Tips Membersihkan Rumah Dengan Mudah, Bersih dan Rapi

Secara umum semua orang suka kalau rumahnya dalam keadaan bersih, rapi dan wangi.Namun situasi dan kondisi seperti itu tidak akan terjadi jikalau tidak ada yang mengerjakannya.Bagi orang yang memiliki budget lebih mungkin bisa menyewa pembantu , sehingga tidak perlu capek – capek untuk membersihkan dan merapikan isi rumah.Nah, bagaimana dengan orang – orang yang tidak memiliki dana lebih untuk menyewa pembantu ?

Berikut ini kita akan mengulas seputar  tips membersihkan rumah dengan mudah dengan hasil yang maksimal sehingga kita tidak perlu menyewa jasa pembantu. Tips ini bisa juga dicoba untuk orang yang pembantunya ( asisten rumah tangga ) sedang  pulang kampung.

1. Segera Cuci Barang Yang Kotor

Ketika peralatan rumah tangga ada yang kotor, misalnya piring yang baru saja kita gunakan untuk makan.Sebaiknya jangan menunda untuk mencucinya, agar tidak terjadi tumpukan barang – barang kotor yang ujung – ujungnya bikin kita malas mencucinya karena jumlahnya sudah banyak tertumpuk. Dengan segera mencuci barang – barang yang kotor, maka akan membuat pekerjaan rumah tangga menjadi berkurang.

2. Bersihkan dari Atas Ke Bawah

Manfaatkan waktu senggang , misalnya dipagi atau sore hari untuk membersihkan bagian – bagian rumah yang kotor. Lakukan terlebih dahulu pembersihan kotoran dari atas kebawah, tujuannya agar ketika kotoran yang berjatuhan bisa kita sapu. Perhatikan apakah di langit – langit rumah banyak sarang laba – laba yang tersangkut ? pembersihan lantai rumah bisa kita gunakan cara manual, yaitu pakai sapu atau menggunakan mesin.Ketika membersihkan rumah ini anggap saja kita sedang berolahraga ringan, sehingga tidak membuat kita terasa terbebani.

3. Segera Rapikan Kamar Tidur Saat Sudah Bangun

Kalau biasanya saat bangun tidur kita langsung keluar kamar saja, kini sebaiknya setelah bangun tidur kita langsung membersihkan kamar tidur. Hal ini penting untuk dilakukan agar membersihkan dan merapikan kamar tidur tidak menjadi terlupa. Biasanya setelah bangun tidur aktivitas diluar kamar tidur lebih banyak, dari mandi, masak , membuka gadget dan lainnya.

4. Ajak Anggota Keluarga Untuk Bergotong – Royong

Jika dalam satu rumah memiliki lebih dari satu orang dan orang – orang tersebut dinilai sudah bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah, maka sebaiknya anggota rumah diberi tugas untuk membantu membersihkan atau merapikan rumah.

Dengan sistem bergotong – royong , maka akan membuat pekerjaa rumah menjadi lebih cepat dan ringan. Selain itu juga , membersihkan rumah dengan cara membagi tugas kepada orang – orang yang dirumah itu sama saja sudah melatih tanggung jawab secara bersama – sama.

5. Pasang Pengumuman di Rumah

Walau kesannya seperti sepele atau kurang penting, pemasangan pengumuman perihal menjaga kebersihan dirumah amatlah penting. Dengan pemasangan pengumuman yang ditempel di dinding atau ditempat yang strategis sudah menjadi sebuah pengingat orang – orang dirumah akan pentingnya kondisi rumah yang rapi dan bersih.

Pengumuman yang bisa ditulis seperiti : “ Mohon tidak membuang sampah atau puntung rokok sembarangan , Tolong cuci piring setelah menggunakannya, Tolong bersihkan kaki sebelum masuk rumah “ dll. Pengumuman seperti ini cukup penting agar bisa mengurangi sampah – sampah atau benda kotor yang akan menjadi pekerjaan selanjutnya.

6. Sediakan Tempat Sampah Di Area Yang Strategis

Terkadang kita lupa menyediakan tempat sampah dirumah sehingga sampah – sampah seperti kertas, kantong kresek, kulit buahan dan lainnya terkadang berserakan di lantai rumah. Untuk menyiasati sampah – sampah seperti ini, sebaiknya kita menyediakan lebih dari satu tempat sampah di dalam rumah.

Tempat sampah bisa kita tempatkan di dapur, dekat ruang keluarga atau ditempat yang sering kita gunakan untuk mengemil makanan. Dengan adanya tempat sampah, maka akan membuat pekerjaan kita membersihkan rumah menjadi lebih ringan.

Demikianlah artikel tentang membersihkan rumah dengan mudah, rapi dan tentunya bersih. Semoga bermanfaat.Terima Kasih.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.