Tips Terbaru Buat Blog Yang Layak Diapprove Adsense

Halo juragan…. Jika anda belum pernah memiliki akun google adsense dan anda tertarik untuk mendaftar ke adsense, marilah kita persiapkan masak-masak blog anda sebelum mendaftar agar tidak ditolak. Karena jika pernah ditolak maka blog anda akan ditandai dan biasanya sulit untuk disetujui pada pendaftaran berikutnya.

Hal ini saya ketahui dari beberapa teman saya yang mendaftar berulangkali tidak disetujui, dan akhirnya mereka disetujui setelah melakukan langkah-langkah seperti yang tertulis dibawah ini.

Saat tahun 2013 ini mendaftar google adsense sangat sulit, tidak semudah dulu lagi karena google benar-benar sangat ketat dalam menyeleksi blog yang layak untuk dijadikan publishernya. Blog yang layak untuk diapproved adalah blog yang benar-benar mematuhi kriteria google adsense.

Yaitu mematuhi kebijakan program adsense (adsense program policies) serta memenuhi syarat ketentuan (S&K) dan tidak menyimpang dari peraturan yang tertera di dalam TOS (term of service). Ketiga syarat utama ini harus benar-benar anda pahami sebelum anda membuat blog.

Sekarang langsung aja kita bahas bersama agar blog yang juragan daftarkan segera disetujui sepenuhnya. Pastikan anda memiliki blog yang layak atau eligible.

Langkah Pertama

Buatlah blog atau website. Anda bisa menggunakan top level domain (TLD) seperti www.example.com, atau menggunakan blogger seperti http://example.blogspot.com. Saran saya, sebaiknya gunakan blogger saja karena blogger memiliki fitur terlengkap dan telah terasosiasi sepenuhnya dengan google adsense.

Jika anda menggunakan blogger, gunakan template bawaan blogger dan pasanglah tujuh artikel di halaman utama (homepage) agar sesuai dengan setelan default blogger. Dan jangan gunakan auto readmore agar postingan anda terbuka lebar seperti blog-blog resmi milik google.

Langkah Kedua

Tulislah artikel orisinil dengan tangan anda sendiri minimal sekitar 50 artikel. Satu hari satu artikel, jadi anda perlu waktu sekitar dua atau tiga bulan untuk menulis (memang harus sabar gan). Juragan boleh menulis artikel dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Usahakan artikel anda tidak ada yang menyamainya di internet, namun kaya informasi dan bermanfaat bagi pengguna. Artinya tulisan anda dicari oleh pengguna atau pembaca (berkualitas). Jadi jangan menulis artikel yang galau.

READ  Cara Mengambil Kode Iklan Adsense Yang Hilang di Akun

Perhatikan!

– Tulislah artikel seperti anda menulis di buku. Jangan menautkan link di area postingan karena hal itu tidak disukai oleh pembaca. Jangan mewarnai huruf atau cetak tebal dan sebagainya yang tidak tidak bermanfaat bagi pembaca. Pokoknya tulislah artikel seperti anda menulis di buku. Kecuali untuk memberi kejelasan kepada pembaca, anda boleh memberi tanda huruf cetak tebal atau garis bawah atau juga tanda petik seperlunya saja.

– Jangan mengambil gambar yang ada di internet. Berilah gambar karya anda sendiri. Anda bisa membuatnya dengan paint, photoshop, atau memotret sendiri. Usahakan satu artikel minimal satu gambar.

Semua ini bertujuan agar blog anda memberikan nilai tambah dan bermanfaat positip bagi pengalaman pengguna atau pembaca. Hal itu disukai oleh google.

Langkah Ketiga

Buatlah navigasi blog yang bagus. Artinya, pembaca harus bisa mengetahui semua isi blog anda dengan mudah. Caranya, buatlah sitemap (daftar isi) di sidebar, pasanglah blog archive, popular posts. Jangan menautkan link apapun yang tidak bermanfaat sama sekali bagi pembaca.

Perhatikan!

Jangan mencari-cari backlink, jangan menautkan link milik blog lain. Janganlah menggunakan optimasi yang tidak pernah disarankan oleh google seperti seo onpage dan seo offpage. Optimasikan blog anda dengan menggunakan seo webmaster tools. Selain itu buatlah akun google analytics dan pasanglah kode pelacakan di blog anda, agar blog anda akrab dengan google.

Langkah Keempat

Jika blog anda sudah berumur setidaknya 2 atau 3 bulan dan artikelnya diupdate secara rutin hingga mencapai 50 postingan, silakan didaftarkan di google adsense.

Perhatikan!

Untuk domain tingkat atas:

– Jika anda menggunakan domain tingkat atas (mis.www.example.com), maka anda harus membuat akun google dulu dengan gmail. Anda harus membuat email dari gmail yang akan digunakan mendaftar ke google adsense nantinya.

– Setelah akun google jadi anda harus memverifikasi situs anda. Caranya buatlah akun google analytics dengan menggunakan gmail anda, lalu pasanglah kode pelacakan yang diberikan google analytics ke situs anda. Pasang di html template anda dengan mengikuti petunjuk disitu.

– Setelah situs anda terverifikasi silakan anda mendaftar adsense melalui www.adsense.com dan ikuti petunjuk pendaftaran disana sampai selesai.

READ  Titik Aman Berhenti Kerja Dan Fokus Adsense

– Periksalah gmail anda dua jam setelah aplikasi terkirim. Jika review pertama selama dua jam disetujui, anda harus login ke akun adsense untuk mengambil kode iklan. Di sana ada peringatan warna merah bahwa aplikasi anda sedang dalam review. Lalu pasanglah kode iklan di blog anda dengan cara yang benar dan mematuhi kebijakan penempatan iklan. Maksimal 3 unit iklan saja, dan pasanglah unit iklan yang berbeda ukuran. Untuk sementara iklan kosong akan tampil di blog anda.

Untuk Blogger:

– Jika anda menggunakan blogger (mis.http://example.blogspot.com), anda cukup mendaftar melalui dasbor blogger saja dan tidak perlu repot seperti menggunakan domain tingkat atas. Disitu ada tab penghasilan atau earning. Silakan mendaftar disitu dan ikuti proses pendaftaran sampai selesai. Iklan kosong akan terpasang secara otomatis di blog anda tanpa anda menyalin kode adsense. Anda tidak perlu menyalin kode iklan di akun adsense.

– Periksa gmail anda dua jam setelah aplikasi terkirim untuk melihat status pendaftaran. Jika review pertama ini disetujui, biasanya anda tidak mendapatkan email apa-apa. Atau bisa juga anda mendapat email pemberitahuan tentang status pendaftaran dan saran berikutnya, maka ikutilah saran tersebut.

Terakhir
– Biasanya dalam waktu 48 jam iklan adsense akan muncul di blog anda. Atau bisa juga seminggu atau sebulan kemudian, tergantung dari antrian jumlah pendaftar. Pada akhirnya anda akan mendapat email bahwa aplikasi anda telah disetujui sepenuhnya dan anda berhak untuk menjadi bagian dari google adsense.

Sekian dulu tips dari juragan cipir tentang cara mendaftar adsense paling ampuh tahun 2013. Semoga bermanfaat bagi tuan juragan dan nyonya juragan.

Berikutnya>> Cara Menaikkan Earning Adsense Bekerjasama Dengan Pengiklan

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

70 komentar

  1. waw, hebat nih..<br />salam kenal ya..

  2. salam knal jg n salam sahabat…<br />makasih kunjungannya kawan…

  3. Terima Kasih Informasi nya ya Mbak indri.Saya ingin sekali blog saya menggunakan adsense di dalamnya agar bisa menambah penghasilan saya.Artikelnya bermanfaat mbak.

  4. Mbak Indri Mohon sedikit Pencerahannya ya mbak apakah blog saya sudah termasuk Blog layak adsense atau belum.Blog nya masih berusia 2 minggu mbak tapi jika blog saya nanti sudah berusia 2 – 3 bulan apa bisa ikut adsense.Terima kasih

  5. makasih juga mampirnx mas Dory. Jika sekiranya blog mas sdh mematuhi kriteria google adsense n artikel sdh cukup silakan aja didaftarkan. jgn takut ditolak, jika ditolak ntar daftar lagi dan daftar lagi. biasanya diterima setelah 3-5 x mndaftar dgn artikel itu juga.

  6. ane udah daftar 3 tahun lalu tapi belum pernah payout…

  7. ane jg gitu kawan, bahkan uda 3thn lebih blm prnah PO, ckckck… thanks uda mampir.

  8. Gambar Gravatar situsdownloadgratis berkata:

    Kalau saya malah ga minat sama google adsense, mending yang lokal saja, kalo ngga yang CPM, kenapa? selain minimum PO nya rendah, kita juga ga was was di banned, bikin artikel ga bingung TOS-TOS an, hehe..<br />Cuma modal 5 blog download gratis = 300k sebulan, kalo adsense?<br />Cuma perbandingan aja, lain orang mungkin lain rejeki, hehe..<br />mampir ya ke blog baru saya..

  9. benar juga sih mas, kalau selain adsense kita gak usah mikir tos-tosan, hehehe 🙂 tapi saya bisanya hanya main adsense doang,,, semoga aja aman.<br /><br />klu download gratis mantab sekali yach,,, 5 blog bisa dapat 300k/perbulan,,, luar biasa!<br />salam sukses aja mas,,, makasih telah berkunjung…

  10. makasih juga kunjungannya 🙂

  11. Blog saya masih seumuran jagung mbak 🙁

  12. hmm, mana blogku pake read more lagi T_T, 50 artikel? belum nyampe juga, hehe

  13. duh padahal saya suka sekali mencari backlink tapi ternyata tidak disukai adsense

  14. Aku pemula ni mau mencobanya doain ya kawan mudah mudahan berhasil<br />

  15. Aku pemula ni mau mencobanya doain ya kawan mudah mudahan berhasil<br />

  16. Mbak Indri, bagaimana caranya ya daftar ulang ke google adsense jika akun yang sudah pernah di daftar ditolak dan dinyatakan akun yang tidak aktif ? Makasih

    1. harus daftar lagi pakai email baru mbak, krn email lama telah ditandai dan gak bisa dipakai lagi 🙁 lalu akun baru tersebut silakan diundang sebagai admin blog tersebut, lalu daftarkan lagi ke adsense :D<br /><br />jgn lupa perbaiki dulu kekurangan blog biar gak ditolak lagi 🙂

      1. mbak saya baru masang iklan adsense di blog saya, apakah sudah benar?? mohon petunjuk.. maaf saya tidak menautkan link blog saya.. khawatir dikira spam

  17. Mba dulu waktu daftar pakai platform blogspot atau sudah domain tld pribadi?

    1. saya mendaftar adsense pakai blogspot 😀

  18. Punya saya tertulis &quot;Your blog doesn&#39;t currently qualify for AdSense&quot; Bagaimana untuk mendapatkannya?

    1. terkadang disebabkan krn umur pemilik akun google tsb blm ada 18 tahun 🙂

  19. luar biasa.. ini sumber penghasilan yg tidka terhingga buat blogger.. selamat buat admin salam hangat dan ditunggu indo infonya lagi ..

  20. alhamdulillah saya sudah terdaftar di ga dan alhamdulillah juga dari situ saya sudah bisa menghasilkan beberapa kali

  21. Blog saya masih belum memenuhi syarat untuk adsense, pada menu penghasilan tombol daftarnya masih belum bisa di akses 🙁 apakah ada cara untuk melihat suatu blog yang sudah memenuhi syarat atau tidaknya?

    1. yang tahu suatu blog memenuhi syarat adsense atau tidak cuma google sendiri, karena mereka yg menentukannya hehehe 😀

  22. mbak indri saya mau tanya, kalau saya membuat blog yang isinya tentang puisi dan curahan hati, itu disukai google adsense gak mbak?<br />terima kasih

    1. kenapa tidak 😀 saya sendiri aja juga banyak menulis artikel curhat yg ngelantur kemana-mana, lalu saya pasangi adsense hehehe :D<br /><br />yg penting gak melanggar kebijakan program adsense, embat aja hehehe 😀 toh buku harian juga bermanfaat bagi pembaca, catatan harian atau blog curhat adalah sharing sesama insan 🙂

      1. begitu ya mbak indri, saya mau tanya beberapa hal mbak<br /><br />1. kalau saya membuat blognya menggunakan template, misal seperti template yang mbak indri pakai sekarang bagaimana mbak? tidak memakai template bawaan yang sudah mbak jelaskan di atas?<br /><br />2. kalau misal dalam sehari saya bisa menciptakan 10 artikel, namun saya tiap hari hanya ingin publikasikan 2 artikel/hari, dan sisanya

  23. bagaimana mbak indri dengan pertanyaan saya di atas?

  24. 1. sebaiknya blog yg akan didaftarkan ke adsense menggunakan template bawaan blogger saja, dan jika sdh diapproved nanti silakan diganti dengan template lain sesukanya :D<br /><br />2. mempublish artikel secara terjadwal gak masalah dan itu tdk melanggar kebijakan program adsense :)<br /><br /><b>catatan:</b><br /><br />jika sdh punya akun adsense nanti usahakan perbanyak artikel secepatnya, tapi

  25. oh iya mbak indri. saya mendapatkan email dari GA &quot;Akun Google AdSense Anda telah diaktifkan sepenuhnya&quot; namun kodenya saya pasang di blog saya yang blogger wongjatim dan di blog yang lainnya kok belum muncul ya. tapi kalau saya cek melalui browser google chrome muncul, tapi kalau mozilla belum muncul ya. itu kenapa ya mbak indri?<br />klau di blog mbak indri ini kan muncul. terima kasih

    1. selamat ya mas Dion 🙂 biasanya harus menunggu beberapa jam atau 48 jam iklan akan tampil sempurna, dan selamat menikmati manisnya dollar dari adsense 😀 😀 😀

      1. iya mbak, makasih juga atas ilmu yang bisa saya petik dari tips yang di berikan oleh mbak indri. makasih sebanyak-banyaknya ya mbak indri. kalau deket ama rumah saya, saya anterin gemblong ama bugis mbak 🙂 😀

  26. Terimakasih informasinya mas.. sy sedang perbaiki blognya, sdh beberapa kali mendaftar masih ditolak.

  27. Ini nyoba daftar aja selalu gagal di review kedua. hadaaah..

  28. mohon petunjuk suhu. blog ane bisa ga di approve oleh adsense.

  29. asalammualaikum, bak indri dan teman teman yang lainnya, saya ingin menanyakan tentang point ini buatlah sitemap (daftar isi) di sidebar , yang dituliskan di artikel bak indri, sitemap yang di letakan disidebar yang sesuai dengan ADSENSE itu seperti apa ?

    Pertannyaan:
    1.apa berupa link yang mengarah ke halaman sitemap (static page )
    atau code script sitemap yang kita pasang di sidebar ?
    2. Selain Widget Sitemap, blog archive, popular posts, (Profile G+, recent post, dan label apakah wajib dipasang atau tidak)

    Mohon jawababnya untuk bak indri dan teman teman yang berkunjung ke blog ini. salam kenal semuannya.

    1. halo mas ahmad, silakan tulis pertanyaan di forum agar bisa mendapat penjelasan lebih jelas 😀

  30. Sudah hampir dua minggu iklan di blog tidak tampil…
    Solusinya gimana, ya…?

    1. silakan tulis pertanyaan di forum 😀

  31. Wah, lengkap bangetttt..
    Makasih mbak infonya, blog saya isinya tips-tips nulis sama cerpen-cerpen Tapi gaapa kaan kalo nyoba GA? hehe

  32. sulit sekali.. masih tetap di tolak

  33. Postingan ane udah 52 dalam sebulan 2 minggu. Apakah sudah layak di adsense ? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *