Tips Merawat Komputer

Komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan yang vital bagi kebanyakan orang. Apalagi di jaman sekarang yang serba internet dan online. Bisa dipakai untuk kerja, nonton film, main game, juga ngeblog hehe. Untuk itu meraat komputer juga penting hukumnya.

tips-merawat-komputer

Berikut tips simpel dari saya yang mungkin bisa diterapkan:

1. Close dan Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Semakin banyak aplikasi yang kamu buka akan menambah beban processor dan RAM komputer. Jadi, sebisa mungkin tutup saja aplikasi yang memang sudah tidak dibutuhkan untuk meringankan kerja komputer itu sendiri.

Selain itu kamu juga bisa menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan. Selain meringankan kerja komputer, memori harddisk juga akan lebih lega.

2. Pasang Antivirus

Virus dibuat untuk merusak file atau program di dalam komputer. Bahkan ada juga virus yang berjalan otomatis di background, sehingga menghabiskan resource RAM dan memberatkan processor. Untuk menghindari hal tersebut, pasanglah antivirus untuk mencegah komputer terjangkit virus.

Ingat, pasang 1 antivirus saja. Kalau 2 atau lebih malah tidak maksimal (rebutan). Jadi, psang 1 saja dan update secara berkala.

3. Defrag Harddisk

Defrag adalah proses untuk menata ulang file yang ada di komputer agar proses baca tulis yang dilakukan harddisk menjadi lebih cepat. Perlu diketahui, setiap kamu melakukan instal/uninstal aplikasi, memindah folder, mengahus folder dll akan membuat file di dalam harddisk menjadi acak-acakan. Nah defrag ini akan mengembalikan file tadi ke tempat semula, jadi pencarian file akan lebih cepat.

Tidak perlu sering-sering kok, 6 bulan sekali saja cukup.

4. Bersihkan Komponen System Unit

Setiap 6 – 12 bulan sekali bongkarlah system unit dan bersihkan komponen di dalamnya. Lepas dulu semua komponen mulai dari processor, RAM, harddisk, motherboard lalu bersihkan menggunakan kuas lembut sampai debu yang menempel hilang. Bersihkan terutama pada bagian kipas pendingin karena bagian sangat penting fungsinya, kalau sampai macet, kasian processor-nya.

Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.