Tips Sukses Mengoptimalkan Adsense Via WordPress Selfhosting

Halo juragan… Berikut ini saya ingin berbagi lagi cara bermain adsense via wordpress dengan hosting sendiri alias selfhosting. Artikel ini saya ambil dari pengalaman pribadi dan ditambah dengan rekomendasi dari para suhu alias para master.

Selain lebih seo friendly, wordpress juga memiliki CTR lebih tinggi karena wordpress dilengkapi oleh plugin-plugin adsense super canggih yang bisa digunakan menempatkan iklan semau kita. Pendek kata, wordpress lebih mudah untuk digunakan mencari uang via google adsense karena memiliki lebih banyak fitur dalam hal per-adsense-an.

* Cara memaksimalkan pendapatan adsense via wordpress selhosting

Catatan: Saya menyarankan anda menggunakan bahasa inggris sebagai konten anda agar pendapatannya lebih besar, karena target visitor kita adalah luar negeri.

1. Research keywoed (riset keyword)

Sebelum kita melakukan apa-apa, pertama kali yang harus kita melakukan riset keyword. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan “keywords planer” atau “perencanaan kata kunci” di akun google adwords. Tentang caranya silakan anda cari tahu di google tentang “cara melakukan riset keyword adsense di google adwords”.

Ini bertujuan untuk menemukan kata kunci adsense ber-HPK tinggi dengan tingkat persaingan yang rendah atau setidaknya serendah mungkin. Jika kita sudah menemukan keyword paling tepat menurut kita, berarti kita telah mendapatkan 50% dari kesuksesan, begitu kata para master. Dan keyword temuan kita tersebut disebut “Keyword Utama”.

2. Beli domain dan hosting

Belilah domain dan hosting, Saya menyarankan belilah hosting dengan bandwitch unlimited. Lalu gunakan keyword utama dari hasil riset keyword tadi sebagai “nama domain” dan “judul blog”. Misalnya: nama domain http://hasilrisetkeyword.com, lalu judul blognya adalah Hasil Riset Keyword, Setelah itu di belakang judul blog berikan “keyword tambahan” untuk memperkuat keyword utama tadi. Sehingga hasilnya seperti ini: Hasil Riset Keyword ~ Keyword Tambahan.

Jadi setidaknya anda menggunakan 4 frase/kata sebagai judul blog, yaitu keyword utama dan keyword tambahan. Ini bertujuan untuk memenangkan kompetisi di halaman pencarian google dan untuk menargetkan iklan adsense agar lebih tertarget. Beberapa master lokal dan luar negeri biasanya menyisipkan keyword-keyword penting tersebut di meta tag yang terdapat di sumber laman alias di html template.

3. Gunakan desain web ber-CTR tinggi

Setelah anda selesai menginstal wordpress di cpanel, pilihlah theme yang “High CTR”. Artinya adalah desain blog yang bisa menghasilkan banyak klik. Ciri-ciri template high CTR ditandai dengan beberapa tanda, misalnya: loadingnya ringan, ruangan header tidak terlalu luas, templatenya tidak terlalu lebar, jarak antara navigasi tidak terlalu jauh, dan lain-lain yang intinya perhatian pengguna hanya akan mengarah ke konten dan iklan.

! Tapi jangan lupa, navigasi tetap harus banyak. Jangan memasang iklan adsense di blog tanpa elemen navigasi karena bisa dibanned.

Tentang warna latar theme/template menurut saya itu adalah relatif, karena kita bisa mengatur warna iklan agar bisa serasi, yang penting jangan gunakan warna template yang mencongkel mata.

4. Pasang iklan berkinerja terbaik

Sebelum mengimplementasikan iklan di blog anda, pastikan blog anda sudah memiliki konten yang cukup, yaitu setidaknya 15 artikel dan sudah berumur 2 minggu.

Lalu tempatkan 3 unit iklan yang paling bekerja optimal, yaitu 1 unit iklan ukuran 336×280 tepat dibawah judul postingan, lalu 1 unit iklan ukuran 336×280 tepat di bawah artikel, dan satunya lagi iklan ukuran 728×90 di header. Atau anda bisa menggantinya dengan ukuran lain yang lebih tepat dengan blog anda.

5. Update artikel secara rutin

Tulislah artikel bahasa inggris sesuai dengan niche anda tadi sebanyak 5 artikel perhari. Artikel tidak perlu terlalu panjang, 100 sampai 300 karakter saja sudah cukup. lalu sispkan setidaknya 1 gambar sebagai pendukung konten. Jika anda tidak bisa berbahasa inggris maka anda bisa menggunakan google translate lalu diedit sedikit-sedikit biar tidak diketawain oleh orang luar negeri.

Pekerjaan menulis artikel ini biasanya akan membuat kita kalah. Artinya, kita gagal sukses karena tidak mampu menulis artikel secara konsisten setiap hari dengan frekuensi yang sama.

Namun jika kita bisa mengalahkan ujian terakhir yang satu ini, insyaAllah anda akan mulai memasuki pintu gerbang sukses di adsense setelah 3 bulan anda memulainya. Demikian rekomendasi dari para master.

^^ Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga Memperbanyak Blog WordPress Untuk Mengoptimalkan Adsense.

Bagikan:
23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.