Tips Memilih Server Domain Terbaik Untuk Blog Anda

Halo juragan… Server domain adalah pemilik situs web baik perorangan maupun perusahaan yang menyediakan atau melayani keperluan domain dan hosting untuk website anda. Biasanya situs-situs tersebut berdeskripsi tentang jasa webhosting dan pendaftaran nama domain atau “Webhosting Service”.Nah, berikut ini saya ingin berbagi tentang cara memilih/menentukan server yang paling tepat untuk website anda, khususnya dalam bidang layanan. Karena layanan adalah hal paling nomor satu bagi kita, sedangkan yang lain belakangan.

hosting murah, hosting berkualitas, domain hosting, jasa web hosting


1. Pilihlah server yang bisa dihubungi 24 jam
Ini sangat penting. Saya pernah menelpon dan sms ke pihak server untuk meminta bantuan tetapi tidak digubris selama berhari-hari. Akhirnya jadwal ngeblog saya berantakan.

Seorang blogger seperti kita tidak memiliki jam kerja yang teratur seperti para PNS dan TNI/POLRI. Blogger bekerja tergantung situasi dan kondisi, dimana ada waktu luang dan koneksi internet pas banter maka kita bisa update blog. Bagi seorang blogger yang bekerja fulltime, siang dan malam tidak ada bedanya. Simak juga 5 Ciri-ciri Seorang Blogger Sejati.

Blogger tidak memiliki kantor dan jam kerja. Seperti yang pernah saya baca ketika pembukaan kantor baru Google di Jakarta. Seorang manager google menerangkan kepada karyawannya dengan berucap, “Disitulah kantor kalian.” seraya tangannya menunjuk ke sebuah laptop. Artinya bahwa seorang blogger itu tidak memiliki kantor, karena kantornya ada di dalam blog.

Dan bagi blogger suku anak dalam seperti saya ini jam kerjanya tergantung koneksi internet pas banter karena rumahnya ada di lereng gunung, dimana sinyal internet sangat minim sekali. Jika koneksi internet lagi ngadat berarti kantor saya sedang tutup.

Maka dari itu pilihlah server domain hosting yang bisa dihubungi dengan sigap dalam 24 jam. Jika koneksi internet anda banternya pada jam satu malam, maka anda bisa menghubungi server anda saat itu juga jika anda perlu bantuan. Apakah ada server sehebat itu? Banyak. Anda bisa mencarinya sendiri di internet.

2. Pilihlah server yang melayani sesuai kemauan anda
Saya pernah mengalami kecewa dengan sebuah server karena hal ini. Server tidak menuruti permintaan kita, tetapi menuruti kehendaknya sendiri untuk melayani kita. Misalnya, atas nama pemilik domain bukan atas nama kita, tetapi diatasnamakan orang yang kita suruh mengirimkan uang di bank.

Setelah saya telpon agar diganti atas nama saya mereka menjawab katanya hal itu tidak masalah. Tetapi bagi kita hal ini adalah masalah penting karena akan menunjukkan keakuratan data-data kita di akun google, jika kita mendaftarkan domain kita ke sebuah program google. Akhirnya tahun depan saya memindahkan semua domain saya ke server lain yang lebih mengutamakan kemauan customer.

Nah, dari pengalaman tersebut maka sekarang pilihlah server yang tidak suka membantah terhadap permintaan kita. Jangan lupa ketahui juga 5 Ciri-ciri Seorang Blogger Berbakat.

3. Pilihlah server yang bisa dipercaya
Saling percaya antara server dan pelanggan adalah nomor satu. Saya pernah kapok dengan salah satu server yang melayani blog saya yang kini sudah saya hapus karena mereka tidak bisa dipercaya.

Suatu saat saya minta bantuan server untuk memperbaiki kesalahan pada blog saya. lalu saya diminta untuk menyerahkan info login, yaitu email dan password. Langsung saja saya serahkan info login tersebut dan blog saya diperbaiki.

Tapi apa yang terjadi esok hari. Ternyata akun facebook saya dibajak oleh server tersebut karena menggunakan email dan password yang sama. Meskipun itu kesalahan saya mengapa tidak membuat email dan password yang berbeda untuk setiap akun, tapi itu bukti bahwa ada server yang tidak bisa dipercaya meskipun mereka adalah server besar. Bisa jadi ada oknum karyawan yang iseng membuka akun facebook kita dengan info login blog yang pernah kita serahkan.

* Tiga ini saja catatan penting dalam sejarah saya menjadi blogger yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua. Jangan lupa pahami juga cara setting custom domain ubahsuaian di blogger paling mudah. Semoga bermanfaat n salam blogger.

Bagikan:
35 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.