Tips Jual Bibit Tanaman Durian Tanpa Memiliki Lahan

Bisnis jual beli tanaman bisa menjadi pekerjaan utama yang memberikan keuntungan tidak disangka-sangka jika kita tahu trik-trinya. Terutama tanaman buah-buahan kebun atau holtikuktura.

Dalam kesempatan ini saya akan membagikan tips tentang bisnis menjual tanaman durian secara online. Mengapa secara online? Karena pemasarannya bisa menjangkau seluruh Indonesia. Jadi pembelinya bukan hanya tetangga anda saja melainkan para netizen di seluruh Indonesia, bahkan manca negara seperti malaysia dan sekitarnya.

Sedikit penjelasan. Mungkin anda sudah tahu bahwa sudah lama ini tanaman durian telah menjadi bisnis andalan bagi para petani durian. Semakin hari semakin banyak perkebunan durian tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari petani biasa hingga petani papan atas, dan juga sebagai tanaman buah di pekarangan belakang rumah, sebagai tabulampot, dan juga tanaman hiasan halaman dll.

Buah durian harganya mahal, untuk durian unggul harga perkilonya mencapai 60 ribu hingga 80 ribu per kilo gram, bahkan ada yang lebih mahal tergantung jenis duriannya. Satu buah durian bisa mencapai berat hingga 10-13 kg, bahkan lebih. Harga per-buahnya mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per-buah. Itulah mengapa banyak para pemilik modal ramai-ramai mengalokasikan sebagian besar dananya ke kebun durian. Satu hektar lahan ditanami seratus pohon durian dan telah berusia 7 tahun bisa menghasilkan 1 milyar rupiah per tahun atau dalam sekali musim.

Nah, tentunya kebutuhan bibit durian semakin hari semakin tinggi. Bahkan banyak petani durian yang lebih memilih membeli bibit yang siap berbuah atau setidaknya sudah mulai berbunga pertama. Mereka ingin menghemat waktu agar uang cepat kembali modal. Bibit yang siap berbuah harganya mencapai 7 juta hingga 8 juta rupiah. Wow ๐Ÿ˜€ Namun dalam sekali atau dua kali berbuah maka modal akan kembali lunas.

Oke saya stop aja cerita saya, kini saatnya kepada intinya yaitu tips menjual bibit tanaman durian secara online tanpa memiliki ladang, kebun, atau lahan. Apakah bisa tidak punya lahan mau jualan bibit? Kenapa tidak ?! Jika anda tak punya lahan tapi ingin usaha mandiri juaan bibit durian, silakan simak tips berikut ini.

Buat Channel Youtube

Kita harus membuat satu channel di youtube, misalnya: Durian Impian Channel. Lalu pergilah ke setiap pembuat bibit tanaman (pembibit) durian unggul dimanapun yang kita tahu. Bila perlu kita berkeliling pulau jawa sambil membuat video liputan tanaman durian yang kita jumpai dimanapun.

Jangan lupa kita juga membuat liputan durian di daerah Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah. Di sana adalah sentra durian terbesar di indonesia. Kita akan menemukan ratusan pembuat bibit yang bisa ditampung sebagai dagangan online kita nantinya. Silakan membuat liputan video durian di setiap pembibit yang kita jumpai.

Lalu upload-lah di youtube untuk setiap video bertopik durian yang kita buat. Maka video kita akan semakin banyak dan channel kita semakin terkenal. Pemirsa video kita bukan sembarang orang, tetapi para pecinta durian semua. Disitulah kita akan bertemu konsumen. Semua subscriber dan pemirsa adalah audiens kita.

Jangan lupa, tampilkan nomor Whatshapp kita pada awal atau akhir video. Nanti para pemirsa akan mulai satu persatu menghubungi kita via whattshapp dan bertanya tentang bibit durian. Dan akhirnya mereka membeli bibit durian melalui kita, bukan langsung ke pembibitnya. Mengapa? Mereka lebih percaya kepada kita dan takut tertipu penjual bibit palsu. Jangan dikira tak ada penjual bibit palsu di internet. Di bali ada satu kasus petani durian tertipu oleh penjual bibit palsu yang setelah berbuah ternyata durian lokal, bukan durian unggul seperti yang mereka inginkan.

Apa yang direkam pada saat membuat video?

Banyak, yaitu meliputi proses pembuatan bibit (okulasi), penampilan bibit yang siap jual, serta proses pengemasan dan pengiriman kepada pembeli yang dilakukan oleh si pembuat bibit tersebut. Namun ada satu hal yang jangan dilupakan, yaitu kita harus merekam pohon-pohon indukan (entrees) yang berbuah lebat, kemudian tambahkan video tersebut pada akhir video di setiap video yang anda upload di youtube. Tujuannya adalah agar pemirsa tahu seperti apa kualitas entrees dari bibit yang anda jual.

Semua petani durian pasti memilih bibit yang pohon indukannya adalah berasal dari pohon durian unggul dengan buah yang lebat. Indukan unggul akan menghasilkan bibit unggul pula. Itulah makna dari Grafting Tree (memperbanyak pohon unggul). Jadi bukan sekedar indukan pohon durian yang sudah berbuah, tetapi indukan pohon durian unggul (pohon sehat dan berbuah lebat).

Membuat website toko online

Sebenarnya hanya menggunakan channel youtube dan whattshap aja kita bisa kuwalahan melayani pembeli jika channel kita sudah terkenal dan terpercaya. Tapi membuat website toko online juga perlu. Tujuannya adalah agar pembeli bisa melihat daftar harga bibit pada website anda. Selain itu anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk menjawab pertanyaan secara satu persatu di WA. Sehingga dengan melihat-lihat produk-produk anda di website maka para pembeli akan bertanya seperlunya melalui WA atau chat online di website.

Bagaimana jika ada pembeli yang ingin membeli?

Lakukan transaksi seperti biasa. Kemudian hubungilah pihak si pembuat bibit yang sudah anda siapkan untuk bekerjasama, mintalah pengiriman barang untuk dikirim ke alamat si pembeli. Selanjutnya anda tinggal mentransfer uang keada si pembuat bibit.

Si pembuat bibit pun akan merasa untung karena bibitnya laris. Disini kita telah membantu memasarkan produk-produk bibit mereka. Kenalilah
pembibit sebanyak mungkin dengan cara meliput produk-produk mereka di youtube agar channel bisnis kita lebih meluas.

Bagian penting pada bisnis jual beli adalah strategi pemasaran. Disini anda telah memiliki channel youtube yang terpercaya, maka anda telah memegang kunci pemasaran. Mayoritas pembeli bibit durian tidak terlalu mempersoalkan harga, tetap mereka lebih mengutamakan kualitas bibit dari si penjual yg terpercaya.

Semakin hari maka produk kita akan semakin berkembang dan bukan hanya bibit durian saja tetapi segala bibit tanaman buah, website toko online akan menjadi media penampung barang-barang dagangan kita. Memang tidak ada sukses dengan cara instant, segalanya perlu merintis. Namun jika kita sabar dan tekun terhadap suatu usaha, maka niscaya akan membuahkan hasil yang sesuai harapan.

Sampai disini dulu info yang bisa saya bagikan kali ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga pengalaman saya tentang Membeli Bibit Durian Kecil Secara Online.

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.