Tips Menulis Postingan yang Disukai Pembaca dan Google (PART 1)

Menulis postingan? Ya, itu merupakan rutinitas yang dilakukan oleh blogger. Tidak bisa dimungkiri lagi, postingan yang berkualitas merupakan fondasi untuk mencapai tujuan setiap blogger, baik untuk menambah pengunjung, menghasilkan uang, ataupun memberi backlink ke situs utama dengan cara guest blogging. Simak juga Apa Sih Manfaat Menjadi Penulis Tamu di Blog Orang Lain?

Sayangnya, menulis postingan yang berkualitas bukanlah suatu hal yang mudah bagi sebagian blogger. Inilah sebabnya banyak blogger yang mengambil jalan pintas dengan cara meng-copy paste tulisan orang lain. Jangankan copy paste, sekarang di zaman yang serba canggih ini mainannya sudah serba otomatis, pencurian konten kini dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur feeds atau yang akrab disebut automatically generated content.

Untuk blogger yang ingin menghasilkan uang dalam jangka panjang, seharusnya hal demikian tidak dilakukan, sebab dalam beberapa waktu kemudian pasti akan ada dampak negatif dari penyalahgunaan konten.

Berikut ini saya menampilkan bagaimana cara membuat postingan yang berkualitas dan SEO friendly versi saya secara singkat dan jelas. Kalau begitu langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara menulis postingan berkualitas

1. Mencari ide postingan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari ide postingan. Ada dua cara favorit saya untuk menemukan ide postingan, berikut keduanya:

1.1. Brainstorming

Cara ini dapat dilakukan dengan mencatat ide-ide yang dikeluarkan otak kita. Cara ini cukup populer karena mudah untuk dilakukan. Persenjataan yang perlu Anda siapkan hanya satu, yakni media sebagai alat untuk memostingnya. Anda dapat menggunakan pulpen dan secarik kertas ataupun mengetiknya pada komputer Anda.

Langkah awal, tentukan dulu topik postingan yang ingin Anda buat, lalu tulislah ide-ide yang dikeluarkan otak Anda pada media yang telah disiapkan. Sebagai contoh, saya ingin membuat postingan dengan topik SEO, maka inilah hasil brainstorming dengan cara tadi:

  • Belajar SEO
  • Cara SEO
  • Cara membuat postingan yang SEO
  • Faktor SEO
  • Pengertian SEO
  • SEO on page
  • SEO off page

Bagaimana, gampang bukan?

1.2. Sontek postingan terpopuler dari website lain

Dengan melakukan cara ini, saya bisa menjamin Anda dapat memperoleh postingan yang akan ramai dikunjungi. Sebab postingannya sering dibaca pada website lain, hal tersebut tentu juga akan berdampak demikian apabila dipublikasikan pada website Anda (apabila isinya lebih baik daripada postingan kompetitor).

Simak juga 7 Kesalahan SEO Blogger Pemula yang Harus Dibenahi.

2. Pahami karakter pembaca Anda

Ini cukup penting, sebab bila diabaikan dapat menjadi masalah fatal terhadap blog Anda.

Pernahkah ketika Anda melihat postingan dari suatu website milik orang lain, namun Anda sama sekali tidak tertarik untuk membacanya? “Ah, artikel dari website ini sulit untuk dimengerti, cari yang lain aja.”

Saya pernah mengalaminya, akhirnya ketika bertemu lagi dengan konten dari website tersebut, saya jarang atau bahkan tidak pernah membacanya. Hal tersebut terjadi karena ketidaksesuaian antara pembaca dengan karakter postingan.

Sebagai contoh, blog Anda membahas mengenai lelucon. Biasanya target topik tersebut adalah orang muda. Lalu Anda membuat postingan dengan kata-kata yang teramat serius, baku, dan tidak ada unsur lelucon. Tentu terasa hambar bukan? Cukup membaca satu-dua baris, pembaca bisa langsung kabur dan mencari postingan lain.

Jadi intinya sebelum membuat postingan, tentukan dulu target pembaca Anda.

3. Riset keyword

Riset keyword adalah teknik untuk menganalisis kata kunci utama atau sekunder yang paling banyak ditelusuri.

Sebagai contoh, saya menganalisis empat kata kunci utama sebagai berikut:

  • cara mencari nisn
  • cara mengetahui nisn
  • cara memperoleh nisn
  • cara mengecek nisn

Ternyata saya mendapatkan laporan seperti ini:

cara-menganalisis-keyword

Dari hasil riset di atas, saya bisa mengetahui bahwa kata kunci yang paling banyak dibaca adalah cara mencari nisn. Dengan demikian, saya menggunakan kata kunci tersebut untuk saya olah jadi judul yang menarik. Hasilnya seperti ini: Cara Mencari NISN Siswa Secara Online.

Dan ternyata mendapatkan peringkat yang cukup memuaskan…

cara-mencari-nisn

 

…dan penayangan yang cukup banyak.

Screenshot-nisn

 

Untuk cara melakukannya, saya tidak akan terangkan di sini sebab sudah ada postingan lampau yang membahas mengenai hal tersebut. Anda dapat membaca pada postingan Riset Keyword di Google Planner.

4. Buat judul yang menarik untuk dibaca

Bandingkan:

  • Cara Menurunkan Berat Badan
  • 10 Cara Menurunkan Berat Badan Hingga 5 kg dalam Seminggu
  • Tips Langkah-langkah Cara Menurunkan Berat Badan | Alami | Lengkap

Yang mana kira-kira yang menarik untuk Anda baca? Besar sebagian orang pasti akan memilih poin kedua. Anda pasti sudah tahu alasannya. Ya, menarik. Menurunkan berat badan 5 kg dalam waktu satu minggu adalah keinginan setiap orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan.

Sedangkan judul pada poin pertama dan ketiga sangat tidak efektif. Yang pertama tidak mengandung kata-kata yang menarik untuk diklik. Paling parah yang ketiga, terlalu banyak mencantumkan kata kunci pada judul posting. Biasanya sih, yang seperti ini akan langsung dihajar oleh mesin pencari.

Selain judul tadi, bisa juga dibuat seperti ini: 15 Makanan Ini Harus Kamu Hindari Jika Ingin Terhindar dari Jerawat. Dengan menggunakan judul seperti itu, seakan-akan penulis dengan pembaca sedang berinteraksi secara langsung. Tentunya membuat judul yang menarik seperti dua contoh tadi dapat menggoda calon pembaca blog Anda untuk mengkliknya.

Tapi pastikan jumlah karakternya tidak lebih dari 70, bahkan lebih baik hanya sampai 60 menurut Moz. Karena judul yang terlalu panjang akan di-crop dalam hasil pencarian Google.

Mungkin cukup sekian dulu, nantinya pembahasan ini akan saya update pada postingan selanjutnya. Mohon maaf buat admin artikelnya jadi terbagi-bagi seperti ini, hanya takut membuat thread makin panjang. Hehehe… Jangan lupa baca juga lanjutannya Tips Menulis Postingan yang Disukai Pembaca dan Google (PART 2)

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.