vps murah

Home / Blogger

Kamis, 12 Maret 2015 - 14:15 WIB

Tips Menghindari Hilang Trafik Migrasi Blogspot ke WordPress

Halo juragan… (gaya perdana blog juragan cipir šŸ˜€ ) Migrasi blogĀ adalah perpindahan blog dari hosting satu ke hosting lainnya, misalnya perpindahan hosting dari blogger ke self hosting atau hosting milik kita sendiri (baik shared hosting maupun VPS hosting), dan itu juga bisa disebut migrasi blogspot ke wordpress.Ā SimakĀ jugaĀ Alasan Saya Memilih Shared Hosting.

Silakan teman-teman simak karena ini sangat penting jika anda punya rencana bermigrasi dari blogspot ke wordpress self hosting.

Tips Menghindari Hilang Trafik Migrasi Blogspot ke WordPress

Perlu kita tahu bahwa migrasi blog dari hosting blogger ke seff hosting ini terbagi dua, yaitu:

1, Blogger sub domain blogspot ke wordpress self hosting

2. Blogger custom domain (TLD) ke wordpress self hosting

Jika andaĀ salah dalam memilih salah satu jenis migrasi, maka trafik blog kita akan hilang danĀ kembali mulai dari nol. Bahkan trafik tidak akan naik selamanya karena tercekal oleh algoritma panda dan penguinĀ karena artikel kita dianggap duplikat atau copy paste.

MengapaĀ migrasi dariĀ Blogger sub domain blogspot ke Domain TLD wordpress self hosting bisa beresiko kehilangan trafik permanen?

KarenaĀ terjadi pergantian alamat domain tanpa pengalihan 503Ā yang akhirnya menimbulkan 2 masalah besar berikut ini:

1. Penyebab pertama, ketika anda memindah secara langsung http://example.blogspot.com ke http://example.comĀ di wordpress, maka artikel di blog wordpress baru anda akan kehilangan ke-orisinilannya sebabĀ nama domain anda telah berganti tanpa pengalihanĀ 503 lebih dulu di blogger.

READ  Macam-macam Tujuan Orang Berkomentar di Blog / Website

Maka agar artikel anda tetap dianggap orisinil oleh google, anda harus meredirect 503 domain blogspot anda ke custom domain TLD dulu di blogger, misalnya dari http://example.blogspot.com ke http://www.example.com di blogger.

Dan setelah itu barulah anda memigrasi dari http://www.example.comĀ di blogger ke http://example.comĀ di wordpress self hosting.

Hal ini sepertinya sepele, namun bisa menjadi masalah besar jika kita tidak tahu langkah-langkah yang benar dalam migrasi blogger ke wordpress self hosting. Jadi jangan asal main tubruk aja šŸ˜€

2. Penyebab kedua, semua URL blog blogspot anda di mesin pencari tidak teralihkan ke domain baru anda di wordpress, karena sebelum migrasi anda tidak mengalihkan URL tersebut ke custom domain di blogger lebih dulu seperti penjelasan di atas.

Sehingga trafik dari blogspot yang anda cari dengan susah payah akhirnya hilang semua, dan kemudian anda memulai blog baru di wordpress dengan artikel yang sudah tidak orisinil lagi. Itu namanya sama denganĀ jatuh tertimpa tangga,Ā trafik hilang dan blog tidak orisinil lagi šŸ™

JadiĀ anda harus meredirect 503 domain blogspot anda ke custom domain di blogger lebih dulu. Caranya bisa anda baca disiniĀ Cara Setting Custom Domain UbahSuaian di Blogger Paling Mudah. Setelah itu tunggulah sebulan sampai semua URL postingan blogspot anda di mesin pencari berpindah ke URL custom domain TLD blogger anda.

READ  Bingung Memilih Hosting Terbaik? Ini Lho Hosting Paling Joss !

Nah, setelah itu barulah anda dipersilahkan memigrasi blog anda dari blogger ke wordpress self hosting. Tentang caranya silakan cari di google, karena postingan saya tentang cara migrasi blogger ke wordpress masih nyangkut di draft hingga hari ini. Saya gak tau kapan selesainya šŸ˜€

Kesimpulan:

Jika anda ingin memigrasi blospot anda ke wordpress self hosting, pastikan anda merubah dulu dari blogspot ke domain TLD di blogger, setelah itu barulah anda boleh memigrasi blog anda dari hosting blogger ke hosting milik anda sendiri dengan menggunakan platform wordpress.

Kronologisnya seperti ini:

Blogger http://example.blogspot.com

ke

Blogger http://www.example.com

ke

Wordpres http://example.com

Apakah teman-temanĀ sudah paham? Jika belum paham silakan buka spoiler di bawah ini agar puyengnya berkurang šŸ˜€

[spoiler title=’Spoiler Hiasan’ collapse_link=’false’]Tips Menghindari Hilang Trafik Migrasi Blogspot ke WordPress[/spoiler]

Seperti kita tahu, wordpress self hosting sangat seo friendly serta memiliki masa depan cerah untuk menjelma menjadi website besar. Apalagi jika anda seorang publisher adsense, maka anda akan tahu manfaatnya setelah anda menerima pendapatan wordpress yang hingga mencapai 2 kali lipat daripada pendapatan di blogger.

Semoga bermanfaat. jangan lupa simak jugaĀ 2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai.

Share :

Baca Juga

Blogger

Mengapa Harus Update Artikel Ngebut di Blog?

Bisnis Online

Peluang Bisnis Online Jasa Update Artikel Blog

Adsense

Tips Menjadi Publisher Adsense Sukses Seperti Orang Luar Negeri

Blogger

Solusi Bagi Blogger Yang Tidak Bisa Bahasa Inggris

Blogger

Template Thesis Paling Seo Friendly Untuk Blogspot

Blogger

Tips 5 Cara Belajar Menyerap Ilmu Dari Internet

Adsense

Wikihow, Satu di Antara Website Dengan Trafik Tertinggi di Dunia

Blogger

Cara Instant Membuat Blog Tampil di Halaman Pertama