Tips Sederhana Memilih Cat Tembok Rumah

Memiliki rumah dengan tampilan yang menarik tentunya menjadi idaman bagi siapa saja. Salah satu cara membuat rumah terlihat lebih menarik adalah menggunakan cat tembok yang sesuai.

Permasalahannya, saat ini tidak semua orang tau bagaimana cara memilih cat tembok yang benar, hal ini sangat penting karena jika salah menentukan cat tembok, bisa-bisa nanti warna cat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk mengecat rumah idaman, berikut ini adalah tips memilih cat tembok yang perlu Anda pahami.

Pilih Cat Tembok Rumah Sesuai dengan Kebutuhan

Tahukah Anda ternyata cat tembok rumah memiliki banyak jenis diantaranya adalah, interior dan eksterior. Kedua jenis cat ini tentunya memiliki komposisi yang berbeda-beda. Untuk itu ketika memutuskan untuk membeli cat, beli lah sesuai dengan kebutuhan Anda jika ingin menggunakan cat tembok untuk di dalam rumah, pilih lah cat khusus interior, jika ingin menggunakan di luar rumah pilih lah cat khusus eksterior. Harga cat tembok untuk kedua jenis ini pada dasarnya sangat bervariatif, tergantung dari brand dan berat yang dibeli.

Pilih Warna yang Sesuai  

Pilih lah warna cat tembok yang sesuai dengan karakter Anda. Namun jika Anda bingung, Anda bisa melihat beberapa tips ini. Untuk bagian dinding interior rumah sebaiknya memilih warna yang netral seperti putih. Warna lainnya yang bisa Anda pilih adalah warna yang cerah. Warna yang cerah akan memberikan efek luas pada rumah.

Warna untuk kusen rumah Anda juga harus diperhatikan. Kusen merupakan elemen penting untuk rumah Anda. Warna yang cocok untuk kusen jendela atau pintu adalah warna gelap atau warna kayu. Jika Anda menggunakan aluminum maka warna tersebut sudah baik dan tidak perlu diubah lagi. Warna kusen dibuat dengan warna alam dan gelap agar terlihat lebih kuat dan kokoh.

Jangan Mengecat Saat Cuaca Mendung

Ketika mengecat sebaiknya jangan dilakukan disaat kondisi cuaca mendung atau habis hujan, karena dikhawatirkan akan ada air yang terperangkap di dalam tembok. Selain itu, sebelum mengecat Anda harus membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar nanti cat dapat merekat dengan baik.

Teknik Pengecatan

Agar mendapatkan hasil yang baik, Anda pun harus juga memperhatikan teknik pengecatan, caranya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna. Atau Anda bisa juga mengikuti dengan seksama segala petunjuk yang tertera pada kemasan cat.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.