vps murah

Home / Blogger

Selasa, 6 Agustus 2013 - 07:30 WIB

Tips 5 Cara Belajar Menyerap Ilmu Dari Internet

Halo juragan,,, Disaat anda membaca tulisan di internet, pada saat itu anda sedang menyerap ilmu. Jika anda bisa manfaatkan moment tersebut maka akan terjadi transfer informasi dari internet ke otak yang akan tersimpan di memori otak. Namun jika anda hanya membaca sambil lalu maka tidak akan meraup manfaat, kecuali hanya sekedar pengisi waktu luang.

Agar waktu luang anda tidak sia-sia, maka kita harus memanfaatkan kesempatan membaca tersebut menjadi sebuah sumber ilmu yang masuk. Ada beberapa hal tentang cara menyerap ilmu di internet yang perlu kita ketahui ketika sedang membaca.

Berikut ini tips 5 cara menyerap ilmu dari internet:

1. Bacalah artikel dari awal hingga akhir. Lalu rasakan, apa tujuan atau arti dari artikel tersebut? Jika anda bisa memahaminya, berarti anda mengerti tujuan anda membaca. Yaitu ingin mengerti dan memahami apa yang ada dalam isi bacaan.

READ  Bagaimana Rasanya Menulis Artikel di Blog Wordpress Self Hosting?

2. Setelah paham tanyakan pada diri sendiri, apa manfaat dari isi bacaan tersebut yang bisa anda ambil? Jika bermanfaat positif, simpan dalam otak dan terapkan pada diri anda. Namun jika bermanfaat negatif, simpan di otak untuk bekal menambah wawasan anda.

3. Agar ilmu pengetahuan tersebut bisa sempurna, praktekkan pada diri anda. Jika tidak memungkinkan untuk praktek, jadikan saja sebagai pengalaman yang akan membantu anda dilain waktu nantinya.

4. Cari dan bacalah informasi yang anda belum pernah tahu. Dengan demikian ilmu pengetahuan anda akan terus bertambah, sehingga wawasan anda juga akan bertambah luas. Jika hanya membaca informasi yang anda sudah tahu, itu hanyalah untuk pengingat atau pematangan saja, bukannya menambah.

READ  Penulisan Kata "Anda" Yang Tepat

5. Ambil kesimpulan setiap kali membaca. Denga demikian anda akan bisa memilah ilmu mana yang perlu anda serap dan ilmu mana yang sebaiknya anda abaikan. Karena kita perlu informasi yang lebih bermanfaat daripada yang kurang bermanfaat bagi kita, kecuali hanya sekedar tahu.

^^ Demikian info yang bisa saya bagikan ke teman-teman tentang tips menyerap informasi dari internet dengan cara membaca. Jangan lupa baca juga 3 Hal Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Artikel.

Share :

Baca Juga

Adsense

Apakah Blog Adsense Boleh Diisi Bahasa Campuran Indonesia & Inggris

Blogger

Alasan Blogger Sulit Membuat Artikel Orisinil

Blogger

Pemilik Blog Ternyata Bisa Dikalahkan Sama Pembaca Blog Sendiri

Blogger

Cara Merubah Ukuran Lebar Template Blogger Paling Mudah

Blogger

Persiapan Untuk Update Artikel Cepat di Blog

Blogger

Ketika Kebutuhan Web Hosting di Website Meningkat

Blogger

Jalan-jalan ke Fantasy Land Cari Gambar Buat Ngeblog

Blogger

Cara Agar Halaman Postingan Tertentu Menjadi Halaman Utama (Homepage)