Tips Dan Saran Mengelola Google Adsense Era Terkini

Halo juragan… Jika anda seorang publisher adsense atau seorang blogger yang berminat menjadi publisher adsense, berikut ini ada tips untuk memaksimalkan pendapatan adsense di era terkini.

Perlu kita ingat, mengoptimalkan adsense harus sering melakukan percobaan demi percobaan. Mengapa? Iklim periklanan google setiap waktu tidak sama, tahun lalu tidak sama dengan tahun sekarang, dan tahun depan tentunya tidak sama dengan tahun ini. Jadi kita harus peka terhadap situasi saat ini dan memahami kekurangan blog kita masing-masing.

Karena jika kita bisa memahami kekurangan pada blog kita, maka kita bisa menemukan satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh blog lain. Apakah bisa? Mengapa tidak. Dibalik kekurangan blog kita, ada satu kelebihan tersembunyi yang jarang kita sadari. Itulah yang harus kita temukan.

Misalnya, sesuatu yang buruk jika diterapkan di blog lain terkadang berdampak baik jika kita terapkan di blog kita, dan begitu juga sebaliknya. Anda punya beberapa blog: trafik visitor sama, template blog juga sama, tetapi kenapa kok penghasilan berbeda? Karena setiap blog memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda pula. ^^

Minum teh panas dulu, srupuuut… Oke langsung saja kembali ke topik bahasan.

Tips Menjadi Publisher Yang Up to Date

* Perbarui keikutsertaan anda untuk menerima nawala atau buletin adsense yang akan dikirim ke email anda. Perbarui di setelan akun adsense anda. Nantinya anda akan mendapat saran yang paling relevan dengan situasi blog anda. Anda akan diberitahu oleh google tentang iklim adsense terkini. Selanjutnya anda tinggal menerapkannya di blog anda. Kita jangan menjadi publiser yang merasa pintar dan tidak membutuhkan saran.

* Saat ini pengguna seluler atau perangkat kelas atas semakin banyak, mustahil jika semakin sedikit. Karena itu, aktifkan iklan konten untuk seluler mulai sekarang. Dengan mengaktifkan iklan untuk konten seluler, maka anda tidak jadi kehilangan 20%-40% penghasilan anda. Kita jangan mengira semua pengunjung menggunakan perangkat seperti milik kita. Baca disini cara memasang iklan adsense seluler.

* Cobalah unit iklan khusus di blog anda. Anda bisa membuat ukuran iklan yang benar-benar fleksibel dengan tata letak blog anda. Hal ini penting! Dengan tampilan blog yang rapi dan mengundang, maka earning anda akan naik. Namun buatlah ukuran iklan khusus yang besar, karena unit iklan lainnya yang lebih kecil akan bisa masuk dan tampil di unit khusus tersebut. Sehingga ketersediaan iklan bagi blog kita tetap banyak dan nilai persaingan di blog kita tetap bagus. Kita jangan asal membuat iklan untuk mencocokkan ruangan saja.

* Pahami pengunjung blog anda. Ini bisa kita lakukan dengan menautkan akun adsense ke google analitycs. Disana kita bisa melihat aktivitas pengunjung blog kita. Di konten mana mereka datang dan di konten mana mereka pergi. Kita bisa tahu apa yang pengguna lakukan selama berada di situs dan konten mana yang pandai mencari uang. Selanjutnya jadikan hal itu sebagai tolok ukur untuk membuat konten berikutnya. Kita jangan menganggap semua konten kita berkinerja sama.

* Kejar tujuan anda. Silakan anda membaca kisah-kisah sukses publisher sukses kelas dunia. Kunjungi situs mereka dan cari tahu apa yang membuat mereka bisa sukses. Selanjutnya dapatkan manfaat dengan mngambil kesimpulan untuk diterapkan di blog anda. Kita jangan menjadi publisher yang hanya tahu ukuran sepatu kita sendiri.

* Pahami kebijakan program adsense. Semakin besar trafik blog kita maka akan semakin besar pula perhatian google terhadap blog kita. Oleh karena itu semakin lama anda menjadi publisher maka harus semakin sedikit kemungkinan melanggar, jangan malah sebaliknya. Dan pastikan tidak ada satupun konten anda yang melanggar kebijakan program adsense. Hapus jika ada konten yang sekiranya melanggar. Jangan ragu menghapus konten yang kita buat dengan susah payah jika konten itu hanya akan membuat blog kita celaka.

Nyruput teh lagi, srupuuut… Oke kita lanjut..

SARAN NON TEKNIS: 
Bukan sok jujur dan bukan sok suci, berikut ini adalah saran saya buat teman-teman blogger. Saya bisa 4 tahun eksis ngeblog berkat tips di bawah ini.

( i ) Berdoalah kepada Allah. Rejeki kita ditangan Allah, bukan ditangan siapa-siapa lainnya. Kita bisa ngeblog karena Allah. Kita bisa pintar karena Allah. Jangan lupakan Dia. Setiap memulai ngeblog dan setiap publish artikel bacalah bismillah. Maka blog kita beserta akun adsense kita akan berada dalam perlindungan Allah yang maha perkasa. Meskipun artikel kita banyak dicopas orang, tetapi Allah tetap memberikan rejeki yang cukup kepada kita asalkan kita bisa ikhlas. Itu memang cara Allah untuk melimpahkan rejekiNya kepada kita. Hanya Allah yang bisa membuat kita sukses dan membuat kita gagal. Dialah yang mengatur rejeki kita.

( ii ) Semua orang pernah berbuat kesalahan. Tak tekecuali siapapun. Janganlah mengganggu blog orang lain jika kita tidak ingin diganggu orang di belakang hari. Jangan menyakiti blogger lain dengan mengcopas artikel tanpa mengikuti aturan. Jangan bangga dengan keberhasilan sesaat yang berasal dari tetes keringat blogger lain. Mereka adalah saudara kita yang sama-sama mencari nafkah. Menyakiti mereka akan berbalas keburukan pada diri kita di kemudian hari. Allah mencatat sekecil apapun perbuatan kita. Yakinlah kita bisa sukses tanpa merugikan orang lain. Jadilah blogger berjiwa besar yang sukses lahir batin.

( iii ) Serahkan nasib blog anda dan nasib akun adsense anda kepada Allah SWT jika ingin selamat. Hanya Allah lah sang pelindung terkuat dan terpercaya. Hanya Allah lah yang membuat kita tetap bisa ngeblog hingga hari ini. Hanya dengan Kun Fayakun segalanya akan tunduk padaNya.

Jangan lupa baca juga Perjalanan Online Saya Sebagai Publisher Adsense. Sekian dulu coretan saya buat teman-teman, mohon maaf jika ada kesalahan serta kekurangan, dan semoga bermanfaat.

Bagikan:
51 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.