TEMPE ADALAH

Gambar Tempe Kedelei [lihat deskripsi gambar]

Tempe adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian, bungkil dan ampas-ampas tertentu yang diolah dengan cara fermentasi dengan menggunakan ragi tempe sehingga tumbuh jamur kapang yang akhirnya membentuk tempe. Proses pembuatan tempe ini memerlukan waktu sekitar dua hari.

Bahan baku untuk membuat tempe biasanya adalah biji kedelai, bungkil kacang, ampas tahu, biji benguk (sejenis kacang koro), dan bahan-bahan lainnya yang bisa dijadikan tempe. Tempe terdiri dari bermacam-macam jenis, misalnya tempe kedelai, tempe bungkil, tempe benguk, dan sebagainya.

READ  PARANORMAL ADALAH

Kata “tempe” diketahui berasal dari bahasa jawa kuno berdasarkan yang tertulis dalam serat centhini. Tempe telah dibuat di jawa sebelum abad ke 16 dan menyebar ke eropa melalui belanda pada tahun 1895 yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

READ  UNGGAS ADALAH

Saat ini tempe menjadi lauk pauk yang populer, murah dan gurih serta kaya gizi sehingga banyak disukai. Hingga di belahan dunia manapun namanya tetap tempe atau tempeh.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *