Tips/Cara Eksport Blog, Import Blog dan Hapus Blog di Blogger

Halo juragan… Berikut ini tips dan trik dari 3 hal yang ada di blogger, yaitu mengeksport artikel di blog, mengimport artikel di blog dan menghapus blog secara permanen atau menghapus website anda di blogger.

Beserta pengertian atau definisi tentang “eksport blog, import blog dan hapus blog” yang perlu kita ketahui agar kita memahami apa yang kita lakukan.

Mengapa tiga hal ini kita lakukan?

Sebelum kita melakukan 3 hal tersebut, marilah kita pahami dulu fungsi dari 3 fitur yang ada di blogger ini, khususnya bagi para webmaster pemula, namun para master senior juga boleh menyimaknya.

I. Mengeksport Blog

Mengeksport blog adalah mengunduh atau mendownload file yang ada di blog kita untuk disimpan ke dalam komputer kita atau ke hard drive, flashdisk, USB Data, atau tempat penyimpanan sejenisnya. File ini mencakup seluruh isi konten, misalnya artikel teks, gambar, video, musik, dan apa saja yang ada di blog kita. Ketika anda sedang mengeksport blog, file yang ada di blog anda tidak akan terpengaruh atau tidak akan hilang.

Tujuan mengeksport blog adalah untuk mengamankan file tersebut dari kemungkinan akun kita dibajak orang atau kemungkinan lain yang membuat blog kita hilang, terhapus atau kehilangan akses ke akun kita karena lupa password. Dengan kata lain, meng-eksport blog bertujuan untuk mem-back up blog.

Sehingga dengan menyimpan file-nya, maka kita bisa memasukkan artikel-artikel yang tersimpan di file tersebut yang telah kita tulis dengan susah payah ke dalam blog baru yang kita buat lagi.

Jika anda rajin update, mengeksport file blog sebaiknya dilakukan setidaknya seminggu sekali atau maksimal sebulan sekali. Dengan catatan setiap kali anda mengeksport file blog, maka file yang lama yang tersimpan di komputer anda harus dihapus agar tidak tumpang tindih yang bisa membingungkan anda sendiri nantinya.

II. Mengimport Blog

Mengimport blog adalah mengunggah atau mengupload file blog yang tersimpan di komputer atau USB Data ke dalam blog milik anda di internet. Blog yang diisi file tersebut bisa berupa blog baru ataupun blog anda yang lain, dengan catatan file yang ada di blog lama atau blog asalnya harus anda hapus semua agar tidak terjadi duplikat konten di internet, yang nantinya bisa menyebabkan blog anda jauh dari SERP atau halaman mesin pencari.

Mengimport file blog ini hanya dilakukan sekali saja ketika anda mempunyai sepotong file yang ingin anda unggah ke blog.

III. Menghapus Blog

Menghapus blog adalah tindakan menghapus situs milik anda secara permanen agar situs anda hilang dari internet untuk selamanya. Alasan yang paling umum menghapus blog ini adalah karena anda sudah tidak suka dengan blog tersebut dan ingin membuat blog lain yang baru, atau anda memang ingin berhenti dari aktivitas ngeblog.

Namun sebelum anda menghapus blog, anda harus mengeksport file-nya lebih dulu dan disimpan di komputer atau USB Data. Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu anda ingin membuat blog lagi maka anda bisa menggunakan file yang lama sebagai bahan artikel tambahan.

Bagaimana cara mengeksport blog, mengimport blog, atau menghapus blog?

1. Login ke dasbor blogger anda dan pilih blog yang ingin anda kelola, kemudian klik Setelan dan pilih Lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini;


2. Di tempat itu, silakan pilih opsi yang ingin anda lakukan di bagian tengah atas. Eksport blog, Import blog atau Hapus Blog. Silakan lihat gambar di bawah ini;

Silakan klik salah satu, mana yang ingin anda lakukan. Setelah anda mengklik Eksport blog, Import blog atau Hapus blog, maka ikutilah petunjuk selanjutnya sampai apa yang anda inginkan berhasil atau sukses.

Ketiganya tidak ada yang sulit dan tidak perlu saya jelaskan langkah-langkahnya karena disitu akan dijelaskan secara lebih jelas oleh blogger.

Sebagai catatan, ketika anda mengimport blog, anda mempunyai 2 pilihan. Anda bisa langsung mem-publish semua artikel secara otomatis atau mem-publish satu persatu secara manual setelah proses import selesai. Tergantung mana yang anda suka.

Jika anda ingin artikel langsung terpublish otomatis secara keseluruhan, maka anda harus mencentang Publish Automatically sebelum proses mengunggah dimulai.

Begitulah, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Pasang Template Luar di Blogger Versi Terbaru.

Bagikan:
56 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.