Tips Membuat Gambar Header Pada Blog

Kali ini Saya akan membahas tips untuk membuat gambar header pada blog yang kita kelola. Hmm… sebenarnya blog kita yang kita kelola perlu gak sih kita pasangkan gambar header? lalu apa gunanya kita memasangnya pada blog kita?

Sebelum kita membahas tips membuat gambar header, terlebih dahulu kita bahas apa itu gambar header. Gambar Header adalah sebuah gambar yang kita pasang pada bagian header atau kepada blog yang kita kelola, gunanya untuk menggambarkan suasana blog kita secara keseluruhan.

Gambar-header

Dengan adanya Gambar Header, blog kita akan terlihat lebih indah dan dapat membawa perasaan tenang serta nyaman kepada pengunjung setia blog kita. lho kok bisa??? Nah itulah fungsi dari Gambar Header, kita harus bisa sekreatif mungkin membuat gambar header pada blog agar bisa menciptakan rasa nyaman. Selain itu juga, gambar header juga bisa melambangkan/menggambarkan secara garis besar dari isi pembahasan blog kita, misalnya jika blog kita berisikan konten teknologi maka gambar header yang tepat adalah gambar teknologi, begitupun dengan tema konten lainnya.

Kali ini Saya akan memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang tertarik ingin membuat gambar header atau yang ingin memperbaiki gambar header yang telah dipasang agar bisa lebih baik lagi.

  • Pastikan kita memiliki sebuah blog.
    Tentunya kita harus punya blog atau website, jika belum segeralah membuat blog baru baik yang free maupun yang self hosting.
  • Pastikan blog kita memiliki fasilitas untuk memasang gambar header.
    Tidak semua Theme yang kita gunakan memiliki fasilitas untuk memasang header, jika blog kita tidak memiliki fasilitas tersebut maka Saya sarankan untuk mengganti Theme lain yang memiliki fasilitas tersebut, atau jika tidak kita bisa mengutak-atik Theme yang ada.
  • Perhatikan ukuran yang diperlukan dalam memasang gambar header.
    Biasanya pada pengaturan blog kita dicantumkan ukuran gambar header yang direkomendasikan, misalnya 750×150 px, 1028×250 px dan lain sebagainya.
  • Guanakan aplikasi terpercaya didalam membuat gambar header.
    Ada baiknya jika kita membuat gambar header mengguankan aplikasi yang mendukung, kalau Saya sendiri sering menggunakan aplikasi Photoshop dalam merancang gambar header.
  • Tentukan warna yang tepat.
    Disaat kita ingin memulai menentukan warna, maka pilihlah warna yang tepat. Saran Saya pilihlah warna yang serasi dengan warna theme yang kita gunakan agar gambar header dan theme blog bisa seirama.
  • Sisipkan karakter didalamnya.
    Jangan lupa kita masukan kata kedalam gambar tersebut seperti nama blog kita, nama domain, moto blog, nama produk dan lain sebagainya.
  • Cantumkan juga gambar.
    Memasukan gambar kedalam gambar header yang sesuai dengan konten blog kita. Misalnya, jika blog kita membahas tentang penjualan sebuah produk maka gambar yang sesuai adalah foto produk yang kita tawarkan, jika blog kita membahas tentang wisata maka gambar yang sesuai adalah foto tempat wisata yang indah, jika blog kita membahas tentang resep masakan maka gambar yang sesuai adalah foto masakan, bagitupun dengan pembasan lainnya. Jangan memasang gambar yang tidak ada didalam pembahasan blog kita, bisa-bisa blog kita dianggap blog asal-asalan.
  • Tentukan warna gambar yang serasi.
    Ini juga penting, jangan memadukan warna yang mencolok didalam gambar header, karena itu bisa merusak mood pengunjung blog kita. Carilah warna yang serasi dan indah dipandang.
  • Jangan mencantumkan gambar terlalu banyak.
    Sederhana saja, jika blog kita membahas tentang masakan maka cantumkan gambar sepiring masakan andalan lalu perpadukan gambar tersebut dengan warna header agar lebih serasi.

Bagaimana? Rumit yaa? Kakau menurut Saya ini tidaklah sulit jika kita memahami dan mengerti pentingnya header bagi blog kita. Google memang menilai blog kita dari konten, akan tetapi pengunjung juga menilai tampilan blog kita. Oleh karena itu, kita sebagai pengelola blog harus bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi pengunjung agar bisa menjadi pengunjung setia blog kita, bukankah itu harapan terbesar kita?.
Tidak hanya memperindah tampilan header, update artikel setiap hari juga penting agar pengunjung menilai bahwa blog kita adalah blog yang konsisten dan up to date.

Demikianlah penjelasan mengenai tips membuat gambar header blog, tips ini adalah rahasia Saya sendiri dalam membuat gambar header para blogger yang mengguanakan jasa Saya. Tips ini khusus Saya bagikan untuk pengunjung setia blog JuraganCipir. Semoga Bermanfaat..!!!

Jangan lupa baca juga Perlu Gak Sih Kita Belajar Photoshop?

Penulis : Rahman Batopie

Bagikan:
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.