Teru Teru Bozu, Boneka Mistis Penangkal Hujan Kepercayaan Masyarakat Jepang

Banyak yang berpikir bahwa kepercayaan pada hal-hal mistis hanya untuk negara-negara miskin yang jauh dari peradaban modern. Padahal faktanya tidaklah demikian. Ambil contoh saja adalah negara maju dengan teknologi mutakhir yaitu: Jepang.

Di Jepang banyak sekali kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal mistis, salah satunya adalah kepercayaan terhadap Teru Teru Bozu. Apa itu Teru Teru Bozu? Jadi Teru Teru Bozu adalah sejenis boneka berwarna putih berukuran kecil yang dipercayai sebagai penangkal hujan. Yang biasanya dipasang atau digantung pada jendela rumah maupun pohon.

Baca juga Konaki Jiji, Hantu Jepang Yang Memperdayai Orang Melalui Isak Tangis.

teru-teru-bozu

Padahal jika menilik ilmu modern, tidak ada hubungannya sama sekali antara boneka kecil dengan ada atau tidaknya air hujan. Tapi, kenyataannya budaya Jepang masih ada yang mempercayai bahwa boneka imut bernama Teru Teru Bozu ini dapat menangkal hujan.

Tapi, jangan bayangkan kalau boneka ini langsung bisa ‘bekerja’ menangkal hujan. Karena untuk ‘mengaktifkannya’, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Dimana salah satu persyaratan mutlak agar boneka ini dapat bekerja adalah dengan menyanyikan lagu khusus yang memiliki lirik yang sangat seram.

Berikut bagian lirik lagu Teru Teru Bozu yang seram:

Teru Teru Bozu, Teru Bozu

Buatlah hari esok hari yang cerah untukku

Kabulkan keinginanku

Lalu kita minum sake

Teru Teru Bozu, Teru Bozu

Buatlah hari esok hari yang cerah untukku

Kalau mendung dan kamu menangis (hujan)

Kan kupotong kepalamu

Terciptanya lagu Teru Teru Bozu ini konon di sebabkan oleh masa hujan yang berlangsung terus menerus di salah satu wilayah di Jepang. Hal ini tentu saja membuat masyarakat Jepang mengalami gagal panen. Tiba-tiba datang seorang biksu yang sangat percaya diri mengatakan bahwa ia dapat menangkal hujan.

Tapi, rupanya ‘omongan besar’ dari sang biksu tidak terbukti. Walaupun serangkaian ritual dilakukan tetap saja hujan tidak berhenti. Dan bisa ditebak sendiri, akhirnya masyarakat marah besar. Mereka lalu menangkap biksu tersebut lalu memenggal kepalanya! Itulah sebabnya di akhir lagu terselip kata ‘kan kupotong kepalamu’.

Jangan lupa ketahui juga Awal Mula Munculnya Hantu Suster Ngesot Yang Akan Bikin Kamu Terharu.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.