Tips Memilih Keyword dan Menentukan Situs Untuk Adsense

Pada kesempatan ini saya ingin mencoba berbagi sedikit pengalaman  saya  untuk  memulai membangun sebuah blog peruntukan Google Adsense (GA)  yang pernah saya lakukan beberapa tahun yang lalu. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini barangkali ada manfaatnya bagi Anda, terutama bagi yang baru akan memulai. Tapi mohon maaf bukan saya mengajari atau so tau, bagi Anda yang sudah tahu mungkin lebih untuk mengingatkan kembali.Sudah banyak sekali  tulisan tentang GA yang ditulis Mbak Indri yang tentu lebih bagus, tapi barangkali yang akan saya sampaikan ini anggap saja sebagai tambahan, kalau memang beda. Kalau ada yang sama mungkin hanya kebetulan saja, sebab saya juga belum menemukan semua tentang GA di blog juragancipir ini.  Ada dua hal yang ingin saya sampaikan, yaitu mengenai cara memilih keyword dan mempersiapkan situs untuk GA. Pengalaman yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari guru IM saya  Anne Ahira.

tips bisnis online, tips sukses adsense, tips internet marketing

Cara memilih keyword

Setiap akan posting artikel, saya  selalu diawali dengan melakukan riset keyword. Keyword yang saya pilih untuk membuat artikel adalah keyword yang jumlah pencarinya antara 500 sampai 2000 orang per bulan, dan pesaingnya kurang dari 10.000 result.

Cara mengetahui jumlah pencari keyword yaitu menggunakan google keyword tools, yaitu pada menu tools > pencarian ide keyword. Anda tinggal mengetik keyword pada kolom yang tersedia, lalu pilih negara sasaran (optional), bahasa yang digunakan (harus dipilih) sebab berkaitan dengan bahasa yang kita gunakan di blog. Hasilnya akan terlihat pada tabel yang bisa kita buka dengan excel, kalau keyword itu bagus bisa muncul sampai  800 keyword, lalu  ambil  keyword yang pencarinya antara 400 s/d 1000 dan  nilai kliknya minimal 1 dollar, dan pilih keyword yang  terdiri dari 3 atau 4 word, yang lainnya hapus. Langkah selanjutnya kita tinggal mencari pesaing terkecil di google search.

Ketik satu per satu keyword yang telah kita pilih di google pencarian dengan diawali mengetik kata allintitle:keyword. Contoh > allintitle:home audio speaker system. Maka akan muncul result pencarian google. Kalau angka yang muncul kurang dari 10.000, maka itulah yang dicari, syukur apabila mendapatkan yang lebih kecil dari 1.000 itu lebih bagus. Lanjutkan pencarian berulang-ulang, dan Anda cukup mengumpulkan 10 keyword. Lakukan pencarian dimulai dari keyword yang pencarinya  paling besar (dishort).

Misalnya dari 10 keyword yang berhasil dikumpulkan, salah satu diantaranya diantara adalah home theater speaker system, memiliki jumlah pencari  1000 orang/bulan (atau 33 orang per hari), kemudian jumlah pesingnya hanya 2.500,  nilai perkiraan klik Rp. 32.000 atau 3 dollar lebih. Maka keyword tersebut merupakan niche keyword. Jika Anda buatkan artikelnya minimum 400 kata, dengan sebaran keyword yang tidak berlebihan, maka blog Anda dari keyword tersebut akan mendapat kunjungan walaupun tanpa backlink, sebab pesaingnya sangat kecil, tapi pencarinya lumayan.

Untuk membuat artikel dari 10 keyword tersebut caranya, kalau bisa nulis sendiri dan ada waktu untuk menulis,  lebih baik. Kalau Anda kebetulan berada pada kompleks kost-kosan mahasiswa bisa menggunakan mereka, dan pasti ada diantara merek yang pintar menulis bahasa Inggis. Mungkin ada mahasiswa  jurusan sastra Inggris. Mereka pasti mau untuk uang saku dan membantu meringankan orang tua mereka.  Kalau kedua cara tidak memungkinkan, maka kalau Anda sudah niat untuk bisnis GA..maka harus mengeluarkan uang yang agak lumayan untuk membeli  artikel di Jasa Penulis Artikel (JPA).

Kira-kira seperti itu gambaran kasar cara mencari dan memilih keyword untuk artikel blog Adsense dan bagaimana cara mendapatkan artikelnya. Riset keyword itu sangat penting, sebab kalau memilih keyword asal-asalan, maka artikel yang kita beli dari JPA tidak akan meberikan hasil.

Situs yang akan digunakan untuk Adsense

Jauh-jauh hari sebelum memikirkan daftar akun GA, sebaiknya kita mempersiapkan dulu situs yang akan digunakan, berbasis blog atau website HTML biasa (web statis) itu tergantung kesukaan dan kebiasaan selama ini.  Menggunakan blog missal blogspot atau wordpress sama saja, yang penting kita sudah terbiasa mengelola diantara keduanya. Kadang-kadang ada yang suka bermain web html biasa (statis), itu juga bagus.

Pada dasarnya kita mempersiapkan dulu situs untuk menempatkan kode GA nanti, dan sebaiknya Anda jangan dulu mikir-mikir mendaftar Google Adsense, sebab itu hal yang mudah. Yang susah itu adalah membangun sebuah situs yang memenuhi syarat untuk diterima oleh GA. Jadi bangun dulu situsnya, dan tentukan apakah akan membuat situs gado-gado atau situs spesifik, itu sama saja. Namun kalau untuk situs gado-gado sebaiknya gunakan nama domain pendek, nama samaran Anda misalnya Endang Kusmana dengan nama domain endkuzz.com ..dst., pokoknya agak bau-bau asing. Kalau akan membuat situs spesifik gunakan salah satu keyword yang sudah dipilih dan paling banyak pencarinya, paling sedikit pesaingnya, dan paling besar perkiraan nilai kliknya. Tapi walaupun anda akan membuat blog gado-gado, tapi sebaiknya isinya lebih banyak mereview produk-produk yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat 1 atau 2 blog dengan Top Level Domain (TLD) *com, *net dll., untuk situs spesifik nama domain sebaiknya menggunakan salah satu keyword yang telah dipilih berdasarkan riset missal nya: hometheaterspeakersystem.com,  biarkan saja nama domain yang panjang seperti itu jangan dipikirkan.
  2. Lakukan posting, misalnya 10 posting per bulan (ngirit biaya), tapi rutin, sambil menunggu usia domain. Sampai usia situs 3 bulan biarkan saja situs baru tersebut jangan diapa-apakan (natural).
  3. Pada bulan ke 4 usia situs sudah 3 bulan dan diperkirakan sudah terisi minimum 30 postingan, daftarkan ke google webmastertools, ping, submit, backlink ke social bookmark (jangan ke situs Indonesia), blogwalking juga ke harus situs-situs luar. Kalau kurang familiar bahasa Inggris gunakan saja google translate.  Cara mencari blog kepunyaan orang asing gampang, cari aja kata kunci berbahasa inggris di Google.
  4. Blog Anda akan mulai dikunjungi oleh orang-orang asing ketika usia blog lebih dari 9 bulan, dan daftarkan akun GA Anda, tidak sampai 4 hari akan mendapat respon baik jika yang didaftarkan adalah situs Anda yang sudah bagus tersebut. Lalu pasang  kode Adsense setelah GA menyuruh Anda memasangnya. Saat earning mencapai 10 dollar GA akan mengirimkan PIN Anda via POS. Lakukan verifikasi dengan input kode PIN, dan sejak itu maka Anda secara resmi telah menjadi publisher GA.
  5. Selanjutnya lakukan optimalisasi situs lebih gencar lagi agar earning Anda terus meningkat.

Barangkali itu saja yang ingin saya sampaikan kali ini, jadi untuk memulai GA pada prinsipnya jangan dulu sibuk  daftar akun GA. Persiapkan dulu situsnya, sebab kalau kita memiliki situs yang baik, sehat tanpa posting copy paste, dan sudah memiliki traffic unik.. tidak susah mendaftar akun GA. Mengenai contoh persiapan situs, apabila Anda mau lihat contoh persiapan situs untuk GA, saya  sedang ngajarin anak saya untuk menjadi penayang iklan GA dan dia saya buatkan format situsnya seperti ini: winzsite.com dan ads85.com (copas aja ke browser), keduanya situs gado-gado. Salam sukses buat admin dan para pengunjung juragancipir.com.

^^ Jangan lupa baca juga Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense, Th 2009 – 2012.

Penulis : Endang Kusmana
(Terverifikasi)
Address : Taman Pagelaran  Blok C9/30, Kec.Ciomas, Bogor 16610
Pendidikan : S1
Pengalaman Bekerja : PNS, IPB-Bogor, (1978 – 2012)
Kegiatan saat ini : Blogger & Bisnis Online
Website : www.softwarerab.com
Google+ +Endang Kusman

Bagikan:
20 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.