Tips Membangun Blog Tutorial Berkualitas

Tunggu dulu, sebelum kita masuk kedalam inti dari artikel ini, terlebih dahulu kita akan memahami apa itu arti dari kata “Tutorial”. Untuk Sobat yang sudah lama berselancar di internet, maka istilah Tutorial ini bukanlah hal yang asing. Begitu seringnya bahkan kita sendiri mengartikan istilah Tutorial ini adalah sebagai suatu panduan yang diberikan oleh yang telah ahli dalam bidang tertentu dengan penjelasan yang detail dari awal hingga akhir. Namun tahukah kita apa arti dati kata Tutorial tersebut?

blog-tutorial

Yups… Benar sekali. Tutorial adalah sebuah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan, dan motivasi agar penerima dapat lebih efisien dan efektif dalam belajar. Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tutorial adalah pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (tutor) untuk seorang mahasiswa atau sekelompok kecil mahasiswa. Jadi, pada penjelasan diatas, Saya rasa Sobat bisa mengambil kesimpulan sendiri mengenai arti dari kata Tutorial. Jika kita mengambil dari sudut pandang blogging, maka Tips yang akan kita bahas disini adalah Tutorial dalam bentuk artikel.

Saya yakin, hampir 80 – 90 persen pengunjung blog ini adalah seorang blogger. Baik dari yang ingin mengenal dan memahami dunia blogging atau internet marketing hingga yang telah menyandang gelar Master. Tentunya dengan mengunjungi blog ini, Sobat semua berharap mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan dalam blog-nya masing-masing. Saya berharap artikel ini bisa memberikan sedikit ilmu baru kepada blogger pemula seperti Saya. Baiklah, kita mulai inti pokoknya.
Dibawah ini ada beberapa poin yang Saya kumpulkan berdasarkan pengalaman Saya sendiri. Adapun Tips untuk membangun blog Tutorial adalah:

  • Kenali diri sendiri
    Jika kita bersungguh-sungguh, sebelum kita berniat untuk membangun blog Tutorial, terlebih dahulu kita kenali diri sendiri. Ada beberapa pertanyaan yang harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri dan itu yang pernah Saya lakukan. Pertanyaannya adalah “Siapa Saya?”, “Apa keahlian Saya?”, “Seberapa ahli Saya dibidang itu?”. Karena Blog Tutorial adalah blog ilmu pengetahuan maka pertanyaan selanjutnya adalah “Apakah Saya bisa mempertanggungjawabkan ilmu tersebut?”.
    Jika kita ahli dalam suatu bidang tertentu, maka itulah modal utamanya. Tanpa adanya suatu keahlian, maka itu hanya sia-sia saja dan jangan berharap untuk bisa membangun blog Tutorial.
    Jangankan blog Tutorial, blog keseharian saja harus ada keahlian yang kita tonjolkan agar bisa menarik peminat untuk berkunjung dan terus berkunjung. Karena tujuan netters berkunjung ke suatu blog adalah ingin mendapatkan ilmu.
  • Persiapkan diri kita
    Setelah kita mengenali diri sendiri, selanjutnya adalah persiapkan diri kita. Ilmu pengetahuan selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Apakah kita siap dengan hal itu? Artinya seorang blogger yang handal selalu meng-update ilmu pengetahuan mereka lalu menuangkannya dalam bentuk artikel sehingga ilmu yang kita bagikan bersifat update.
    Termasuk didalamnya apakah kita bisa menciptakan artikel dengan konsisten? Karena banyak blog Tutorial yang Saya jumpai tidak lagi diupdate oleh pengelolanya.
  • Persiapkan alat
    Alat? iya alat… Karena artikel Tutorial isinya adalah step by step yang disertai gambar di bagian masing-masing step, maka alat yang harus kita persiapkan adalah tergantung Tutorial apa yang ingin kita bahas. Misalnya kita akan membuat artikel Tutorial merakit antena TV, maka alat yang harus disiapkan adalah antena yang belum dirakit, obeng dan kamera untuk mengambil gambar.
    Tapi jika kita ingin membuat artikel Tutorial yang berbau dunia komputer seperti Word, Excel, Corel Draw, Photoshop, dan ilmu komputer lainnya Maka alat yang harus kita siapkan adalah aplikasi ScreenShot dan aplikasi olah gambar.
  • Konten Tutorial
    Pastikan artikel Tutorial yang ingin kita publish adalah asli buatan kita sendiri, bukan hasil comot dari blog lain. Kenapa? itu adalah pelanggaran hak cipta. Membuat artikel Tutorial bukanlah hal yang gampang, oleh karena itu hargai karya orang lain.
    Sebelum kita mempublish artikel Tutorial, pastikan step by step-nya bisa dimengerti dan difahami oleh pembaca. Jangan sampai ketika pembaca mempraktekkan Tutorial tersebut hasilnya malah berbeda dengan apa yang kita paparkan. Untuk itu periksa kembali Tutorial tersebut, perkirakan kemungkinan kesalahan yang akan terjadi dan jelaskan secara detail pada artikel dengan bahasa yang mudah dimengerti pula.
  • Perhatikan Tampilan Blog
    Selain konten yang original, atribut blog juga harus diperhatikan. Atribut yang dimaksud adalah gunakan widget seperti “New Post”, “Popular Post”, “Post Pilihan” dan lain sebagainya.
    Pada bagian akhir artikel jangan lupa sertakan link yang mengarah kepada artikel blog kita lainnya yang ada hubungannya dengan artikel tersebut.
    Kemudian, buatlah halaman “About me” dan “Contact Us”, karena ketika pembaca merasa senang dengan artikel kita atau ada hal yang ingin mereka tanyakan seputar Tutorial yang kita paparkan maka halaman tersebut yang akan mereka cari.
  • Konsisten
    Seperti yang telah Saya singgung diatas, konsisten adalah tantangan terberat yang Saya alami dalam membangun Blog Tutorial. Cepat atau lambat kita akan menemukan titik jenuh disertai dengan alasan-alasan tertentu yang membuat kita untuk tidak konsisten. Apalagi jika kita telah komitmen untuk full time di dunia blogging. Untuk itu, cari hal lain seperti yang membuat kita termotivasi kembali. Kalau yang biasa Saya lakukan jika kejenuhan datang adalah dengan berkunjung ke blog yang menyediakan topik yang sama dengan kita. Maka kita secara tidak langsung kita akan mendapatkan motivasi untuk membuat Tutorial.

Demikianlah Tips yang bisa Saya bagikan kali ini, sebenernya sih ada banyak, tapi tiba-tiba saja Saya lupa hehe. Sebelumnya Saya minta maaf kepada para blogger yang lebih senior, bukan bermaksud mengajari disini Saya hanya sharring tentang apa yang telah Saya ketahui. Jika ada kesalahan mohon koreksinya pada kolom komentar dibawah.

Happy Blogging..!!!

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.