung melawan jutaan artikel berkualitas lainnya.

* Namun, kali ini bukan masalah itu penyebab trafik blog ini turun. Dugaan saya adalah google sedang memperbarui algoritmanya sejak beberapa hari terakhir. Analisis ini didasari dengan trafik beberapa blog teman-teman yang juga anjlok. Saya melihat “sitelink” blog milik teman-teman di google pada rusak, termasuk sitelink milik blog ini juga rusak seperti gambar dibawah ini.

Saya mencoba cari tahu di Search Engine Land, Danny Sulivan tidak mengumumkan adanya update algoritma google, kecuali hanya informasi seputar pengukuhan hak patent algoritma google panda saja. Dan terkadang update algoritma google dilakukan secara diam-diam sehingga webmaster yang terkena dampaknya akan bertanya-tanya. Untuk mengoptimalkan blog agar sesuai dengan algoritma google terbaru silakan baca juga Cara Terbaru Mengoptimalkan Blog Era Hummingbird.

Perlu kita tahu, tidak semua blog terkena dampak dari update algoritma google. Blog saya satunya yang tidak pernah saya update tetap bagus trafiknya. Namun blog ini yang sering saya update malah jatuh. Mengapa bisa terjadi? Berikut ini ada beberapa penjelasan.

( ? ) Bagaimana cara mengembalikan trafik blog yang hilang akibat terkena dampak update algoritma google? Mudah! Seperti cara-cara yang saya gunakan sebelumnya.

1. Pertama tanyakan pada diri sendiri. Apakah terdapat banyak link milik blog lain yang tertaut di blog anda dan muncul di setiap halaman? Misalnya: link-link iklan mandiri di sidebar milik blog lain yang beraliran dofollow. Jika blog anda sendiri tidak didukung oleh baclink yang kuat, maka lama-lama blog anda akan tumbang. Oleh karena itu solusinya adalah perkayalah blog anda dengan inbond link yang berasal dari blog-blog berdomain tingkat atas.

Jika blog anda berprofesi menayangkan iklan mandiri, jangan gunakan hosting gratis terus-menerus, namun sebaiknya anda mengupgrade hosting anda ke hosting premium atau lebih baik lagi anda menggunakan hosting kelas bisnis. Dijamin blog anda akan memiliki peringkat yang kuat di SERP google meskipun banyak memasang iklan mandiri beraliran dofollow. Memang hosting bisnis harganya lebih mahal daripada hosting premium, namun hasilnya dijamin tidak mengecewakan.

Ingat! Pemilik iklan mandiri semuanya menggunakan hosting premium. Maka jika anda memasang terlalu banyak iklan mandiri di blog berhosting gratis, maka blog anda ibarat seperti kerbau menggendong gajah.

2. Kembalikan trafik yang hilang. Caranya adalah anda buka webmaster tools, lalu submitkan kembali sitemap anda.

Kemudian temukan Fetch as Google atau Ambil sebagai Google. Lalu silakan di fetch sitemap anda disitu dan juga URL homepage. Lihat gambar dibawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar

Setelah itu tetaplah update normal seperti biasanya. Tunggu beberapa hari, maka trafik blog anda akan pulih seperti semula.

Note: Namun jika anda menggunakan hosting premium maupun hosting bisnis, anda tidak perlu khawatir trafik blog anda jatuh asalkan tidak melanggar pedoman mutu webmaster google, seperti tindakan mengirim komentar spam secara masal dan sejenisnya.

Studi Kasus

Beberapa hari terakhir saya memasang 4 iklan dengan link beraliran dofollow milik situs pengiklan dan muncul pada setiap halaman di blog ini. Sementara itu situs pengiklan tersebut telah diupgrade ke hosting kelas bisnis dengan bandwidth unlimited, sedangkan blog ini menggunakan hosting gratis dari blogger. Tentu saja blog Juragan Cipir ini langsung tenggelam dari SERP google dan akhirnya trafik blog ini hilang seketika. Dari 10.000 pageview perhari menjadi 1000 pageview perhari. Saya langsung melepas iklan banner dari blog ini agar trafik blog ini kembali pulih.

Namun jika kita memasang link blog kita di website lain, maka peringkat blog kita akan cepat naik. Jika anda ingin membuktikan, cobalah anda menulis artikel di kaskus. Kemudian tanamkan url blog anda di postingan anda disana. Beberapa hari kemudian periksalah inbond link di webmaster tools anda. Maka anda akan melihat inbond link yang berasal dari kaskus berada dibagian paling atas. Itu pertanda blog anda menerima inbond link yang kuat dari kaskus. Backlink kuat bukan hanya berasal dari situs berpagerank tinggi saja, tetapi bisa juga dari situs dengan hosting berkualitas.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan ke teman-teman, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Mengapa Trafik Blog Anda Sepi? Inilah 7 Penyebabnya.

Bagikan:
168 Comments
  1. Hiendrich Accid Burn

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.