Tips Membuat Blog Micro Niche Untuk Optimasi Adsense

Halo sahabat blogger tercinta dan para pembaca setia blog juragan cipir yang cantik dan ganteng 😀 Sudahkan anda mencoba membuat blog micro niche? Blog micro niche (mikro niche) adalah blog yang membahas tentang tema tertentu secara lebih spesifik.

Dengan tema yang sangat spesifik tersebut maka audiens nya juga terbatas pada orang-orang tertentu saja, dengan kata lain pengunjungnya hanya pengunjung khusus saja yang memang mencari topik yang anda bahas. Tetapi mereka adalah pengunjung bertarget, bukan sembarang pengunjung.

Iklan adsense yang tampil di situs micro niche memiliki CPC sangat tinggi atau membayar mahal. Sebuah blog semi micro niche dengan artikel sebanyak 70 konten saja mampu meraup 1 juta rupiah perhari dari adsense dan itu dialami oleh seorang blogger di ads.id.

Di dalam situs micro niche, iklan adsense sekali klik satu juta rupiah adalah hal biasa. Salah satu blog saya yang semi micro niche juga pernah mengalami 2 kali klik, dua juta jadinya. Tak perlu banyak klik, satu atau dua klik saja sudah cukup bagi blog micro niche.

blog-micro-niche

Jika anda memasang iklan adsense di atasnya maka sudah pasti akan mendapatkan CTR serta CPC tinggi, meskipun blog micro niche agak sulit untuk mendapatkan trafik jika dibandingkan dengan blog lain yang tema nya non spesifik.

READ  Belajar Menulis Artikel Inggris Bisa Membuat Alexa Rank Membengkak

Akan tetapi jika anda rajin mengupdatenya setiap hari secara rutin dan berkelanjutan maka trafik akan melimpah juga dan bisa ribuan atau bahkan puluhan ribu visitor unik perhari. Terlebih lagi jika anda bisa memberi asupan backlink berkualitas dengan tetap mematuhi pedoman mutu webmaster google.

Untuk mendatangkan trafik bagi blog micro niche secara alami, anda tidak perlu promosi URL di jejaring sosial atau dimanapun. Percuma donk niche spesifik anda jika anda mendapatkan trafik dari medsos, karena pengunjungnya bukan pengunjung bertarget seperti yang seharusnya diterima oleh blog micro niche. Jadi biarkan blog mencari trafik dari search engine secara alami dengan cara update artikel secara rutin.

Bagaimana step-step membuat blog micro niche yang paling baik dan benar?

1. Pertama, buatlah blog dengan domain TLD yang masih fresh dan self hosting. Jika anda ingin menggunakan server hosting terbaik seperti yang digunakan blog Juragan Cipir ini silakan anda beli hosting di Teamworks Indonesia, karena kualitasnya dijamin bagus dan pelayanannya terjamin.

2. Tulislah artikel panjang dengan kalimat aktif (bahasa indonesia atau inggris) setidaknya 1 artikel perhari secara terus menerus agar blog anda pandai cari uang ketika umur 3 bulan nanti. Saran saya gunakan bahasa yang paling anda pahami. Pada bulan pertama (1-30 hari pertama) biarkan blog kosong tanpa iklan adsense. Pada saat ini anda butuh memperkenalkan blog baru anda ke search engine.

3. Pada bulan kedua blog anda akan mulai mendapatkan 5 atau 10 visitor unik dari search engine. Lalu pasanglah iklan adsense secara lengkap dan baik seperti biasanya. Pada saat seperti ini blog anda mulai ada orang yang klik iklan, sekitar 1-2 klik iklan perhari meskipun trafik blog hanya dalam hitungan jari. Selain itu, CPC nya juga lumayan besar, dan jauh lebih besar jika dibandingkan blog gado-gado. Maka anda akan sadar, beginilah enaknya mendapatkan pengunjung bertarget.

READ  Ikon Baru Mendaftar Google Adsense Via Blogger

4. Pada bulan ketiga (umur blog genap 3 bulan) insyaAllah anda akan PO pertama dari blog micro niche ini. Untuk selanjutnya silakan update artikel seperti biasa dengan satu artikel perhari (3 artikel perhari lebih bagus), dengan niche tetap spesifik seperti awal, sambil terus menikmati kenaikan earning adsense dari bulan ke bulan yang cukup signifikan. Simak juga Mengapa Dollar Dari Adsense Itu Manis dan Gurih?

Sekarang pertanyaannya adalah:

Niche apa yang paling baik untuk blog micro niche?

Sebaiknya tulis suatu niche yang paling anda mengerti dan anda pahami agar blog anda bisa langgeng selamanya, bukannya macet di tengah jalan karena anda tidak menguasai niche yang anda tulis.

Blog micro niche meskipun postingannya tidak terlalu banyak tapi bisa menggondol dollar dalam jumlah besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Menulis Artikel Orisinil Itu Mudah, Tapi…

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

23 komentar

  1. blog micro niche itu semacam apa?. Ada contohnya?.

    1. misalnya orang2 bikin blog bertema tentang mobil, maka kita bikin blog bertema ban aja, ini disebut mikro niche, contohnya silakan cari2 sendiri di google 😀

  2. hi… agan indri, salam kenal ya,, saya telah membaca artikel ini dan saya sangat terbantu atas langkah-langkah yang telah disebutkan.. Sebenarnya ada yang ingin saya tanyakan kepada agan indri, saya merasa memang pertanyaan ini sedikit menyimpang dari niche artikel ini, namun saya sangat mengharapkan pencerahan dari pertanyaan saya ini,,
    pertanyaannya adalah
    1. Beli hosting dimana sih blog juragancipir.com ini?
    2. Adakah rekomendasi hosting yang terbaik dari agan indri?

    Alasan saya mengajukan pertanyaan ini
    1. Saya berencana membuat niche blog berbahasa bule
    2. Saya berencara melakukan migrasi hosting
    3. Saya sedikit kurang puas dengan server yang saat ini dipakai blog saya

    “Saya sangat mengharapkan pencerahan dari agan indri”

    1. Halo mas udugs 🙂

      1. Blog Juragan Cipir ini beli Hosting USA di Teamworks Indonesia.

      2. Rekomendasi hosting terbaik dari saya adalah di Teamworks Indonesia dan pilihlah HOSTING USA agar tidak down, linknya sudah saya tulis di postingan atas pada Teamworks Indonesia.

      1. Terima kasih atas pencerahannya agan indri,,, btw bagaimana sistem pembayarannya agan indri, Soalnya kalau pakai kartu kredit ane belum punya agan indri..

      2. Kira-kira pilih paket hosting yang mana agan indri, yang lumayan bagus personal atau corporate hosting.. maklum masih newbe soal beginian

        1. Utk permulaan yg ideal sebaiknya gunakan paket Personal PLATINUM US yg harganya sekitar Rp 252.000,- pertahun 😀

          1. kalau unlimited bandwith dan unlimited disk space ada gan indri…

          2. dulu saya pernah bertanya gak ada, tapi gak tau skrg, coba aja mas budi tanyakan lgsg ke teamworks 😀

  3. Saya punya blog micro niche tentang elektronika dan sudah rutin mendapatkan traffik dari Google 100 uv perhari platform nya blogspot artikel 15 buah memang sudah bisa menghasilkan klik tapi sayang nya cpcnya rendah sekali jadi saya malas mengupdate. Kira kira apa penyebab nya cpcnya rendah apa karena menggunakan domain gratisan blogspot? Dan misalnya saya ganti dengan domain Tld apakah cpcnya bisa naik?

    1. Penyebab CPC rendah sangat banyak sekali faktornya, misalnya: niche yg persaingannya rendah, penempatan iklan yg kurang tepat, unit iklan yg kurang potensial, dll. Jika kita menggunakan hosting blogger maka akan dikenakan biaya “andil pendapatan host” oleh google sehingga juga bisa mengurangi pendapatan kita meskipun persentasenya sangat sedikit (terkadang hanya 0%).

      Untuk hasil yg maksimal gunakan self hosting dengan datacenter USA 😀

  4. Gambar Gravatar Hiendrich Accid Burn berkata:

    buat blog english aja.. kalo udah 3 bulan jual deh di flippa 😀 laku tuh $300 an

  5. apakah dengan blog gado-gado tidak memungkinkan untuk diterimanya di adsense ?
    soalnya blog saya masih gado-gado sih .. hehee

  6. Gambar Gravatar kesehatan dan kecantikan berkata:

    giman sih caranya agar bisa diterima oleh adsense ? mohon infonya 🙁

  7. Sangat berguna bagi pemula
    Terima kasih…

  8. Gambar Gravatar Nisa Jakarta Bordir berkata:

    Terimkasih atas sharenya. Kunjungi juga web kami ya gan… happy blogging

  9. Kalau blog micro niche, sebaiknya artikelnya brp mbak? kalau artikel cuma 30 bisa dapat banyak dollar ga mbak?

    btw artikelnya sangat membantu.. jadi lebih semangat bikin micro niche

    1. artikel tentunya banyak krn setiap hari terus diupdate seperti layaknya blog pada umumnya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *