Tips Terbaru Buat Blog Yang Layak Diapprove Adsense

Halo juragan…. Jika anda belum pernah memiliki akun google adsense dan anda tertarik untuk mendaftar ke adsense, marilah kita persiapkan masak-masak blog anda sebelum mendaftar agar tidak ditolak. Karena jika pernah ditolak maka blog anda akan ditandai dan biasanya sulit untuk disetujui pada pendaftaran berikutnya.

Hal ini saya ketahui dari beberapa teman saya yang mendaftar berulangkali tidak disetujui, dan akhirnya mereka disetujui setelah melakukan langkah-langkah seperti yang tertulis dibawah ini.

Saat tahun 2013 ini mendaftar google adsense sangat sulit, tidak semudah dulu lagi karena google benar-benar sangat ketat dalam menyeleksi blog yang layak untuk dijadikan publishernya. Blog yang layak untuk diapproved adalah blog yang benar-benar mematuhi kriteria google adsense.

Yaitu mematuhi kebijakan program adsense (adsense program policies) serta memenuhi syarat ketentuan (S&K) dan tidak menyimpang dari peraturan yang tertera di dalam TOS (term of service). Ketiga syarat utama ini harus benar-benar anda pahami sebelum anda membuat blog.

Sekarang langsung aja kita bahas bersama agar blog yang juragan daftarkan segera disetujui sepenuhnya. Pastikan anda memiliki blog yang layak atau eligible.

Langkah Pertama

Buatlah blog atau website. Anda bisa menggunakan top level domain (TLD) seperti www.example.com, atau menggunakan blogger seperti http://example.blogspot.com. Saran saya, sebaiknya gunakan blogger saja karena blogger memiliki fitur terlengkap dan telah terasosiasi sepenuhnya dengan google adsense.

Jika anda menggunakan blogger, gunakan template bawaan blogger dan pasanglah tujuh artikel di halaman utama (homepage) agar sesuai dengan setelan default blogger. Dan jangan gunakan auto readmore agar postingan anda terbuka lebar seperti blog-blog resmi milik google.

Langkah Kedua

Tulislah artikel orisinil dengan tangan anda sendiri minimal sekitar 50 artikel. Satu hari satu artikel, jadi anda perlu waktu sekitar dua atau tiga bulan untuk menulis (memang harus sabar gan). Juragan boleh menulis artikel dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Usahakan artikel anda tidak ada yang menyamainya di internet, namun kaya informasi dan bermanfaat bagi pengguna. Artinya tulisan anda dicari oleh pengguna atau pembaca (berkualitas). Jadi jangan menulis artikel yang galau.

Perhatikan!

– Tulislah artikel seperti anda menulis di buku. Jangan menautkan link di area postingan karena hal itu tidak disukai oleh pembaca. Jangan mewarnai huruf atau cetak tebal dan sebagainya yang tidak tidak bermanfaat bagi pembaca. Pokoknya tulislah artikel seperti anda menulis di buku. Kecuali untuk memberi kejelasan kepada pembaca, anda boleh memberi tanda huruf cetak tebal atau garis bawah atau juga tanda petik seperlunya saja.

– Jangan mengambil gambar yang ada di internet. Berilah gambar karya anda sendiri. Anda bisa membuatnya dengan paint, photoshop, atau memotret sendiri. Usahakan satu artikel minimal satu gambar.

Semua ini bertujuan agar blog anda memberikan nilai tambah dan bermanfaat positip bagi pengalaman pengguna atau pembaca. Hal itu disukai oleh google.

Langkah Ketiga

Buatlah navigasi blog yang bagus. Artinya, pembaca harus bisa mengetahui semua isi blog anda dengan mudah. Caranya, buatlah sitemap (daftar isi) di sidebar, pasanglah blog archive, popular posts. Jangan menautkan link apapun yang tidak bermanfaat sama sekali bagi pembaca.

Perhatikan!

Jangan mencari-cari backlink, jangan menautkan link milik blog lain. Janganlah menggunakan optimasi yang tidak pernah disarankan oleh google seperti seo onpage dan seo offpage. Optimasikan blog anda dengan menggunakan seo webmaster tools. Selain itu buatlah akun google analytics dan pasanglah kode pelacakan di blog anda, agar blog anda akrab dengan google.

Langkah Keempat

Jika blog anda sudah berumur setidaknya 2 atau 3 bulan dan artikelnya diupdate secara rutin hingga mencapai 50 postingan, silakan didaftarkan di google adsense.

Perhatikan!

Untuk domain tingkat atas:

– Jika anda menggunakan domain tingkat atas (mis.www.example.com), maka anda harus membuat akun google dulu dengan gmail. Anda harus membuat email dari gmail yang akan digunakan mendaftar ke google adsense nantinya.

– Setelah akun google jadi anda harus memverifikasi situs anda. Caranya buatlah akun google analytics dengan menggunakan gmail anda, lalu pasanglah kode pelacakan yang diberikan google analytics ke situs anda. Pasang di html template anda dengan mengikuti petunjuk disitu.

– Setelah situs anda terverifikasi silakan anda mendaftar adsense melalui www.adsense.com dan ikuti petunjuk pendaftaran disana sampai selesai.

– Periksalah gmail anda dua jam setelah aplikasi terkirim. Jika review pertama selama dua jam disetujui, anda harus login ke akun adsense untuk mengambil kode iklan. Di sana ada peringatan warna merah bahwa aplikasi anda sedang dalam review. Lalu pasanglah kode iklan di blog anda dengan cara yang benar dan mematuhi kebijakan penempatan iklan. Maksimal 3 unit iklan saja, dan pasanglah unit iklan yang berbeda ukuran. Untuk sementara iklan kosong akan tampil di blog anda.

Untuk Blogger:

– Jika anda menggunakan blogger (mis.http://example.blogspot.com), anda cukup mendaftar melalui dasbor blogger saja dan tidak perlu repot seperti menggunakan domain tingkat atas. Disitu ada tab penghasilan atau earning. Silakan mendaftar disitu dan ikuti proses pendaftaran sampai selesai. Iklan kosong akan terpasang secara otomatis di blog anda tanpa anda menyalin kode adsense. Anda tidak perlu menyalin kode iklan di akun adsense.

– Periksa gmail anda dua jam setelah aplikasi terkirim untuk melihat status pendaftaran. Jika review pertama ini disetujui, biasanya anda tidak mendapatkan email apa-apa. Atau bisa juga anda mendapat email pemberitahuan tentang status pendaftaran dan saran berikutnya, maka ikutilah saran tersebut.

Terakhir
– Biasanya dalam waktu 48 jam iklan adsense akan muncul di blog anda. Atau bisa juga seminggu atau sebulan kemudian, tergantung dari antrian jumlah pendaftar. Pada akhirnya anda akan mendapat email bahwa aplikasi anda telah disetujui sepenuhnya dan anda berhak untuk menjadi bagian dari google adsense.

Sekian dulu tips dari juragan cipir tentang cara mendaftar adsense paling ampuh tahun 2013. Semoga bermanfaat bagi tuan juragan dan nyonya juragan.

Berikutnya>> Cara Menaikkan Earning Adsense Bekerjasama Dengan Pengiklan

Bagikan:
70 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.