Tips Membuat Website Besar Dan Lebih Hidup Dengan Mengajak Pengunjung Menjadi Kreatif

Membuat website besar dan lebih hidup. Website anda akan menjadi besar dan menjadi lebih hidup jika para pengunjung atau pembaca website anda adalah orang-orang kreatif. Pengunjung kreatif adalah orang-orang yang mau membaca dan mau berpartisipasi menulis artikel di website anda. Peranan pengunjung kreatif sangat menunjang kesuksesan sebuah website untuk menjadi besar dan menjadikannya bukan hanya sembarang website.

Sebagai contoh adalah: Kompasiana, ads-id, bersosial, kaskus, dan masih banyak lagi. Mereka adalah website besar yang benar-benar hidup meskipun pemiliknya tidak pernah update artikel sama sekali. Website-website besar tersebut dibesarkan dan dihidupkan oleh para pengunjung kreatif setiap hari tanpa bisa dicegah. Semakin berumur lama maka website tersebut akan menjadi semakin besar.

membuat-website-besar

Cara membuat website besar dan lebih hidup

Sekarang pertanyaannya adalah:

Bagaimana agar pengunjung website anda menjadi kreatif?

(Ini tantangan bagi anda untuk bisa memiliki sebuah website besar dan benar-benar hidup)

Agar pengunjung website anda menjadi kreatif maka anda harus menyediakan “alat-alat kreatif” bagi pengunjung di website anda, yaitu:

1. Tambahkan Forum

Tambahkan forum di website anda. Anda jangan meremehkan kekuatan sebuah forum kecil yang menempel di sebuah blog, misalnya forum yang ada di blog ini. Setiap hari forum kecil ini diupdate oleh para pengunjung kreatif dengan puluhan thread baru dan benar-benar orisinil. Jadi saya hanya tinggal menjawab saja, maka peringkat blog ini di search engine terus menguat dari hari ke hari.

Selain itu, jumlah artikel terindeks google semakin banyak tanpa bisa dicegah sehingga memudahkan visitor untuk menemukan blog ini. Hal ini harus anda jadikan inspirasi untuk membangun sebuah website besar milik anda dan menjadikannya sebagai website yang lebih hidup dengan kekuatan super dari pengunjung kreatif. Silakan simak juga 5 Keuntungan Anda Menambahkan Forum di Website.

Sebulan sejak saya meluncurkan percobaan forum di blog ini, hari ini telah hadir sebanyak 217 member dengan lebih dari 500 thread yang telah dipublish di internet dan segera menyalip jumlah artikel hasil tulisan saya sendiri selama 5 tahun menjadi blogger.

Forum-Juragan-Cipir

 

Jika forum ini sudah besar nantinya (semoga saja), mungkin saya tidak mampu menjawab pertanyaan teman-teman member secara satu persatu, namun tentunya akan ada member-member lainnya yang bisa membantu memberikan jawaban atau penjelasan kepada mereka. Jika telah mencapai tahap itu maka saya harus segera merekrut dan mempekerjakan pengawas konten untuk memoderasi situs forum adsense.

2. Tambahkan Penulis Tamu

Menambahkan penulis tamu merupakan trik jitu untuk memperkaya konten berkualitas di blog anda yang akan mendongkrak peringkat website anda di mesin pencari. Tidak menutup kemungkinan website anda akan menjadi besar dan terkenal, siapapun diri anda sebagai pendirinya.

Lihatlah situs Kompasiana. Hampir setiap menit menerbitkan artikel baru yang orisinil dan berkualitas yang tercipta dari tangan-tangan ratusan ribu pengunjung kreatif. Kompasiana setiap menit semakin membesar dan tidak bisa di cegah.

Hal itu harus anda jadikan sebagai inspirasi dan motivasi untuk membangun sebuah website besar dan benar-benar hidup tanpa campur tangan anda, kecuali anda hanya sebagai pengelola saja.

Sekedar berbagi pengalaman, sejak saya menambahkan penulis tamu atau opsi kirim artikel di blog ini, telah terbit ratusan artikel orisinil dan berkualitas di blog ini yang diukir oleh tangan-tangan terampil dari pengunjung kreatif di blog ini. Jika anda ingin memiliki website yang berpeluang menjadi website besar, maka jadikan hal ini sebagai inspirasi anda.

penulis-juragan-cipir

Jika anda ingin berkontribusi menulis dan menjadi pengunjung kreatif di blog juragan cipir, silakan klik DISINI.

Namun untuk menunjang semua itu, anda harus menggunakan platform yang profesional dan jangan setengah-setengah jika anda ingin memiliki website besar, yaitu gunakanlah platform wordpress dengan self hosting. Silakan simak juga penjelasan dari salah satu pengunjung kreatif blog ini yang juga merupakan seorang Dosen di sebuah Universitas di Sumatera Utara, yaitu Bapak Ibrahim Lubis M.Pd.I yang berjudul Keuntungan Lebih Membuat Blog Self Hosting di WordPress.

Dulu ketika blog ini masih berplatform blogger, saya menerima artikel kiriman pembaca melalui email dan kemudian saya menyalinnya lagi di blog yang tentunya memakan waktu lama. Namun setelah saya bermigrasi ke wordpress self hosting, pembaca bisa langsung menulis  di blog ini dan saya hanya tinggal publish saja lalu selesai. Mudah bukan?

3. Pikirkan Kesenangan dan Kemudahan Pengguna Website Anda

Anda harus selalu berpikir bagaimana agar pembaca blog anda senang dan anda harus berpikir bagaimana agar pengguna wesbite anda mudah dalam melakukan hal apapun untuk membantu mengelola blog anda. Misalnya, berikan keterangan yang jelas bagi member baru atau pemula yang mendaftar, berikan perlindungan keamanan terhadap sandi /password serta privasi mereka, berikaan petunjuk-petunjuk yang jelas agar pengguna tahu apa yang harus mereka lakukan di website anda, dan sebagainya.

Semua itu harus anda pikirkan dan anda laksanakan seiring dengan perkembangan website. Maka tanpa terasa nantinya fitur-fitur yang diperuntukkan bagi pengguna website anda akan semakin lengkap sehingga pengguna website anda akan senang dan bisa berkontribusi sebagai pengunjung kreatif. Tentunya hal itu akan memancing pengunjung lain untuk menjadi pengunjung kreatif juga di website anda.

Kiat membuat website besar dan lebih hidup

Sehebat-hebatnya anda bisa menulis artikel seo friendly, sepandai-pandainnya anda menciptakan artikel berkualitas, sekuat-kuatnya anda update artikel selama berjam-jam di depan komputer, namun semua itu hanyalah secuil dari dari kekuatan ribuan pengunjung kreatif yang berkontribusi di website anda. Contohnya adalah Kompasiana, bahkan “robot spammer” kalah cepat melawan ribuan kompasianer yang setiap menit menerbitkan artikel baru di Kompasiana.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan luopa simak juga Keuntungan Anda Menabung di Blog. Tips membuat website besar dan lebih hidup.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.