Tantangan Baru Publisher Adsense 2015 Yang Harus Anda Hadapi

Halo sahabat setia blog juragan cipir. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang tantangan baru dalam bermain adsense di era 2015. Hal ini saya ambil dari apa yang saya alami ketika menjelang akhir 2014 dan memasuki tahun baru 2015.

Sebelumnya saya telah menyadari tentang adanya penurunan pendapatan adsense menjelang akhir tahun (info selengkapnya silakan baca Prakiraan Penghasilan Adsense Anda Bulan Desember), dan penurunan pendapatan itu bisa berlarut-larut hingga sepanjang 2015 jika kita tidak segera melakukan terobosan-terobosan baru dalam memonetize blog via adsense.

Seperti yang akhir-akhir ini dialami oleh mayoritas publisher bahwa mereka banyak yang mengeluh tentang pendapatan adsense mereka yang turun, padahal trafik blog normal atau bahkan meningkat. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya sangatlah bervariasi, untuk mengetahuinya lebih jauh silakan teman-teman baca Trafik Stabil Tapi Pendapatan Adsense Turun, Ada Apa?

^^ Oke kembali ke judul. Sejak bulan desember saya mengalami penurunan pendapatan adsense harian (daily earning) dan hal itu berlanjut hingga hari ini, padahal trafik blog saya stabil. Berbagai upaya telah saya lakukan seperti perubahan warna iklan, pemindahan penempatan iklan, penggantian font huruf website, dan pokoknya apa sajalah, semua strategi di Pusat Adsense Bantuan telah saya terapkan.

Namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan, yaitu penghasilan adsense terus rendah tidak seperti pada bulan-bulan sebelumnya.

Nah, salah satu penyebab sulitnya mendapatkan penghasilan adsense adalah karena saking banyaknya website-website milik publisher baru yang bermunculan, sementara itu jumlah pertambahan pengiklan adwords tidak sebanding dengan pertambahan jumlah publisher adsense, terutama di Indonesia. Google pernah mengatakan melalui Twitter di IDADsense bahwa telah terjadi lonjakan pendaftaran adsense sejak bahasa Indonesia didukung oleh Google Adsense, dan lebih lanjut Google mengatakan bahwa adsense ternyata produk yang telah lama ditunggu-tunggu di Indonesia..

Jumlah aplikasi pendaftaran adsense yang sangat tinggi ini tentunya terus berlangsung secara masal hingga hari ini, sementara itu berita tentang lonjakan pendaftaran Google Adwords tidak pernah terdengar.

Sehingga dengan peningkatan jumlah publisher adsense yang signifikan secara terus-menerus maka hal itu akan menjadi sebagai tantangan baru bagi publisher adsense secara keseluruhan. Maka satu-satunya cara ampuh untuk mempertahankan penghasilan kita agar tidak bisa turun adalah dengan meningkatkan frekuensi update artikel kita.

Realisasinya adalah kita harus bisa memaksa diri kita setiap hari untuk terus menulis artikel yang lebih banyak dari hari-hari sebelumnya. Mengingat hari ini telah banyak website-website baru yang juga mentargetkan pendapatan adsense, maka tidak ada cara lain bagi kita selain menambah jumlah artikel orisinil dan berkualitas yang sebanyak-banyaknya.

Ibarat orang memancing ikan, kita harus memasang kail atau perangkap ikan yang banyak agar mudah bagi kita untuk mendapatkan banyak ikan. Artikel yang banyak dan tersebar di mesin pencari sama dengan anda memasang perangkap uang yang banyak. Semakin banyak perangkap yang anda tebar di internet maka semakin banyak pula uang yang anda dapat. Logikanya, nelayan yang memasang lebih banyak kail akan mendapatkan ikan yang lebih banyak daripada nelayan yang hanya memasang sedikit kail, jika keduanya sama-sama memancing ikan di kolam yang sama.

Dengan demikian maka jumlah artikel di blog anda tidak akan kalah banyak dengan websitenya orang-orang yang lebih giat updatenya. Jika artikel anda kalah banyak, maka anda harus merelakan semua ikan-ikan gurame yang gurih rasanya masuk perangkap orang lain, sementara jatah anda terus berkurang. Disini kita bukan bermaksud serakah, tapi kita berusaha agar tetap mendapatkan bagian (pendapatan) yang normal seperti biasanya, bukannya malah semakin menurun terus. Agar pendapatan kita bisa bertahan di posisi semula saat terjadi persaingan ketat, maka kita harus meningkatkan kerja keras. Benar bukan?

tips sukses bisnis online adsense, cara mencari uang secara online

Sekian ulasan saya yang semoga bermanfaat bagi teman-teman. Jangan lupa simak info penting tentang Bagaimana Memacu Pertumbuhan Bisnis Online Tahun 2015?

Bagikan:
35 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.