Tips Menjalin Hubungan Kerjasama Dengan Mitra Bisnis Online

Halo juragan… Jika anda seorang pebisnis online atau internet marketer yang bekerja dengan melibatkan mitra bisnis, maka hal penting yang harus anda bangun adalah Hubungan Baik Dengan Mitra Bisnis.

Sebagai contoh, jika anda seorang penulis online atau “jasa artikel online”, maka sudah pasti anda akan memerlukan pembeli artikel ciptaan anda, dan mereka disebut mitra bisnis anda. Jika pembeli artikel anda sukses, maka mereka akan terus membeli artikel ciptaan anda.

Mitra bisnis atau klien ibarat seperti bagian anggota tubuh kita sendiri, jika ada satu anggota tubuh kita yang sakit maka seluruh tubuh kita akan ikut merasakan sakit. Mereka adalah “stakeholder” yang selalu membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu kesuksesan klien adalah kesuksesan anda, karena kesuksesan klien akan menopang kesuksesan bisnis anda.

bisnis online, internet marketing, cari uang, usaha sampingan

Satu mitra bisnis yang baik akan lebih bagus daripada seribu mitra bisnis yang hanya mementingkan kepentingannya sendiri.

Oleh karena itu, menjalin mitra bisnis harus dilakukan sejak awal dan perlu belajar. Bagaimana cara menjalin hubungan dengan mitra bisnis yang baik? Jawabannya luas karena meliputi apa saja yang anda geluti berdua bersama mitra anda.

Namun, ada beberapa hal pokok yang harus selalu anda terapkan bersama mitra anda.

Berikut ini tipsnya:

1. Keterbukaan
Keterbukaan ini bukan berarti anda harus membagikan rahasia-rahasia perusahaan anda kepada mitra maupun klien, tetapi sampaikan apa adanya kelemahan-kelemahan kita masing-masing sebelum melakukan kontrak kerja atau kerjasama.

2. Saling percaya
Saling percaya ini merujuk ke arah hubungan bisnis secara kekeluargaan. Bisnis jangan terlalu tegang, jika ada masalah apapun terkait bisnis anda maka bicarakanlah bersama secara kekeluargaan. Niscaya semua masalah akan teratasi jika dibicarakan dengan baik, asalkan kita tidak punya niat curang sama sekali.

3. Selalu berkomunikasi
Jika bisnis anda bersama klien sudah terjalin dengan baik dan berjalan lancar, tetaplah berkomunikasi dan saling berunding untuk menjaga kelangsungan bisnis anda berdua agar kesuksesan tetap terjaga.

4. Memikirkan keuntungan klien
Jangan memikirkan keuntungan diri sendiri, tetapi pikirkanlah keuntungan klien anda karena mereka adalah penopang bisnis anda. Tanpa klien yang sukses, niscaya bisnis anda tidak akan sukses. Kesuksessan pelanggan adalah sumber dari kesuksesan anda, karena jika klien-klien anda sukses maka mereka akan terus bisa bekerjasama dngan anda.

5. Jalin rasa kebersamaan
Jika klien/mitra mengalami masalah apapun yang bahkan tidak terkait dengan bisnis, maka anda harus peduli dengan masalah yang sdang mereka alami. Karena jika masalah mereka tidak segera teratasi bisa saja merembet ke masalah bisnis sehingga kerjasama menjadi terhenti.

6. Sabar
Anda harus bisa bersabar jika mitra bisnis anda memiliki kekurangan-kekurangan tertentu. Janganlah anda bersikap keras dan tidak telaten lantas meninggalkannya. Belum tentu anda akan mendapatkan pengganti yang lebih baik dari dia. Maka bersabarlah dan lakukan sharing bertukar pikiran agar kekurangan masing-masing akan tertutupi secara perlahan namun pasti.

^^ Ini saja yang bisa saya sampaikan buat teman-teman pembaca, jika masih ada kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar agar bermanfaat bagi pembaca lainnya. Jangan lupa baca juga Anda Penulis Online Pemula? Begini Cara Melayani Pembeli Artikel.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.