Tips Merawat Seragam Kerja Biar Awet

seragam kerja

Setiap perusahaan pasti memiliki seragam bagi karyawannya. Mulai dari hari Senin sampai Sabtu, seragam yang dipakai jenisnya berbeda-beda. Tahukah Anda, konveksi seragam merupakan tempat dimana seragam kerja Anda diproses. Jadi, perusahaan dapat request bagaimana bahan yang digunakan dan model yang diinginkan. Masalahnya, seragam yang bagus tidak menjamin akan awet apabila perawatannya tidak optimal. Bahkan jika Anda abai terhadap perawatan seragam kerja, bukan tidak mungkin warnanya akan cepat pudar dan lawas. Penampilan yang demikian, tentu akan memengaruhi penilaian perusahaan pada Anda. Nah, biar fashion kerja tetap awet, pastikan untuk menyimak cara perawatannya berikut ini ya!

Perhatikan Label Saat Mencuci

Sama halnya seragam sekolah, seragam kerja pasti memiliki pemakaian yang lebih dari 9 jam sehari. Maka, usai digunakan harus segera untuk dicuci untuk menghilangkan keringat dan debu yang menempel pada pakaian. Namun, yang perlu diperhatikan, janganlah sembarangan langsung mencuci. Dalam seragam kerja, pasti diberikan label berisi petunjuk perawatan. Misalnya seragam harus dicuci menggunakan tangan atau dry clean, dan seragam yang harus diseterika pada suhu tertentu. Ingat, perawatan seragam yang tidak sesuai label, akan memengaruhi keawetan dari seragam itu sendiri.

Hindari Penggunaan Sikat Saat Mencuci

Lebih lanjut lagi mengenai cara perawatan fashion dari konveksi seragam kerja, hindari penggunaan sikat saat mencuci. Memang, tujuannya untuk membersikan kotoran yang menempel lebih cepat dan pasti. Namun, ketahuilah jika seragam diperlakukan secara “kasar” akan berakibat fatal. Begitupula pada pemakaian mesin cuci, gunakanlah mode slow saat hendak dicuci. Lebih disarankan untuk mencuci seragam menggunakan tangan biar seragam tetap aman. Cara tersebut juga terkenal ramah dan menjaga keawetan seragam.

Gunakan Deterjen yang Berkualitas

Khususnya wanita, pasti tergiur oleh deterjen yang murah dan efektif untuk menghilangkan noda. Namun, perlu diperhatikan jika kualitas deterjen merupakan hal penting yang harus Anda cari. Meski sedikit lebih mahal, lebih baik pilihlah untuk membeli deterjen tersebut. Dengan demikian, Anda dapat meminimalisir kerusakan pada pakaian akibat bahan deterjen yang bersifat tidak “ramah”.

Cuci Berdasarkan Warna Pakaian

Pada pakaian tertentu, terutama yang masih baru, pasti resisten terhadap air sehingga akan memudari pakaian lainnya karena luntur. Untuk menghindarinya, pastikan pisahkan tiap pakaian dengan warna sejenis. Biar menyita lebih banyak waktu, yang terpenting seragam kerja Anda tidak rusak.

Lepaskan Semua Aksesoris Seragam

Setiap pekerja pasti diberikan tanda pangkat atau name tag yang dipasang pada seragam kerja. Bahkan, ada pula yang membuang sisa tisu pada saku pakaian. Nah, untuk memudahkan proses pencucian fashion dari konveksi seragam kerja, usahakan untuk melepaskan segala aksesoris tersebut termasuk tisu-tisu dalam saku. Jika Anda lupa melakukannya, jangan kaget jika saat kering, tisu tersebut akan menempel pada saku pakaian Anda dan meninggalkan bekasnya.

Jemur Ditempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Nah, usai pakaian dari konveksi seragam kerja Anda dicuci bersih, lanjut untuk menjemurnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan supaya warna pakaian tidak cepat pudar. Biar membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pengeringannya, yang terpenting pakaian Anda tetap awet. Satu lagi, pastikan untuk membalik pakaian, bagian luar menjadi di bagian dalam saat menjemurnya. Hal ini dilakukan supaya warna pakaian tidak pudar.

Itulah beberapa cara merawat seragam kerja Anda supaya tetap nyaman dipakai. Pastikan lebih berhati-hati saat mencuci, menjemur, sampai menyimpan pakaian Anda ya!

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.