Tips dan Manfaat Membuat Desain Web Bagi Pemula

Membuat desain website terbilang sebuah pekerjaan yang rumit dan menantang. Pasalnya, ada segudang aspek yang mesti Anda pertimbangkan untuk menyusun website yang bagus. Misalnya, ketika membuat desain web seharusnya tidak cuma terlihat menarik di mata pengguna, akan tetapi juga mengakomodasi semua kebutuhan user dengan mudah.

Bagi designer pemula, hal ini tentu akan menjadi lebih tricky. Ini dikarenakan adanya keterbatasan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman dalam membuat desain web. Pada kesempatan ini, kami akan menjabarkan beberapa tips sederhana mengenai cara membuat desain web yang menarik, terutama untuk pemula.

Tips berikut ini mencakup langkah-langkah yang hendaknya Anda terapkan mulai dari sebelum, ketika, hingga setelah website diterbitkan.

Tidak melulu krusial untuk dipelajari oleh para web designer pemula, tetapi artikel ini juga bermanfaat bagi pemilik website baru yang tengah menimbang-nimbang keputusan untuk merekrut web designer profesional demi terciptanya tampilan website yang menarik.

Namun, sebelum kami mengulas lebih jauh masing-masing trik tersebut, ada baiknya Anda mengetahui mengapa membuat desain web menjadi elemen yang penting bagi website dan brand yang diwakilinya secara keseluruhan.

Manfaat Membuat Desain Web

Tidak bisa dipungkiri, ada sederet layanan penyedia desain web gratis di luar sana. Anda bisa mencoba untuk mengeceknya sendiri dengan mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari.

Keberadaan situs web seperti ini sekilas terdengar menggiurkan, terutama buat para pemilik website baru dengan anggaran seadanya. Padahal, ada harga lain yang lebih mahal yang harus mereka bayar dengan menyewa jasa desain web cuma-cuma.

Ya, tampilan website itu sendiri yang mesti menjadi taruhannya.

Sejatinya, keterbatasan dalam aspek biaya seharusnya tidak menjadi alasan bagi pemilik website untuk mengobarkan tampilan dan desain web. Situs web, secara keseluruhan, sangat menitikberatkan pada pengalaman visual (lebih-lebih lagi dari segi mobile).

Tahukah Anda? Tingkat kepercayaan pengguna cenderung meningkat pesat berdasarkan kesan pertama mereka terhadap desain web Anda. Selanjutnya, perilaku pengguna dalam menelusuri situs web Anda sangat bergantung pada bagaimana situs web Anda disusun secara visual. Barulah kualitas konten menyusul setelahnya.

Jika Anda masih ragu, berikut adalah dua peran penting membuat desain web yang baik bagi perkembangan website Anda.

1. Memengaruhi first impression  pengguna

First impression lasts forever.

Bahkan jika Anda menerbitkan konten terbaik sekalipun, visitor tetap memiliki kecenderungan untuk menilai keunggulan web Anda berdasarkan desain yang ditampilkan.

Posisikan diri Anda sebagai user.

Ketika Anda mengunjungi suatu web dan web tersebut tampak kurang menarik dan memiliki navigasi yang membingungkan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, bagaimana reaksi Anda?

Apakah Anda akan betah berlama-lama menelusuri website tersebut?

Tanpa Anda sadari, alam bawah sadar Anda akan merespon website tersebut secara negatif (bahkan sebelum Anda menjelajahi kontennya lebih lanjut!).

Jadi, walaupun ungkapan content is king itu benar sekalipun, Anda juga tidak bisa menyangkal peran penting dari desain web yang mumpuni. Idealnya, keduanya seharusnya berjalan berdampingandalam menarik minat visitor.

Kesimpulannya, tampilan situs web Anda sebaiknya secara visual menyampaikan pesan yang Anda ingin visitor tangkap ketika mereka berkunjung.

2. Mempengaruhi user experience dan usability  situs web

Nah, walaupun Anda telah berhasil menciptakan first impression yang baik, Anda semestinya tidak luput memperhatikan faktor user experience pula.

Untuk memastikannya, pikirkan kembali tujuan Anda dalam membangun website tersebut. Apakah Anda hanya ingin memperoleh lebih banyak pengunjung? Atau, apakah Anda juga ingin visitor melakukan tindakan tertentu saat berada di situs web Anda?

Jika website Anda merupakan ujung tombak pemasaran(marketing)bagi bisnis Anda, bukan hal aneh apabila Anda mendambakan terjadinya konversi (conversion).

Konversi sendiri mempunyai berbagai macam bentuk, mulai dari meninggalkan komentar, membagikan webpage, sampai mengecek penawaran spesial dari bisnis Anda.

Oleh karena itu, supaya conversion tercipta, Anda semestinya memperhatikan tata letak (layout) dan navigasi website Anda. Keduanya memainkan peran besar dalam menentukan apakah visitor akan melakukan tindakan-tindakan di atas sesuai keinginan Anda.

Dengan kata lain, jika layout situs web Anda berantakan (pun navigasinya membingungkan), bisa diartikan desain web Anda justru menjadi penghalang terbesar bagi terwujudnya conversion.

Sebaliknya, kalau Anda mampu memastikan konsistensi dalam layout dan style desain web Anda secara keseluruhan, visitor pun akan memperoleh pengalaman berselancar yang lebih baik.

Tips Membuat Desain Web untuk Pemula

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tentu punya keyakinan yang lebih mantap soal membuat desain web. Lantas, apa saja langkah-langkah yang seharusnya Anda terapkan untuk mendesain website Anda sendiri? Berikut uraiannya.

1. Tentukan goals yang hendak dicapai

Langkah pertama dalam membuat desain web Anda yakni dengan menentukan apa tujuan utama Anda meluncurkan website tersebut.

Mengapa Anda membuatnya? Bagaimana website itu akan berfungsi nantinya?

Faktanya, ada banyak jenis situs web, contohnya:

  • Toko online
  • Web portofolio
  • Blog
  • Landing page
  • Web resume
  • Web brand

Masing-masing jenis website di atas sama pentingnya antara satu sama lain, meskipun terdapat perbedaan strategi dalam menyusun copy dan visual yang berbeda, misalnya.

Dengan menetapkan tujuan Anda di awal, Anda dapat mengarahkan proses pembuatan desain selanjutnya mengikuti panduan yang tepat. Dengan demikian, segala elemen penyusun website Anda akan bekerja dengan selaras untuk menciptakan sebuah web yang menarik.

2. Tentukan platform untuk website Anda

Jauh sebelum Anda mencari tahu tentang cara membuat desain web sendiri, Anda mungkin sudah mulai mengecek beberapa platform situs web seperti WordPress, Squarespace, dan Shopify di antara beberapa alternatif lainnya.

Dengan informasi yang terbatas tentang masing-masing platform tersebut, memilih satu di antara sekian banyak opsi bisa menjadi momok yang menyeramkan bagi Anda.

Lalu, bagaimana caranya menentukan pilihan yang tepat untuk bakal website Anda? Berikut adalah beberapa kriteria yang dapat Anda pakai untuk memilih platform yang tepat.

  • Apakah fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda?
  • Apa value yang Anda dapatkan dengan menggunakan platform tersebut?
  • Apakah platformtersebut dapat beradaptasi dengan dinamika bisnis Anda?
  • Apakah platform-nya mudah digunakan?
  • Berapa biaya yang mesti Anda tanggung untuk menyesuaikan perihal tertentu di masa depan?
  • Bagaimana kualitas support dan protection yang ditawarkan?
  • Apa yang terjadi jika Anda ingin melakukan migrasi ke platform lainnya di masa mendatang?

3. Amati perkembangan tren desain web

Selanjutnya, untuk membuat desain web Anda sendiri, Anda sebaiknya mengawasi perkembangan tren desain web terkini. Pasalnya, mengikuti tren terbaru dinilai sangat penting untuk keberhasilan website Anda.

Seperti yang Anda ketahui, teknologi berubah dengan cepat dari masa ke masa. Begitu pula tren desain web. Elemen dan fitur website tertentu yang dulunya tergolong modern dan inovatif mungkin terkesan berlebihan dan membosankan dalam beberapa tahun terakhir.

Nah, Anda tentunya tidak ingin membuat visitor kabur hanya karena website Anda terlihat usang dan ketinggalan zaman, bukan?

4. Tentukan branding web

Tahukah Anda? Menurut survei yang diselenggarakan oleh imatrix, 75% users mengaku bahwasanya mereka menilai kredibilitas suatu bisnis berdasarkan desain webnya. Dengan kata lain, luput menetapkan branding web tidak hanya akan berdampak buruk bagi bisnis Anda tetapi juga terhadap ranking pencarian website Anda.

Mengabaikan branding akan merampas kesempatan Anda untuk menarik minat visitor. Bahkan, ini justru memberikan kesempatan kepada pesaing (competitor) untuk unggul dan mencuri calon pengunjung potensial website Anda dengan presensi online dan branding yang lebih kuat.

Oleh karenanya, penerapan branding yang tepat diawali dengan menyusun outline tentang brand Anda. Di dalamnya, Anda dapat menyertakan logo, palet warna, nama, dan slogan website Anda. Kemudian, sebagai elemen grafis, gunakan logo sebagai aksen untuk keseluruhan desain situs web Anda, bukan sebagai fokus utama.

5. Pilih palet warna yang tepat

Memilih palet warna yang tepat saat membuat desain web adalah langkah krusial yang tidak boleh Anda lewatkan. Faktanya, Anda dapat memanfaatkan warna untuk merangsang emosi visitor atau mendorong mereka untuk menanggapi call-to-action (CTA) yang Anda terapkan. Lagi-lagi, ini berujung pada terjadinya conversion.

Di samping itu, warna mendorong user untuk mengingat gambar dengan lebih baik daripada gambar tidak berwarna (hitam-putih). Kemudian, Anda dapat meningkatkan brand awareness pada diri user. Selain itu, visitor juga secara tidak sadar akan membuat keputusan tertentu karena pengaruh warna yang Anda pakai.

Jadi, pastikan palet warna Anda tidak bertentangan dengan filosofi brand yangAnda usung. Contohnya, warna jingga biasanya diaplikasikan pada website yang menjual produk makanan. Menurut penelitian, warna ini terbukti dapat meningkatkan pemikiran positif dan kreativitas secara signifikan. Selain itu, warna jingga juga tampak menarik bagi audiens yang lebih muda.

6. Perhatikan aspek tipografi

Selain warna, tipografi dan pemilihan font merupakan aspek lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda pertimbangkan saat merancang desain web. Tak hanya itu, keduanya juga berdampak signifikan pada banyak elemen penting web lainnya, seperti user experience dan keterbacaan konten.

Meskipun branding dan palet warna web turut berperan dalam memposisikan website Anda di mata calon visitor¸aspek-aspek tersebut tetap harus didukung oleh tipografi yang Anda gunakan.

Sejak visitor membaca konten pertama di website Anda, mereka harus segera memahami tujuan web Anda. Dan, selama tipografi dan gaya font Anda tidak menghalangi tujuan tersebut, maka Anda telah melabuhkan hati Anda pada pilihan yang tepat.

7. Analisa dan tingkatkan hasil rancangan

Setelah Anda menuntaskan tahapan membuat desain web, bagian terakhir seharusnya hanya melibatkan peluncuran website, bukan?

Sayangnya, Anda belum bisa bersantai setelahnya. Masih ada beberapa pekerjaan lagi yang mesti Anda rampungkan, seperti menganalisa dan meningkatkan hasil rancangan awal Anda. Anda juga harus terus-menerus melacak kinerja website baru Anda.

Sebagian besar platform situs web memiliki analytic tools bawaannya sendiri. Tetapi, selain itu, Anda juga dapat menghubungkan web baru Anda ke Google Analytics, sehingga Anda dapat melacak poin-poin penting seperti:

  • Jumlah tampilan halaman
  • Jumlah waktu yang user habiskan di setiap halaman
  • Bounce rate (rasio pentalan)
  • Conversion rate (rasio konversi, terutama untuk toko online dan e-commerce)

Semua statistic di atas dikenal sebagai behavioral metrics, di mana Anda bisa memperoleh gambaran tentang halaman web mana yang Anda perlu perhatikan. Selain itu, Anda juga akan terbantu dalam menemukan di bagian mana Anda perlu meningkatkan SEO website Anda.

Membuat Desain Web Jadi Lebih Mudah dengan Jasa Web Design Fastwork

Barangkali Anda merasa kewalahan untuk merancang website Anda sendiri setelah membaca penjelasan panjang di atas. Seperti yang Anda lihat, tidak sedikit aspek yang harus Anda pertimbangkan demi terciptanya sebuah website yang menarik.

Kalau begitu, mengapa Anda tidak berencana untuk merekrut web designer profesional demi untuk membuat desain web yang menarik ? Jangan khawatir. Di Fastwork, Anda tidak perlu cemas soal biaya. Dengan harga yang kompetitif, Anda bisa mempekerjakan web designer andal untuk merancang website Anda.

Fastwork adalah situs freelance online terpercaya nomor 1 di Indonesia. Platform ini memudahkan Anda dan ribuan pemilik website lainnya untuk terhubung dengan ratusan web designer dalam waktu singkat.

Selain dari segi harga yang lebih terjangkau, keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mempercayakan kebutuhan desain web Anda pada freelancer Fastwork yaitu ketersediaan tenaga kerja yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya.

Bahkan, para web designer tersebut telah terlibat dalam berbagai macam proyek besar sebelumnya. Dengan riwayat karier yang mapan, mereka siap mengakomodasi kebutuhan Anda dengan efisien guna memberikan hasil maksimal.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih satu dari sekian banyaknya web designer yang ada, Anda dapat mendasarkan keputusan menurut portofolio, ulasan, dan komentar yang user berikan kepada masing-masing freelancer sebelumnya.

Tunggu apa lagi? Cukup dengan klik tombol “Carikan Saya Freelancer” di https://fastwork.id/web-design, Anda dapat menemukan web designer terbaik untuk membantu Anda mewujudkan desain web impian Anda.Demikianlah artikel tentang membuat desain web ini dibuat semoga bermanfaat.Terima Kasih.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.