Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Pada Mobil Matic Anda

Mobil matic adalah kendaraan pilihan bagi orang yang hidup di perkotaan. Salah satu alasannya karena lebih mudah digunakan dan lincah saat berada pada kemacetan. Tapi sayangnya, dibalik kelebihan tersebut, dalam hal penggunaan bahan bakar, mobil jenis matic ini, lebih boros dari pada yang manual.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips buat pembaca blog juragan cipir semua, tentang cara menekan penggunaan bahan bakar pada mobil matic. Jangan lupa simak juga Ingin Ban Mobil Anda Awet? Silakan Baca Beberapa Tips Berikut ini.

mobil-matic

Untuk detailnya silahkan disimak ulasan berikut ini.

1. Operasikan mobil dengan kecepatan konstan

Hindari mengerem mobil secara mendadak. Karena semakin sering Anda menginjak pedal rem maka akan semakin sering menginjak pedal gas. Ketika menginjak pedal gas pertama kali membutuhkan konsumsi bahan bakar yang banyak, sehingga lebih baiknya Anda mengoperasikan mobil Anda dalam kecepatan yang konstan.

2. Tekan pedal gas secara perlahan

Anda cukup menekan pedal gas secara perlahan saat pertama kali akan menjalankan mobil, karena dengan menggunakan tuas D saja, mobil secara otomatis dapat berjalan tanpa perlu menginjak gas. Sehingga bahan bakar yang digunakan juga lebih irit.

3. Selalu perhatikan posisi RPM

RPM atau revolutions per minute digunakan sebagai satuan ukur banyaknya putaran mesin dalam satu menit. Usahakan saat mengoperasikan mobil, posisi RPM berada pada kisaran 2.500 – 3000 RPM, agar tenaga yang dihasilkan tidak terlalu besar dan penggunaan bahan bakarpun bisa lebih hemat

4. Perhatikan penggunaan AC

Penggunaan AC yang berlebihan akan membuat bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak. Oleh karena itu, gunakan AC dalam temperatur yang cukup atau sedang saja agar lebih menghemat bahan bakar mobil anda.

5. Pada saat berada di kemacetan

Saat Anda terjebak kemacetan, posisikan tuas transmisi pada 2/S. Pada posisi ini, terdapat engine break yang berfungsi untuk melakukan pengereman mesin. sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem.

6. Perhatikan jarak aman mobil anda

Perhatikan jarak aman mobil Anda dengan kendaraan yang ada di depannya. Selain menghindarkan dari kemungkinan terjadinya tabrakan, hal ini dilakukan agar Anda tidak sering melakukan rem dan gas secara mendadak. Karena hal tersebut dapat membuat bahan bakar mobil Anda boros.

Demikianlah cara yang bisa Anda gunakan agar bahan bakar mobil Anda lebih hemat. Dengan selalu memperhatikan dan menerapkan cara diatas, biasanya dapat menghemat bahan bakar mobil Anda antara 15 – 25 %. Selamat mencoba. Baca juga Tanda-Tanda Pada Oli Mesin Harus Segera Diganti, Simak Penjelasannya.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.