Tips Memilih Server Domain Terbaik Untuk Blog Anda

Halo juragan… Server domain adalah pemilik situs web baik perorangan maupun perusahaan yang menyediakan atau melayani keperluan domain dan hosting untuk website anda. Biasanya situs-situs tersebut berdeskripsi tentang jasa webhosting dan pendaftaran nama domain atau “Webhosting Service”.Nah, berikut ini saya ingin berbagi tentang cara memilih/menentukan server yang paling tepat untuk website anda, khususnya dalam bidang layanan. Karena layanan adalah hal paling nomor satu bagi kita, sedangkan yang lain belakangan.

hosting murah, hosting berkualitas, domain hosting, jasa web hosting


1. Pilihlah server yang bisa dihubungi 24 jam
Ini sangat penting. Saya pernah menelpon dan sms ke pihak server untuk meminta bantuan tetapi tidak digubris selama berhari-hari. Akhirnya jadwal ngeblog saya berantakan.

Seorang blogger seperti kita tidak memiliki jam kerja yang teratur seperti para PNS dan TNI/POLRI. Blogger bekerja tergantung situasi dan kondisi, dimana ada waktu luang dan koneksi internet pas banter maka kita bisa update blog. Bagi seorang blogger yang bekerja fulltime, siang dan malam tidak ada bedanya. Simak juga 5 Ciri-ciri Seorang Blogger Sejati.

Blogger tidak memiliki kantor dan jam kerja. Seperti yang pernah saya baca ketika pembukaan kantor baru Google di Jakarta. Seorang manager google menerangkan kepada karyawannya dengan berucap, “Disitulah kantor kalian.” seraya tangannya menunjuk ke sebuah laptop. Artinya bahwa seorang blogger itu tidak memiliki kantor, karena kantornya ada di dalam blog.

Dan bagi blogger suku anak dalam seperti saya ini jam kerjanya tergantung koneksi internet pas banter karena rumahnya ada di lereng gunung, dimana sinyal internet sangat minim sekali. Jika koneksi internet lagi ngadat berarti kantor saya sedang tutup.

READ  Ngeblog Itu Gampang-gampang Susah

Maka dari itu pilihlah server domain hosting yang bisa dihubungi dengan sigap dalam 24 jam. Jika koneksi internet anda banternya pada jam satu malam, maka anda bisa menghubungi server anda saat itu juga jika anda perlu bantuan. Apakah ada server sehebat itu? Banyak. Anda bisa mencarinya sendiri di internet.

2. Pilihlah server yang melayani sesuai kemauan anda
Saya pernah mengalami kecewa dengan sebuah server karena hal ini. Server tidak menuruti permintaan kita, tetapi menuruti kehendaknya sendiri untuk melayani kita. Misalnya, atas nama pemilik domain bukan atas nama kita, tetapi diatasnamakan orang yang kita suruh mengirimkan uang di bank.

Setelah saya telpon agar diganti atas nama saya mereka menjawab katanya hal itu tidak masalah. Tetapi bagi kita hal ini adalah masalah penting karena akan menunjukkan keakuratan data-data kita di akun google, jika kita mendaftarkan domain kita ke sebuah program google. Akhirnya tahun depan saya memindahkan semua domain saya ke server lain yang lebih mengutamakan kemauan customer.

Nah, dari pengalaman tersebut maka sekarang pilihlah server yang tidak suka membantah terhadap permintaan kita. Jangan lupa ketahui juga 5 Ciri-ciri Seorang Blogger Berbakat.

3. Pilihlah server yang bisa dipercaya
Saling percaya antara server dan pelanggan adalah nomor satu. Saya pernah kapok dengan salah satu server yang melayani blog saya yang kini sudah saya hapus karena mereka tidak bisa dipercaya.

READ  Cara Judul Postingan Blog Buku Harian Bisa Seo Friendly

Suatu saat saya minta bantuan server untuk memperbaiki kesalahan pada blog saya. lalu saya diminta untuk menyerahkan info login, yaitu email dan password. Langsung saja saya serahkan info login tersebut dan blog saya diperbaiki.

Tapi apa yang terjadi esok hari. Ternyata akun facebook saya dibajak oleh server tersebut karena menggunakan email dan password yang sama. Meskipun itu kesalahan saya mengapa tidak membuat email dan password yang berbeda untuk setiap akun, tapi itu bukti bahwa ada server yang tidak bisa dipercaya meskipun mereka adalah server besar. Bisa jadi ada oknum karyawan yang iseng membuka akun facebook kita dengan info login blog yang pernah kita serahkan.

* Tiga ini saja catatan penting dalam sejarah saya menjadi blogger yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua. Jangan lupa pahami juga cara setting custom domain ubahsuaian di blogger paling mudah. Semoga bermanfaat n salam blogger.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

35 komentar

  1. kunjungan perdana mbak…terimakasih neh tipsnya<br /><br />sangat benar sekali conecsi itu yang terpenting..karena bila ada sesuatu hal penting yang akan di tulis tapi conecsi lemot kan menyebalkan..hehehe

    1. Hey mbak Devy selamat datang di blog serabutan ini yach, hehehe 😀 makasih kunjungan perdananya ;)<br />memang koneksi internet ibarat nafas seorang blogger ya mbak, hehehe 🙂

    2. ya mbak tanpa adanya koneksi membuat artikel jadi kurang maksimal

    3. kalo koneksi internetnya lemot banget seperti punya saya ini pasti sebel banget ya mas mbak, hehehe 😉

    4. Kapan ane bisa PERTAMAX :&#39;(

  2. yg paling banyak di cari itu yg terbaik &amp; murah yah mba.. 😀

    1. kalo bisa kita cari yg seperti itu mas, yg terbaik dan yg termurah, hehehe 😀

    2. Heyy Heyyy Ingett Harga Gak Pernah Ngebohong Lhoo 😀 kalo makin mahal pasti Lebih kerennnn Itu ppun Klo kebeli tapi hihi

  3. kalau servernya secantik diatas mbk<br />saya rela membuka domain<br />agar coling-colingsn trus hehee<br /><br />

    1. kalau punya mbk ini<br />pakek server mana mbk

    2. kalo servernya cantix justru gak bagus mas, krn hanya coling2an aja dan lupa update jadinya, hehehe :P<br />saya skrg ini pakai server di http://www.inspirat.net yg berkantor di Batam 😉

  4. provider yang menyediakan server di negara kita ini memang kurang layanannya, thanks tambahan wawasannya mbak

    1. ya seperti itulah keadaannya mas, jadi kita hrs pandai2 memilih provider yg tepat agar bisa diandalkan demi kelangsungan blog kita :)<br />makasih kunjungan perdananya mas ferdon, salam kenal n salam sukses 😉

  5. maaf mbak tanya…itu belinya per tahun atau per bulan ya domain<br />makasih

    1. bisa pertahun atau perduatahun mbak 🙂 setahunnya harganya 120 ribu :D<br />saya beli yg pertahun aja, hehehe 😉

    2. ok mbak makasih saya BM dulu…nanti saja saya pelajari kayaknya buat saya masih agak ribet<br />tapi pengen sih

  6. Nah, itu dia mbak yah yang jadi pertimbangan saya.. Sy kan mau nyari yg mau buatin template dan pasangkan ke blog ku.. Dan kesemua embel2 seperti domain, GAds dll.. Thanks mbak saranx, untk hal macem ini tika gak ngerti..

    1. harap hati2 memilih org namun jgn terlalu khawatir mbak 😀 krn jika kita memerlukan bantuan org maka kita hrs saling percaya :)<br />makasih juga kunjungannya mbak 😉

  7. domain baru nih cieeehh xixi selamat ya moga cepet langsing alexa nya xixixi:D

    1. iya nich sista, biar bsa keren kaya kampungjasa dotcom, hehehe 😀 makasih ya selamatnya sista 😉

    2. kirain langsing badannya,, kwkwkwk

  8. jadi memilih server domain juga nggak sembarangan yah mbak Indri, makasih buat tipsnya

  9. belum kepikiran buat beli domain sob, masih numpang oom google

  10. waw tips yang boleh n hareus diinget nih 🙂 yg jelas jarang down 🙂

  11. Gambar Gravatar Mukhamad Sholikudin berkata:

    harus di perhatikan ya mb ketika memilih tempat dimana blog kita akan bernanung.

  12. Gambar Gravatar Muya Devoteeshonesty berkata:

    trims sist tipsnya.. ini sangat bermanfaat<br />hmmm pengalamanmu sudah banyak banget ya sist di dunia blogging.<br />ternyata ada server yg tidak bisa dipercaya

  13. Informatif, mbak. Harus dicatat nih kali aja besok2 bikin dotcom…

  14. Terima kasih panduan untuk memilih server untuk domain blog, buk Indri…

  15. bgsnya beli domain di mana ya mba?? apa mba msh pake domain dari inspirat[dot]net??<br />mohon sarannya mba alx saya msh newbie n baru mau belajar pake domain TLD… :)<br /><br />Dari kemarin2 mau numpang nanya, tapi takut salah ngomong… hehehe<br /><br />kunjungan perdana.. :)<br />

      1. makasih sarannya mba, siap meluncur… 🙂

  16. Gambar Gravatar Indra Kusuma Sejati berkata:

    Jadi ingat pesan nenek mba, semua keca itu maunya nomor satu, namun semua kemabli kepada diri kita masing-masing dalam menyikapinya. Tapi kalu samapai penyedia servernya saja sudah memberikan pelyanannya seprti itu dan buruk sekali ya.. ?

  17. bener banget banget…,, pilihlah server yang stabil agar blog kita mudah diakses kapan saja oleh visitor kita 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *