Tips Aman Melamar Kerja

Halo juragan… Berikut ini tips aman melamar kerja yang perlu kita jadikan sebagai pedoman sebelum kita melangkah lebih jauh ketika melamar kerja.

Mencari kerja itu gampang-gampang susah. Jika kita pas nganggur mencari kerja itu terasa sulit. Namun jika kita sudah bekerja biasanya banyak sekali lowongan kerja yang menggiurkan. Jadi anggap saja itu adalah hal biasa sehingga anda panik.

Berikut ini ada 5 pedoman yang harus kita ingat ketika kita ingin melamar kerja:

1. Pastikan ada lowongan

Hubungi dulu perusahaan yang ingin anda lamar via telepon, email atau bisa juga datang langsung ke kantornya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa benar-benar ada lowongan kerja di perusahaan tersebut. Sehingga waktu anda tidak sia-sia selama menunggu lamaran anda diterima.

2. Pastikan tidak tertipu finansial

Jangan mau jika anda disuruh mengirimkan uang secara online maupun transfer bank dan sebagainya kepada seseorang atau ke rekening tertentu jika anda belum pernah bertatapan langsung dengan orang tersebut. Ingat, pada jaman sekarang ini banyak penipu berkedok sebagai jasa penyalur tenaga kerja.

3. Pastikan perusahaan resmi

Jangan mudah percaya dengan ucapan meyakinkan dari pencari kerja. Ingat, jaman sekarang ini banyak perusahaan fiktif atau hanya memiliki nama saja, tetapi sesungguhnya perusahaan tersebut tidak ada. Biasanya perusahaan fiktif ini dioperasikan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab yang hanya ingin mencari keuntunngan dari para pencari kerja. Maka, pastikan anda yakin bahwa itu adalah perusahaan resmi.

4. Pastikan anda siap

Pastikan anda siap secara jasmani maupun rohani bahwa anda akan menghadapi bekerja keras. Sehingga anda akan kerasan dan tidak akan berhenti di tengah jalan jika sudah kerja nantinya.  Karena jika anda sampai berhenti di tengah jalan maka anda akan rugi segalanya, seperti rugi waktu, tenaga, pikiran maupun materi.

5. Pastikan anda bersabar

Kita harus bisa bersabar dan memahami bahwa tidak ada pekerjaan apapun yang langsung enak, namun semua ada prosesnya. Pekerjaan seberat apapun jika dilakukan dengan senang hati, maka niscaya akan terasa ringan. Tidak ada pekerjaan yang enak di dunia ini kecuali hanya pekerjaan yang bisa membuat tenteram di hati dan gajinya cukup untuk menutupi kebutuhan kita.

Semoga tips ini bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan:
26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.