Template Blogger Valid AMP Sudah Tersedia

Template salah satu elemen penting yang tidak bisa lepas dari dunia Blogging apapun jenis blognya, apalagi dalam konteks desain dan teknologi yang kian hari kian melaju semakin pesat saja.

Faktanya berbagai teknologi standar untuk web hadir silih berganti. Ini ditandai sejak periode pertama awal-awal pekembangan web, telah lahir teknologi untuk standar web pertama, dikenal dengan Standar Web 1.0. Standar Web 1.0 ini merupakan bentuk web paling awal dalam sejarah web. Di mana hal-hal yang dapat disajikan melalui teknologi ini bersifat statis dan cenderung hanya bersifat informatif saja.

template-blogger-amp

Kemudian dilanjutkan pada periode ke dua perkembangan web atau Web 2.0, di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh sistem yang ada pada web. Web 2.0 sendiri merupakan sebuah istilah, pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004.

Begitu seterusnya periode demi periode web berkembang, diikuti pula oleh perkembangan bahasa pemrograman web yang cepat pula dengan perkembangan berbagai bahasa pemograman untuk web termasuk didalamnya HTML. HTML juga telah mengalami beberapa periode perubahan perkembangan mulai dari HTML, HTML2.0 hingga HTML4.0 dan terakhir yang kita kenal adalah HTML5.

Dalam perkembangannya HTML5 lebih difokuskan membuat proses coding menjadi lebih mudah dan logis. Fitur-fitur unik dan mengesankan dari HTML5 datang di dalam departemen multimedia. Banyak dari fiturnya yang yang dibuat dengan pertimbangan bahwa pengguna harus dapat menjalankan konten berat (heavy content) dalam device dengan tenaga rendah (low-powered device).

Pada HTML5 terdapat fitur elemen <video>,<audio> dan <canvas> , tetapi juga integrasi dari konten gambar grafis vektor (yang sebelumnya kita ketahui dengan tag <object>). Artinya, konten multimedia dan grafis dalam website akan dapat ditangani dan dieksekusi dengan lebih mudah dan lebih cepat, tanpa membutuhkan plugin atau API tambahan.

HTML5 adalah versi terbaru dari HTML yang dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C). Konsep pertamanya sudah dipublikasikan pada tahun 2008, tetapi tidak banyak yang menggunakannya hingga tahun 2011. Pada tahun 2011, HTML 5 diterbitkan sepenuhnya dan orang-orang mulai menulis dan menggunakannya. HTML5 merupakan suksesor dari HTML 4.01 yang diterbitkan pertama kali tahun 1999. Sejak saat itu, internet telah berubah secara signifikan dan kehadiran HTML5 terlihat sangat diharapkan.

Namun HTML5 belum lagi merata digunakan, Google telah meluncurkan teknologi terbaru untuk scripting WEB, AMP HTML, Proyek Google’s Accelerated Mobile Pages (AMP) yang telah diperkenalkan beberapa waktu lalu, dan sudah dapat dilihat di beberapa lokasi pengguna pada halaman hasil pencarian Google.

Bagi yang masih baru dengan AMP HTML dapat merujuk ke sini Cara Kerja AMP Google

Sepintas AMP HTML ini lebih difokuskan untuk web yang dapat diakses oleh perangkat mobile yaitu dengan mengurangi penggunaan HTML, CSS dan Javascript sehingga memungkinkan publisher dapat dengan mudah meningkatkan kecepatan loading halaman web di perangkat mobile.

Google sendiri terus mendorong penggunaan AMP untuk basis-basis web di seluruh dunia. Bahkan plugin AMP untuk situs-situs berbasis Wordpres sudah tersedian dan banyak digunakan. Banyak situs-situs berita raksasa seperti NY Time menitikberatkan penggunaan situs mereka pada teknologi AMP HTML ini.

Bagaimana dengan platform Blogger? Sebenarnya Blogger sendiri bisa dikatakan belum sepenuhnya support AMP HTML. Namun dengan beberapa trik template blogger berbasiskan AMP dapat juga dibuat.

Dari penelusuran saya, baru beberapa blogger di tanah air yang mempublikasikan template-template Blogger valid AMP HTML ini, di antaranya adalah blog Kang Ismed dan Blog Mas Adhy Suryadi di kompiajaib.com.

Nah pada kesempatan ini saya juga ingin memperkenalkan template blogger valid AMP hasil besutan saya sendiri. Di mana dalam template ini sudah tersedia dua buah widget palig krusial untuk blog, Related Post dan Kolom Form untuk pengunjun mengisi komentar. Mungkin bagi teman-teman komunitas Juragan Cipir ada yang berminat atau hanya ingin melihat-lihat saja silahkan menuju blog saya di link ini…

Siniladom Free AMP Blogger Template

Template ini gratis untuk didowload.

Akhir kata saya mengucapkan terimakasih pada teman2 khususnya kepada Mbak Indri yang telah bersedia memuat artikel ini di sini.

Wassalam

Bagikan:
34 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.