Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat – Mungkin sebagian dari anda masih bingung untuk memilih platform blogging yang tepat. Percayalah, apapun pilihan anda, itu hak anda dan saya tidak ingin mempengaruhinya. Karena itu hak anda.

Tetapi ada baiknya kita memikirkan dulu, apa alasan kita ngeblog dan tujuannya. Memilih platform blogging yang tepat merupakan salah satu kunci untuk memikirkan alasan dan tujuan kita terjun dalam dunia ngeblog.

Untuk alasan itu, saya pikir merupakan alasan yang juga personal. Kembali lagi soal hak! Namun, kalau dipikir-pikir, memilih platform blogging yang tepat bisa menyempurnakan kemampuan anda dalam ngeblog.

Tips/Cara Memilih Platform Blogging Yang Tepat

Saat memulai ngeblog, tentu hal pertama yang harus anda tentukan adalah platform bloggingnya. Ada banyak pilihan yang tersedia di internet. Salah satu hal yang paling familiar saat ini adalah Blogger.com

Mengapa memilih Blogger.com? Mungkin kita punya alasan masing-masing. Di Indonesia, blogger.com adalah platform blogging yang paling populer, mudah dan gratis.

Keuntungannya tentu saja adalah anda bisa memonetisasi konten anda dengan iklan dari Google Adsense.

Blogger.com dan Google Adsense adalah milik raksasa pencarian Google, jadi sah-sah saja kalau anda bisa memperoleh penghasilan hanya dengan akun gratis anda.

Memilih platform blogging menggunakan Blogger.com cukup sempurna jika anda ingin terjun ke dunia blogging. Seperti saya sendiri Teknosia menggunakan platform blogger saat ini.

Sebab disini anda akan belajar dari tahap awal tentang memulai sebuah blog, belajar dari kesalahan, membangun template, belajar Script sedikit demi sedikit dan memonetisasinya.

Untuk template? JIka anda menggunakan Blogger.com, ada banyak template yang tersedia entah itu gratis ataupun berbayar.

Saya menyarankan, jika anda menggunakan Blogger.com, anda harus menggunakan template Premium, karena itu dapat memaksimalkan SEO blog anda.

Tetapi ada satu kelemahan yang harus anda ketahui, jika anda menggunakan Blogger.com, kontrol terhadap konten anda bukan pada diri anda sendiri, melainkan Google.

Jika sewaktu-waktu Google menonaktifkan blog anda, maka anda tidak akan diberi tahu.

Lalu bagaimana dengan WordPress?

Ini adalah salah satu dari platform blogging yang paling keren. Dengan sistem CMS OpenSource, WordPress menawarkan pengalaman blogging yang sempurna, dengan control yang semuanya ada ditangan anda.

Di WordPress ada dua platform blogging, yakni WordPress.org dan WordPress.com, nanti saya akan jelaskan soal perbedaan dua platform ini.

Tetapi pada intinya, WordPress.org adalah blog yang sudah memiliki domain dan hosting sendiri tetapi menggunakan WordPress sebagai antar muka, dan WordPress.com dimana blog yang masih numpang domain disitu.

Jika anda ingin memulai blog dengan gratis, dan ingin memperoleh semua fitur yang ada didalam blog itu, saya menyarankan Blogger. Tetapi jika anda ingin total ngeblog dan anda sudah menyiapkan dana untuk blog anda, maka WordPress adalah pilihan yang tepat.

Disini anda memiliki akses terhadap ribuan template yang disediakan, Pluggin yang dapat membantu anda memaksimalkan pengalaman ngeblog anda dan juga kontrol kepemilikan yang benar-benar dikendalikan oleh anda sendiri.

Selain itu, WordPress juga adalah salah satu situs blogging yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Menggunakan WordPress untuk ngeblog adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, meskipun anda masih menggunakan WordPress.com, anda juga bisa memperoleh penghasilan dengan cara menampilkan iklan yang dikelola oleh WordPress.com, yakni WordAds. Nanti saya akan membahas tentang WordAds ini dikesempatan selanjutnya.

Adakah Platform Blog lain selain dua hal diatas? Tentu saja ada. Ada Mediun, Weebly dan juga Wix. Tiga platform ini sanga populer digunakan sebagai platform ngeblog.

Sejauh ini pengalaman saya menggunakan tiga platform yang terakhir itu sangat terbatas. Jadi informasi yang akan saya berikan juga terbatas.

Jika anda menggunakan Mediun, maka anda akan memperoleh akses yang lebih baik dan anda tidak perlu repot-repot memikirkan soal SEO, dengan antarmuka yang keren dan tentu saja, kemudahan mengaksesnya.

Sementara WIX, menawarkan desain blog yang keren serupa kita mengedit gambar saja. Jadi, tidak dibutuhkan kemampuan teknis untuk mengutak-atik script. Webbly, tampaknya cukup bagus untuk ngeblog jika anda ingin terjun dalam dunia ngeblog.

Di kemudian hari, saya akan mencoba menggunakan tiga platform itu dan menyempurnakan tulisan ini.

Tulisan ini mungkin hanya singkat saja, tetapi saya harap ini bisa dijadikan referensi dalam memilih platform blogging yang tepat. Semoga bermanfaat!

Diartikel kali ini saya sudah memaparkan tips/cara memilih platform blogging yang tepat yang dapat anda jadikan rujukan awal untuk memilih platrform blogging yang tepat.

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.