Tanya: Apakah Artikel di Blog Juragan Cipir Karya Sendiri?

Halo teman-teman semuanya… Apa kabar kalian hari ini? Saya harap kalian semuanya dalam keadaan baik-baik saja dan selalu dalam lindungan dan rahmatNya, amin. Kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang salah satu pertanyaan yang dikirimkan oleh teman-teman blogger kita.

Jika dihitung dari awal, ada ratusan pertanyaan yang masuk ke inbox saya meskipun saya bukanlah nara sumber, melainkan saya hanyalah seorang newbie yang ingin belajar memahami dunia internet marketing. Dan semuanya saya jawab asalkan saya bisa menjawabnya. Namun ada juga pertanyaan-pertanyaan teman yang tidak sempat terjawab karena kesibukan dunia offline saya, dan saya mohon maaf.

Namun sayangnya banyak pertanyaan-pertanyaan teman yang telah saya hapus agar tidak memenuhi inbox saya, padahal pertanyaan-pertanyaan itu penting dan jika saya posting di blog ini niscaya akan memberikan manfaat bagi teman-teman lainnya.

Berikut ini salah saya akan memposting satu persatu pertanyaan teman-teman yang belum terhapus di folder saya, karena pertanyaan-pertanyaan ini saya yakin ada teman lain yang membutuhkan mengingat banyaknya pertanyaan serupa yang masuk.

Sekarang kita mulai dari pertanyaan seorang teman berinisial AA.

Tanya:

“mbak, saya mau tanya kok penasaran sekali, artikel di blog juragan cipir ini kok keren2 dan saya setiap hari baca2 di blog ini. apakah semua artikel di blog juragan cipir itu ditulis berdasarkan pemikiran atau karya sendiri atau mengutip dari blog lain? saya sendiri gak bisa menulis artikel yg keren jika tidak mengutip dari blog lain sebagai bahan referensi, gimana caranya agar saya bisa menulis sendiri tanpa mengutip dari blog lain?”

Jawab:

Semua artikel di blog juragan cipir yang bertopik adsense, blogger, seo, catatan harian, hantu indonesia, dan lain-lain, semua saya tulis berdasarkan karya saya sendiri tanpa mengutip dari blog lain. Tapi kalau artikel yang bertema hantu-hantuan versi luar negeri, saya mengutipnya dari website luar negeri.

Penjelasan tambahan:

Kecuali artikel tentang hantu-hantuan yang berasal dari luar negeri, saya mengutipnya dari situs-situs luar negeri lalu saya terjemahkan ke dalam bahasa indonesia dengan menggunakan google translate, kemudian saya susun dengan menggunakan gaya bahasa saya sendiri agar lebih nonjok. Selain itu, untuk artikel berita dan otomotif juga saya kutip dari blog lain dengan menggunakan bahasa khas juragan cipir. Tetapi saya tidak merubahnya pakem atau spesifkasi informasi yang sebenarnya (untuk artikel otomotif) agar tidak menjadi berita hoax. Simak juga Lucu! Berita Hoax Ternyata Bisa Bikin Tertawa.

Agar kita bisa menulis artikel sendiri tanpa mengutip dari blog lain, maka tulislah hal-hal yang telah kita ketahui atau kita pahami agar tulisan kita bisa sempurna serta bisa menjawab pertanyaan pembaca. Namun jika artikel kita berasal dari mengutip di blog lain atau bahkan copy paste, niscaya kita tidak akan berani menjawab pertanyaan pembaca daripada memberikan jawaban yang ngawur. Paling-paling kita hanya berani menjawab “makasih gan kunjungannya”.

Informasi selengkapnya tentang cara belajar menulis artikel berkualitas bisa teman-teman searching di blog ini, salah satunya adalah Ayo Menulis di Blog Apa Yang Kita Tahu.

Artikel di juragan cipir keren? Kalimat ini yang membuat saya sedikit tertawa, namun saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari teman-teman jika menganggap artikel di blog ini keren.

Artikel di blog ini menurut saya sangat tidak keren, bahkan masih banyak kekurangan-kekurangan saya dalam menyajikan artikel keren seperti yang pembaca inginkan, meskipun semua artikel di blog ini saya tulis dengan kemampuan semaksimal mungkin.

Sebenarnya keren tidaknya suatu artikel tersebut tergantung dari kacamata masing-masing pembaca. Banyak artikel yang jauh lebih keren daripada artikel yang ada blog ini. Kita menganggap suatu artikel keren karena kita saat ini belum bisa menulis artikel seperti itu, dan pada suatu saat nanti jika kita telah bisa menulis artikel seperti itu, maka kita tidak akan menganggap artikel tersebut keren, melainkan biasa-biasa saja.

Ketika pertama kali menjadi blogger, saya dulu juga pernah membaca suatu artikel yang menurut saya sangat keren sekali karena pada saat itu saya belum bisa menulis artikel seperti itu. Namun dengan seringnya kita belajar menulis setiap hari, maka keterampilan kita dalam menulis artikel akan semakin terasah sehingga orang lain melihat artikel kita keren, meskipun kita sendiri tidak merasakan bahwa artikel kita telah keren kata orang lain.

Semua master berasal dari newbie, dan karena mereka mau belajar dan berlatih maka tanpa terasa mereka menjadi mahir dalam menulis. Cobalah sekarang anda lihat postingan anda pertama kali ketika anda menjadi blogger, lalu bandingkan dengan postingan anda yang sekarang ini. Maka saya yakin anda akan ngakak jika melihat postingan anda ketika pertama kali menjadi blogger. Karena postingan kita ketika pertama kali menjadi blogger akan terlihat sangat lebay dan bikin ngakak orang yang membacanya.

( i ) Namun saat ini banyak artikel-artikel di blog ini yang ditulis oleh Kontributor Setia Blog Juragan Cipir. Siapa saja penulis-penulis di blog juragan cipir sekarang ini? Jika ingin tahu, silakan teman-teman lihat di halaman Kontributor. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.