Tips Mudik Dengan Bus

Saat mendekati lebaran nanti, mudik menjadi tradisi yang akan dilakukan oleh kebanyakan masayakat Indonesia. Mereka akan berbondong-bondong mengunjungi kampung halamannya untuk bersilahturahmi baik dengan transportasi darat, udara, maupun laut.

Menggunakan bus saat mudik sampai saat ini masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia dikarenakan harganya yang lebih murah. Selain itu, jangkauannya lebih dalam, dan bisa menuju ke daerah-daerah yang kamu tuju yang mungkin tidak bisa di jangkau oleh transportasi lainnya.

Lalu, bagaimana caranya agar mudik dengan bus menjadi lebih nyaman? Simak beberapa tips berikut ini.

Belilah Tiket di Agen Resmi

Biasanya ketika mendekati lebaran, calo-calo tiket mulai bertebaran. Mereka kerap mengaku sebagai petugas atau agen PO Bus resmi jika bertemu calon penumpang yang mencari tiket. Agar tidak tertipu, sebaiknya, datangi langsung loket agen PO Bus yang resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sekarang, ada sejumlah PO Bus yang menjual tiket secara online, dan bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk mendapatkan tiket agar perjalanan mudik dengan bus menjadi lebih nyaman.

Membawa Barang Bawaan Seperlunya

Ketika mudik menggunakan bus memang tidak ada batas maksimal kapasitas barang bawaan. Namun, bukan berarti kamu jadi membawa barang bawaan secara berlebihan. Hindari hal tersebut karena selain akan meropotkan kamu ketika dalam perjalanan, juga akan merepotkan penumpang lainnya, dan membuat bus menjadi penuh sesak.

Membawa Obat-Obatan Pribadi

Bagi kamu yang suka merasakan mabuk perjalanan, diharuskan untuk menyiapkan obat-obatan sendiri, selain obat anti mabuk kamu juga bisa menyiapkan minyak angin aroma terapi dan semacamnya untuk membuat kamu merasa nyaman selama dalam perjalanan mudik dengan bus.

Terutama bagi penderita penyakit khusus, kamu harus sadar akan kondisi kamu dan sudah siap sedia menyiapkan obat apa yang akan kamu butuhkan jika nanti di tengah perjalanan penyakit tersebut tiba-tiba kambuh.

Membawa Bekal untuk di Perjalanan

Saat mudik dengan bus, tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi kemacetan yang akan terjadi. Untuk mencegah kebosanan ketika terjebak dalam situasi kemacetan tersebut, pastikan membawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Selain membantu menghilangkan rasa bosan, makanan dan minuman tersebut juga bisa mengganjal perut sebelum bus kamu mampir ke restoran atau peristirahatan.

Selalu Waspada Terhadap Barang Berharga Kamu

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sepertinya peribahasa itu cocok buat kamu yang akan mudik dengan bus. Selalu waspadalah dengan barang-barang berharga yang kamu bawa. Jika saatnya bus berhenti untuk mampir ke peristirahatan dan mengharuskan kamu turun dari bus, sebaiknya bawalah barang-barang berharga kamu seperti handphone, dompet, dan barang berharga lainnya.

Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga tersebut didalam bus karena akan memberikan kesempatan pada oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri barang-barang berharga milik kamu saat bus sedang beristirahat.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mudik dengan bus agar perjalanan mudik kamu menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga perjalanan mudik kamu kali ini memberikan kebahagiaan untuk bisa berkumpul dengan keluarga. Dan yang terpenting sebelum bus berangkat, bacalah doa agar selamat sampai tujuan. Selamat mudik!

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.