Tips Meningkatkan CTR Adsense Sederhana Namun Paling Ampuh

Meningkatkan CTR adsense – CTR (click through rate) adalah sebuah hitungan perolehan klik iklan adsense dibagi sejumlah tayangan dengan hitungan persen, atau bahasa mudahnya adalah jumlah klik iklan adsense di blog kita.

CTR merupakan faktor penting bagi keberhasilan kita dalam mendulang dollar dari adsense, karena yang paling kita harapkan dari iklan adsense adalah klik. Jika jumlah klik iklan terlalu rendah, maka kita akan rugi capek-capek menaikkan trafik blog. Menaikkan trafik blog susahnya setengah mati, ternyata perolehan klik iklan sangat sedikit atau dibawah normal.

Oya, simak juga obrolan saya sebelumnya tentang Berhenti Bekerja Sebagai Karyawan Untuk Menjadi Publisher Adsense Full Time.

Apa yang harus kita lakukan ketika mengalami hal seperti ini?

Tentunya adalah berusaha meningkatkan CTR semaksimal mungkin. Berikut ini beberapa langkah penting dan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya CTR adsense kita.

Tips Meningkatkan CTR Adsense

1. Desain website

Pertama pastikan desain website anda “Ramah CTR” alias berpotensi mendapatkan CTR yang tinggi. Gambar dibawah ini mungkin akan membantu anda membayangkan dan mepelajari bagaimana tata letak penempatan iklan tampil begitu sempurna sehingga mengundang klik yang syah dari pengguna.

READ  Apakah Adsense Tidak Bingung Melihat Blog Bahasa Campuran?

Gambar dibawah ini hanyalah pedoman umum saja dan merupakan contoh tata letak penempatan iklan TERBAIK, namun bagaimanapun juga kita harus menerapkan sesuai dengan tampilan desain website yang kita miliki.

Gambar untuk penempatan iklan di Homepage

ctr-adsense-1

Gambar untuk penempatan iklan di Laman Artikel

ctr-adsense

Bagaimanapun juga belum ada tata letak penempatan iklan lainnya yang bisa mengalahkan atau bisa mendapatkan CTR adsense yang lebih tinggi dari seperti penempatan di atas untuk situs yang memiliki desain serupa.

2. Ukuran Iklan

Pastikan anda memilih ukuran iklan di antara ukuran-ukuran iklan lainnya yang paling bekerja optimal atau ukuran iklan tersukses, misalnya ukuran 728×90, 160×600, 336×280, 300×250, 300×600, dan spanduk seluler 320×100.

Anda jangan memasang iklan selain ukuran di atas jika ingin mendapatkan CTR yang maksimal. Namun semua itu tergantung ketersediaan ruang iklan di situs kita juga. Boleh saja anda memasang iklan berukuran kecil jika memang tidak ada tempat untuk iklan besar yang disarankan di situs anda.

3. Warna iklan

Usahakan warna iklan serasi dengan warna situs kita, baik warna huruf, warna link, dan warna background di sekeliling situs anda. Shingga iklan akan tampak serasi dengan konten sehingga pengguna tidak takut untuk mengklik iklan.

Dalam beberapa survey yang pernah saya lakukan di warnet, beberapa pengguna warnet takut mengklik sesuatu yang berwarna mencolok (iklan) karena mereka takut nantinya disuruh bayar. Ini adalah survey kenyataan yang saya lakukan sendiri terhadap puluhan pengguna warnet, terutama kalangan awam (non blogger).

READ  Ingin Dapat Puluhan Ribu Dollar Dari Adsense? Jangan Pikirkan Earning

Jadi pastikan iklan tidak tampil mencolok disitus anda, usahakan menyatu dengan konten anda, tetapi jangan membuat sesuatu di konten anda yang menyerupai iklan, atau iklan bohongan. Misalnya kalimat yang font nya dibuat menyerupai huruf di iklan, dll. Karena hal itu dilarang oleh kebijakan program adsense.

3 tips ini saja jika anda tepat dalam menerapkannya akan sanggup meningkatkan CTR adsense anda yang lesu atau dibawah normal. CTR yang rendah adalah sekitar 0,35%, dan CTR yang tinggi adalah 2%. Terkadang sesekali ada publisher yang mengaku bisa mendapatkan CTR sebesar 5% dan itu mungkin bisa saja benar. Tapi jika ada orang yang mengaku mendapat CTR 25% maka anda jangan percaya, karena itu bukanlah CTR sehat tetapi manipulasi penempatan iklan menyesatkan yang dilarang oleh kebijakan program adsense.

Sekian info buat teman-teman tentang cara meningkatkan CTR adsense anda, jangan lupa simak juga 2 Resep Meningkatkan Pendapatan Adsense Setiap Hari dan Bulan.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

12 komentar

  1. Trims atas infonya Mba..
    Saya mau tanya nih.. mana yang lebih penting antara CPC yang tinggi atau iklan yang relevan?

    1. lebih penting iklan relevan 😀

  2. saya barusan saja menerapkan seperti yang mbak jelaskan… mudah2an ada perubahan di cpc

  3. baca baca artikel disini sambil nunggu approve adsense mbak 🙂

  4. Saya memilih ukuran iklan yang maksimal (text dan image), karena ukuran maksimal ukuran yang dibawahnya juga bisa tampil sehingga persaingan dan impresi iklan tinggi.

  5. kalo saya , pembayaran dari gugelnya kok di tangguhkan mba, ada peringatan bahwa saya belum verifikasi emal, cara verifikasinya bagaimana ya,,,

    1. Tinggal buka email sampean mas, nanti ada email dari google adsense di suruh ngeklik link. 🙂

  6. Untuk web yang responsive peletakkan iklan di sidebar saya rasa ctr rendah karena pada saat di buka di ponsel sidebar akan berada di bagian paling bawah. Akan lebih baik jika iklan ditempatkan di bagian pos. 🙂

  7. ada yang bisa bantu bikin akun adsense ga??

  8. Terima kasih atas ilmunya mbak.. Semoga Allah Melimpahkan Pahala kepada Mbak.. Aamiin !

    Salam Sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *