Tips Jitu Strategi Bisnis Di Kala New Normal

Tahun 2020 lalu, dibuka dengan sebuah kabar mengejutkan, di mana pada awalnya terdapat sebuah isu yang menyatakan jika sebuah virus mematikan telah menyebar di sebuah kota di Negara China. Pada awalnya, hal tersebut hanya dianggap sebagai angin lalu belaka, namun tak lama setelah isu berhembus, muncul bukti bahwasannya telah muncul sebuah virus baru yang mana dapat menyerang imun tubuh dan lebih buruknya bisa sampai berdampak kepada kematian.

Ya, virus tersebut adalah virus Corona / COVID-19. Virus ini menyerang sistem imun tubuh dan gejala yang ditunjukkan sebenarnya tidak jauh berbeda dari penyakit demam biasa. Namun sayangnya, virus Corona ternyata lebih berbahaya dari itu. Tanpa mengetahui¬† gejala “spesial”, seseorang yang terkena Corona bisa meninggal mendadak jika tidak ditangani secara langsung dan serius.

Virus ini kemudian tersebar hingga hampir ke seluruh negara yang ada di dunia. Indonesia pun tidak terkecuali dari daftar negara yang memiliki tingkat penyebaran lebih tinggi.

Pada awal kemunculan COVID-19 di Indonesia berhasil membuat banyak aktivitas masyarakat Indonesia menjadi tiba-tiba “mati” dan banyak sektor usaha ataupun bisnis yang mengalami keanjlokan. Tak sedikit perusahaan yang merumahkan karyawannya dan lebih buruknya hingga menutup perusahaannya akibat munculnya virus ini. Dari sektor ekonomi, COVID-19 memberi dampak yang begitu mengguncang. Hal wajib yang dilakukan oleh para pengusaha dan pemilik usaha di momen seperti ini adalah memikirkan kembali langkah apa yang terbaik untuk dilakukan, guna mengimplementasikan strategi bisnis yang terbaik.

Jika Anda merupakan seorang pengusaha, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda dalam menghadapi situasi seperti pandemi COVID-19:

1. Selalu siap untuk terus beradaptasi

Tak hanya beradaptasi dengan permintaan pasar yang terus berubah-ubah, seorang pebisnis juga harus mampu beradaptasi dalam kondisi terburuk yang mana mengharuskan bisnisnya untuk menghadirkan inovasi terbaru agar dapat bertahan. Seperti misal, apabila Anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang F&B dan terdampak besar dalam situasi seperti pandemi Corona, Anda bisa mempertimbangkan untuk berinovasi menghadirkan jenis makanan dan minuman kemasan yang dapat konsumen Anda beli kapanpun dan di manapun mereka berada. Makanan dan minuman kemasan dapat dikirim dengan menggunakan jasa ekspedisi sehingga Anda tidak perlu menunggu konsumen Anda datang kembali ke restoran Anda karena mereka dapat membelinya secara online.

2. Selalu baca tren konsumen dan pasar

Sebelum mempertimbangkan untuk berinovasi pada produk baru, Anda harus memastikan terlebih dahulu market pasar Anda dikala kondisi yang tidak terduga-duga seperti pandemi COVID-19. Sama seperti bagaimana Anda melakukan riset produk pada bisnis Anda, riset konsumen dan pasar adalah hal dasar terpenting yang harus diketahui sebelum menjual produk ataupun jasa.

3. Gunakan sistem workflow yang lebih efektif

Jika biasanya dalam mengatur sistem workflow, pelaporan pendapatan, ataupun absensi karyawan harus dilakukan secara manual dalam bisnis Anda, mempertimbangkan untuk menggunakan sebuah sistem manajemen kerja atau software yang dapat membantu workflow di bisnis Anda adalah salah satu hal terbaik untuk menekan budget pengeluaran Anda. Selain lebih murah, menggunakan sistem software pun jauh lebih mudah karena seluruh pekerjaan di bisnis Anda bisa di-automasi sehingga dapat Anda pantau kapanpun dengan menggunakan perangkat elektronik Anda (laptop atau smartphone). Contoh sistem software yang dapat Anda implementasikan di bisnis Anda adalah sistem ERP . Sistem tersebut dapat diimplementasikan untuk banyak cakupan bisnis mulai dari retail, F&B, manufaktur, konstruksi, trading, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk strategi bisnis Anda dalam menghadapi situasi seperti pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung atau situasi New Normal yang masih terbatas pergerakan aktivitasnya.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.