vps murah

Home / Internet

Selasa, 21 Juli 2015 - 12:20 WIB

Teliti dalam memilih penyimpanan file atau file hosting

Selamat malam sobat semua, semoga dalam keadaan sehat selalu, bagi sobat yang sering berbagi file lewat internet tentu sudah akrab dengan penyimpanan file atau file hosting, pada tulisan ini akan dibahas mengenai file hosting, baik kelebihan, kekurangan, dan ketelitian dalam memilih-nya.

Penyimpanan file atau file hosting tentunya sangat memudahkan kita membagikan file dengan mudah kepada orang lain. Terlebih dengan adanya fasilitas koneksi internet sekarang ini yang telah mendukung, aktifitas upload/download file jadi sangat mudah.

Masih ingat dulu apabila sobat sering download suatu file sering dijumpai link download dari MediaFire, Rapidshare, Zippyshare, DataFileHost, Ziddu, 4shared, FileServe, dll. Namun seiring berjalannya waktu ada beberapa provider file hosting yang telah tutup berganti dengan yang baru seperti Solidfile, Elsefile, Acefile, Uptobox, Rapidgator, Uploaded, Uploadboy, dll.

Kini muncul tren baru yaitu penyimpanan awan seperti google drive, box, copy, dropbox, amazon cloud, one drive yang juga menawarkan kemudahan berbagi data. Dengan menawarkan kapasitas penyimpanan data yang besar untuk ukuran penggunaan perseorangan.

READ  Sub Domain vs Sub Direktori – Mana yang lebih baik untuk SEO?

Berikut adalah beberapa kelebihan dari file hosting yaitu :

  1. Kapasitas maksimum penyimpanan file dalam satu akun bisa mencapai 50 gb
  2. Beberapa provider file hosting telah menyediakan fitur remote upload yang memungkinkan upload file langsung melalui tautan direct tanpa harus menyimpannya terlebih dulu di pc/laptop sendiri
  3. Jatah bandwith untuk download/upload yang tidak terbatas, yang membatasi hanyalah kuota internet

Beberapa kekurangannya :

  1. Pada provider tertentu file akan memiliki batasan waktu expired, apabila tidak ada aktifitas download file akan terhapus secara otomatis terkecuali untuk premium member
  2. Terkendala oleh batasan maksimal ukuran suatu file yang akan diupload bagi member free

Semakin banyaknya pilihan file hosting baru membuat kita harus lebih teliti lagi mana yang cocok untuk kita gunakan. Saya ada sedikit pengalaman mengenai salah satu penyedia layanan penyimpanan file yang bisa dibagi, mungkin bisa membantu sobat dalam memilih nantinya.

Saya sempat kaget ketika membaca sebuah email masuk melalui gmail (your account is disable link publication), yang akibatnya saya tidak bisa lagi membagikan file yang telah saya upload kepada orang lain.

READ  Membuat Situs Tahan Terhadap Perubahan Algoritma Search Engine

Dikatakan dalam isi email itu bahwa salah satu file yang saya upload terinfeksi oleh virus/malware, kemudian saya tanya ke customer servisnya file mana yang terinfeksi virus/malware. Ternyata file tersebut adalah template blogger gratis bertipe rar yang isinya file template xml, tautan url blog dan readme yang saya yakin bersih.

Entah metode scan tertentu apa yang mereka gunakan, saya tidak mengerti. Saya coba scan file tersebut di viruscan dan metascan hasilnya bersih.

Saya katakan kepada mereka bahwa file tersebut bersih beserta link hasil scannya sekalian, setelah beberapa hari kemudian barulah fitur sharing file pada akun saya kembali diaktifkan.

Dari pengalaman diatas dapat diambil pelajaran, teliti sebelum memilih menjadi sebuah keharusan, bacalah terlebih dulu peraturan dari layanan persyaratan penggunaannya sebelum memutuskan untuk menggunakan file hosting provider tertentu agar tidak kecewa dikemudian hari.

Selamat memilih.

Share :

Baca Juga

Internet

Optimasikan Situs Anda Untuk Mobile Search

Google Doodles

Kapan Ulang Tahun Google? Hari Ini Ulang Tahun Google ke-17

Internet

Cuma 1000 Rupiah Bisa Ngeblog dan Internetan Sepuasnya

Blogger

Membuat Situs Tahan Terhadap Perubahan Algoritma Search Engine
Seragam Cantik Pramugari Jepang Anda Pasti Suka

Blogger

Teknik Terkini Membangun Backlink SEO Yang Handal

Blogger

Sub Domain vs Sub Direktori – Mana yang lebih baik untuk SEO?

Blogger

Amanda Steele, Remaja Belia Sukses Jadi Blogger Kecantikan

Blogger

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Proses Propagasi DNS Sedang Berlangsung