Tantangan Yang Sebenarnya Mendapatkan Klik Syah Iklan Adsense

Halo juragan… Saya sering browsing di Google Adsense Bantuan, dan saya membaca tantangan publisher adsense yang sesungguhnya dalam hal mendapatkan klik syah iklan adsense, dalam rangka meningkatkan penghasilan. Secara ringkas, google menerangkan seperti berikut ini, dan penjelasan google ini benar sekali karena saya telah membuktikannya.

I. Pengguna akan mengklik iklan kita setelah beberapa kali menavigasi blog kita. Artinya, setelah selesai membaca-baca blog kita, maka pengguna akan keluar dari blog kita dengan cara meng-klik iklan adsense di halaman berikutnya.

Penjelasan di atas adalah kronologis terjadinya klik iklan adsense di blog kita.

II. Ketika pengguna menuliskan “kata kunci” di halaman pencarian, maka mesin telusur akan menelusuri informasi yang pengguna cari, dan akhirnya menemukan salah satu halaman blog kita. Nah, pada saat ini, publisher adsense sedang menghadapi tantangan yang sesungguhnya.

Seperti apa tantangan ini?

Tantangannya adalah: Pengguna jangan sampai pergi begitu saja tanpa menavigasi halaman lain di blog anda. Setelah pengguna selesai menavigasi sambil membaca-baca artikel kita, maka mereka akan keluar dari blog kita dengan meng- iklan adsense. Seperti itulah tantangan anda.

Benarkah penjelasan google tersebut?

100% benar! Saya telah membuktikannya dengan melihat perilaku pengguna di google analitycs. Disitu tercatat bahwa: Laman Adsense selalu berbeda dengan Keluar Adsense. Artinya, setelah pengguna menemukan halaman anda dari google search, mereka tidak langsung mengklik iklan di halaman itu, tetapi mengklik iklan di halaman berikutnya setelah pengguna menavigasi halaman lainnya di blog anda.

Keterangan:

– Laman Adsense adalah halaman postingan yang pertama kali ditemukan oleh pengguna di halaman pencarian google. Halaman pertama yang ditemukan pengguna ini juga disebut “Laman Landas”, berdasarkan istilah penelusuran google.

– Keluar Adsense adalah halaman postingan yang iklannya di-klik oleh pengguna. Artinya, pengguna meninggalkan blog anda dengan meng-klik iklan adsense di halaman itu.

* Hasil pelacakan perilaku pengguna di Google Analitycs, ternyata pengguna tidak pernah meng-klik iklan di Laman Adsense atau halaman postingan yang pertama kali mereka temukan di google search, tetapi mereka mengklik iklan di halaman berikutnya.

Kesimpulan:

Jika anda ingin mendapatkan klik yang banyak dan syah, maka anda harus memperbanyak jumlah pageview di blog anda. Caranya, anda bisa memperbanyak navigasi di sidebar maupun memperbanyak “artikel terkait” (related posts) di bawah postingan untuk meningkatkan jumlah pageview halaman..

Sehingga, ketika pengguna menemukan halaman postingan anda di mesin pencari, mereka akan membaca isi postingan pertama tersebut lebih dulu, dan halaman pertama ini disebut “Laman adsense”. Setelah selesai membaca isi postingan pertama tersebut, maka pengguna akan tertarik dengan postingan lain yang anda tawarkan, sehingga akan terjadi pageview.

Inilah tantangan anda yang sesungguhnya, bagaimana agar pembaca mau membaca postingan lainnya selain postingan pertama yang mreka temukan di mesin pencari.

Setelah selesai membaca-baca beberapa postingan di blog anda, selanjutnya pengguna akan keluar dari blog anda dengan cara mengklik iklan adsense di halaman terakhir yang ia lihat. Dan halaman terakhir ini disebut “Keluar Adsense”

( i ) Berdasarkan fakta pelacakan Google Analitycs, Laman Adsense selalu berbeda dengan Keluar Adsense. Ini menunjukkan betapa pentingnya memperbanyak navigasi pada sebuah blog atau website yang digunakan untuk mengoptimalkan adsense.

^^ Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Apakah Artikel Pendek Tidak Bisa SEO Friendly?

Bagikan:
20 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.